Renovasi Rumah Murah dengan 5 Tips Ini

renovasi rumah murah

Bicara renovasi rumah bukan hanya masalah kerusakan rumah saja. Renovasi merupakan proses memperbarui, memperbaiki atau menambah desain tambahan pada bangunan. Renovasi rumah juga tidak berarti merombak seluruh bangunan rumah. Terkadang dengan beberapa sentuhan minimalis sudah bisa menyegarkan suasana.

Melakukan renovasi rumah dengan biaya murah dan minim dana kadang memang sulit. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menekan dana. Renovasi rumah memang seringkali membutuhkan biaya yang lumayan besar. Tidak jarang pula anggaran yang dikeluarkan bisa jauh lebih besar daripada biaya yang telah dianggarkan. Untuk itu diperlukan pemahaman tentang cara renovasi rumah, supaya apa yang telah direncanakan bisa tercapai dengan maksimal.

Tips Renovasi Rumah Murah

Seperti yang kita ketahui, banyak yang menginginkan renovasi rumah dengan biaya yang murah. Baik itu renovasi akan dikerjakan oleh kontraktor bangunan, pemborong atau tukang bangunan. Akan tetapi pola pikir seperti ini harus diimbangi dengan pengetahuan terhadap kualitas pekerjaan dan material yang digunakan. Sehingga kita tidak hanya terjebak dengan biaya murah tanpa memperhatikan kualitas dan hasil renovasi rumah.

Berikut beberapa penjelasan renovasi rumah murah yang dapat Anda simak.

Tetapkan Skala Prioritas

skala prioritas

Jika hanya mengikuti keinginan atau saran dari tukang bangunan, bisa jadi renovasi rumah Anda baru berjalan setengahnya tapi anggaran yang disediakan sudah habis. Oleh karena itu diperlukan skala prioritas dalam melakukan renovasi rumah. Jika Anda tidak fokus pada skala prioritas maka biaya yang dikeluarkan akan membengkak sedangkan anggaran yang disediakan terbatas.

Pergunakan Bahan Bangunan yang Masih bisa Dipakai

Tidak jarang kita masih mempunyai bahan bangunan bekas renovasi sebelumnya yang masih layak untuk digunakan kembali. Tentunya kualitas bahan bangunan tersebut tetap harus Anda perhatikan. Dengan menggunakan bahan bangunan seperti ini, tentunya akan menghemat biaya yang akan Anda keluarkan.

Menyusun Rencana Biaya

Dalam menghitung rencana biaya bisa Anda susun sendiri atau bila dirasa perlu maka bisa minta bantuan atau konsultasi kepada ahlinya, bisa saja teman, tukang atau konsultasi online di beberapa media layanan konsultasi bangunan secara online. Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) harus disusun berdasarkan jenis pekerjaan dan kebutuhan material dengan rinci. Baca informasi selengkapnya mengenai RAB di sini.

Rekanan Toko Bangunan

renovasi rumah murah

Sekarang ini banyak toko bangunan yang memberikan kemudahan bagi calon pembeli yang akan melakukan renovasi rumah dengan cara mengangsur untuk pembelian material bangunan di toko mereka. Hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Untuk bisa jalan dengan sistem tempo tentunya Anda harus mengenal baik dengan pihak toko bangunan.

Gunakan Jasa Kontraktor atau Tukang Terpercaya

renovasi rumah murah

Di kota besar, saat ini penggunaan jasa kontraktor untuk membangun atau merenovasi rumah sangat banyak. Anda bisa memakai jasa freelance atau perusahaan resmi kontraktor. Apabila Anda ingin menggunakan jasa kontraktor, pastikan untuk jeli memilih jasa kontraktor yang sudah berpengalaman, jujur dan juga profesional. Apabila anggaran Anda terbatas, maka bisa menggunakan jasa tukang bangunan. Walaupun terkesan tradisional, mereka akan lebih mudah diajak diskusi tentang rencana dan perkembangunan proyek bangunan terkait dari sisi biaya.

Jangan biarkan rumah dalam keadaan semakin rusak saat diperlukan renovasi. Jika kita dapat menjalankan tahapan renovasi rumah dengan tepat, mulai dari penentuan skala prioritas, penyusunan anggaran yang dibutuhkan sampai dengan proses renovasi rumah maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dari sisi biaya, tenaga, waktu dan hasil yang bagus.

Temukan Jasa Kontraktor dan Tukang Terbaik di Sejasa

Bagi Anda yang akan melakukan renovasi rumah dan membutuhkan jasa renovasi rumah murah, dapat menemukan kontraktor bangunan dan jasa tukang di sejasa.com. Jika pengerjaan renovasi rumah cukup luas cakupannya, Anda dapat memesan layanan kontraktor bangunan. Sedangkan jika proyek rumah Anda tidak begitu luas, misalnya hanya area tertentu, maka bisa menggunakan jasa pertukangan.

Ada beragam jasa tukang yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari tukang atap, tukang cat, tukang pipa, tukang las, tukang ledeng, tukang listrik, serta jasa tukang untuk pemasangan dan perbaikan rumah. Semua layanan tersebut bisa dipesan melalui sejasa.com maupun aplikasi Sejasa.

Tukang yang akan mengerjakan proyek Anda adalah mereka yang profesional dan telah terverifikasi. Anda juga dapat mengecek review serta portofolio dari pelanggan sebelumnya. Soal keamanan, tidak perlu khawatir! Ada banyak kemudahan yang Anda dapatkan dengan transaksi melalui SejasaPay, yaitu garansi berupa jaminan uang kembali, perlindungan dengan pembayaran bertahap, perlindungan terhadap penipuan.

renovasi rumah murah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *