harga bongkar ac

Biaya Bongkar AC dan Penyebab Umum Kerusakan AC

Air Conditioner (AC) dianggap sebagai kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat perkotaan. Namun, peralatan elektronik ini tidak menjamin akan terus berfungsi dalam waktu yang lama karena dapat mengalami kerusakan. Akibatnya, biaya pembongkaran AC harus disiapkan untuk perbaikan komponen indoor dan outdoor. Tidak dapat disangkal bahwa semua model dan tipe AC memiliki tingkat kualitas yang berbeda, begitupun dengan biaya bongkar AC.

Penting untuk diketahui bahwa biaya pembongkaran AC tidak pernah melebihi jutaan rupiah. Teknisi akan menetapkan harga berdasarkan kesulitan penanganan. Jika cukup sulit menemukan sumber masalah saat melepas dan memasang komponen, maka sebaiknya siapkan anggaran yang lebih besar dari persiapan awal seperti yang disarankan sebelumnya.

Jika Anda belum mengetahui detail mengenai bongkar AC, pasang AC dan service AC lainnya, Anda bisa menyimak ulasan ini sampai selesai. Semuanya jelas dan ringkas sehingga Anda dapat menganggarkan biaya perawatan AC berdasarkan data harga terbaru. 

Tentang AC

AC dirancang secara dinamis untuk pendinginan pada suhu kamar. Selain itu, AC bekerja sebagai alat kompleks yang melembabkan ruangan dalam kondisi tertentu, tergantung pada sifat udara.

Setiap AC memiliki masalah umum yang berbeda dan ada beberapa jenis perangkat tergantung pada model dan jenisnya masing-masing. Mungkin Anda tidak mengetahui berbagai jenis kerusakan umum yang sering ditemui mesin AC di rumah. Di sisi lain, biaya bongkar AC mungkin akan berbeda menurut area Anda.

Kerusakan AC Secara Umum

Secara umum, AC merupakan perangkat elektronik yang tidak selamanya berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus tahu beberapa kerusakan umum yang sering terjadi pada AC.

  1. AC tidak bisa menyala dengan cepat dan mudah lantaran disebabkan pada koneksi powernya. Di sisi lain, Anda harus memeriksa remote controlnya dan pastikan lampu indikator menyala yang membuktikan sensornya sudah terdeteksi satu sama lain.
  2. Munculnya butiran-butiran es kecil yang disebabkan oleh kondisi evaporator AC yang sangat kotor dan perlu segera dibersihkan. Selain itu, serpihan es juga bisa disebabkan oleh alat yang tidak mengandung freon, dan seringkali yang bermasalah pada pipa kecil. Anda dapat menghubungi teknisi untuk mengetahui sumber masalahnya dengan membongkar perangkat yang dapat diinstal ulang.
    Jika Anda menemukan masalah tambahan seperti tidak dapat mengontrol AC dengan remote control, Anda harus menghubungi teknisi. Ini karena ada kemungkinan remote control rusak atau kehabisan baterai, sensor AC rusak atau bahkan AC yang rusak.
  3. AC tidak mengeluarkan udara dingin. Jika Anda telah mengatur suhu maksimum tetapi tidak memberikan hasil yang diharapkan, Anda dapat berkonsultasi dengan spesialis AC untuk membongkar unit, sehingga Anda perlu menyiapkan dana untuk harga bongkar AC.

Biaya Bongkar dan Pemasangan AC

Berikut adalah biaya untuk jasa bongkar AC dan pemasangan AC di Sejasa:

Layanan Harga
Bongkar AC Rp 175.000
Pemasangan AC 0.5 – 1 PK Rp 300.000
Pemasangan AC 1.5 – 2 PK Rp 375.000
Pembongkaran dan pemasangan AC 0.5 – 1 PK Rp 450.000
Pembongkaran dan pemasangan AC 1.5 – 2 PK Rp 500.000

Semoga informasi mengenai kerusakan pada AC dan harga bongkar AC di atas bermanfaat dan bisa dijadikan referensi. Bagi Anda yang membutuhkan jasa perbaikan AC, maka Anda bisa menemukan jasa service profesional di sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Tersedia garansi hingga 60 hari. Melalui platform Sejasa,  temukan penyedia jasa yang profesional untuk membantu atasi segala permasalahan rumah.

layanan Sejasa dapat melayani kebutuhan bongkar ac
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *