Home » HomePage » Wallpaper atau Cat: Apa Pelapis Dinding yang Paling Baik?

wallpaper atau cat

Wallpaper atau Cat: Apa Pelapis Dinding yang Paling Baik?

Pakai wallpaper atau cat? Pertanyaan ini tentu akan menghampiri Anda ketika Anda ingin memperbaharui dinding rumah atau tengah melakukan renovasi. Hingga kini, perdebatan mengenai pilihan pelapis dinding yang lebih berkualitas, aman, dan nyaman antara wallpaper atau cat tak kunjung berakhir. Memutuskan material yang tepat untuk melapisi dinding rumah adalah keputusan besar. Jangan sampai Anda salah memutuskan dan menyesal karena sudah melakukan kesalahan yang telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit! Kini, Sejasa.com akan memberikan beberapa aspek pertimbangan kepada Anda yang ingin memilih pelapis dinding rumah!

Durabilitas atau Daya Tahan

Cat: Cat dinding hadir dalam variasi dan fungsi yang beragam. Umumnya, cat dinding dibedakan dari penggunaannya, yaitu cat eksterior dan cat interior. Daya tahan cat dinding lebih rendah daripada wallpaper dan cenderung lebih mudah untuk memudar. Namun, cat dinding lebih mudah untuk dibersihkan dan dicat ulang. Belum lagi ditambah dengan fakta bahwa harga cat lebih murah sehingga sebanding dengan durabilitasnya. Pengaplikasian cat yang mudah pun memungkinkan Anda yang lebih cepat bosan untuk merubah warna dinding Anda sesering mungkin.

Wallpaper: Ahli wallpaper yang telah kami wawancarai mengatakan bahwa apabila pemasangan wallpaper dilakukan dengan benar, wallpaper berkualitas baik dapat bertahan hingga 10 tahun. Selain itu, wallpaper juga dapat dibersihkan secara berkala. Namun, paparan kelembaban yang terlalu banyak akan menyebabkan wallpaper mengelupas, misalnya di ruangan kamar mandi dan dapur. Ketahui juga bahwa bagian paling rawan dari wallpaper adalah bagian ujung bawah, maka jangan biarkan anak Anda mengelupasi bagian tersebut mengingat harga wallpaper dinding yang lebih mahal daripada cat.

Proses Pemasangan atau Pengecatan

Cat: Ketika Anda bersekolah dahulu, hampir semua orang bisa mewarnai karena mewarnai tidak membutuhkan teknik spesifik seperti yang Anda harus miliki ketika akan menggambar. Namun, bukan berarti semua orang bisa menjadi “pewarna” yang handal. Anda bisa saja mengecat dinding rumah Anda tanpa bantuan tukang cat profesional, namun jangan salah, mengecat dinding rumah tidak sekedar hanya membutuhkan kuas, roller, dan tangga. Anda harus memahami langkah mengecat dinding yang benar dan jenis cat yang tepat untuk dinding Anda. Anda juga memerlukan perlengkapan serta peralatan yang tepat agar bisa mengecat seluruh dinding rumah Anda dengan mudah. Ketahui juga 4 masalah yang kerap kali terjadi ketika mengecat dinding.

Wallpaper: Proses pemasangan wallpaper tidak memerlukan tahap dan peralatan sebanyak proses pengecatan dinding. Dan tentu saja, pemasangan wallpaper tidak akan menimbulkan masalah yang terjadi saat proses pengecatan. Namun, proses pemasangan wallpaper membutuhkan ketelitian yang tinggi. Tentu Anda tidak mau menghabiskan waktu dan biaya yang banyak untuk pembongkaran dan pemasangan ulang. Lebih baik Anda membayar lebih untuk memanggil jasa pemasangan wallpaper berpengalaman daripada harus membeli lebih banyak wallpaper karena kesalahan pada pemasangan.

Pemilihan Desain

Cat: Cat dinding hadir dalam variasi warna, kilap, dan kualitas yang beragam. Apabila pengecatan dilakukan dengan metode yang umum seperti atas-bawah saja, penampilannya tentu akan cenderung mainstream. Namun bila Anda menggunakan jasa pengecatan profesional yang mampu mengecat dengan metode yang bervariasi, maka Anda dapat mewujudkan desain dan kreasi yang Anda inginkan, bahkan menggambar atau memberi sentuhan typography (tulisan) untuk memperindah ruangan Anda.

Wallpaper: Desain, finishing, kualitas, dan bentuk wallpaper dinding yang bervariasi juga memungkinkan Anda untuk berkreasi tanpa batas dengan wallpaper rumah Anda. Belum lagi ditambah dengan tren terbaru yakni wallpaper 3D yang sedang hangat di Indonesia. Apabila anggaran yang Anda miliki terbatas untuk menghias dinding dengan batu bata, Anda dapat memilih wallpaper desain batu bata 3D yang lebih murah tanpa menghilangkan kesan anggun dan elegan pada rumah Anda.

Sekian pertimbangan penting sebelum Anda memilih pelapis dinding rumah Anda. Apa yang lebih Anda pilih? Wallpaper atau cat? Berikan pendapat Anda di kolom komentar, ya!

Butuh Jasa Pengecatan Terpercaya?

jasa pengecatan

Dapatkan jasa pengecatan untuk mengerjakan proyek rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa pengecatan tembok sekarang! >>

Butuh Jasa Pemasangan Wallpaper Terpercaya?

pasang wallpaper

Dapatkan jasa pemasangan wallpaper untuk mengerjakan proyek rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa pemasangan wallpaper sekarang! >>

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.