biaya asisten rumah tangga

Ini Biaya Asisten Rumah Tangga dan Panduan Memilih Jasanya

Jasa pembantu rumah tangga atau asisten rumah tangga saat ini sangat dibutuhkan banyak orang. Apalagi untuk yang tinggal di kota besar, memiliki asisten rumah tangga sangat diperlukan. Asisten rumah tangga atau disingkat ART sangat membantu dalam mengerjakan urusan rumah tangga. Mulai dari bersih-bersih, memasak, hingga mengasuh anak. Jika Anda mampu, jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya asisten rumah tangga yang harus dikeluarkan saat menggunakan jasa yang satu ini

Mulai dari gaji bulanan, hingga pemberian THR atau uang cuti sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini akan membuat asisten rumah tangga merasa betah selama bekerja di rumah Anda. Apa yang harus dipertimbangkan ketika memutuskan apakah akan menggunakan layanan ART atau tidak? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Panduan Memilih Asisten Rumah Tangga

Pilih yang Terpercaya

Keamanan di dalam rumah sangat penting bagi Anda yang ingin mempekerjakan ART. Usahakan Anda mencari orang yang bisa dipercayai untuk bekerja di rumah Anda nantinya.

Selain itu, usahakan juga mendapatkan pekerja dari sumber yang terpercaya. Dengan begitu, mereka tidak asal dalam menyalurkan ART untuk bekerja di rumah Anda.

Pertimbangkan Biaya Asisten Rumah Tangga

Ketika memutuskan untuk mempekerjakan seorang asisten rumah tangga, Anda  pasti memikirkan berapa besaran biaya asisten rumah tangga yang mesti disediakan. Ada baiknya Anda mencari tahu dari tetangga sekitar rumah, berapa biaya yang harus disiapkan kalau Anda mau mempekerjakan seorang asisten rumah tangga.

Apabila Anda mengambil jasa ART melalui agen penyalur tenaga kerja, tentu besaran biaya yang harus dikeluarkan bisa langsung diketahui, namun biasanya agak mahal. Selain ada biaya administrasi yang harus dibayarkan ke agen penyalur tersebut, tenaga asisten rumah tangga yang disediakan umumnya telah berpengalaman. Berbeda apabila Anda mencari langsung atau mendapatkan rekomendasi dari teman atau tetangga, biasanya harganya jauh lebih ramah di kantong.

Lakukan Wawancara

Ada baiknya sebelum mempekerjakan asisten rumah tangga, Anda melakukan wawancara. Tidak harus wawancara yang bersifat formal, bisa dengan cara diajak ngobrol santai. Selama perbincangan tersebut, tentu Anda bisa menilai bagaimana karakter calon asisten rumah tangga tersebut. Apabila Anda yakin bahwa orang tersebut tepat untuk Anda pekerjakan, maka Anda bisa merekrutnya sebagai asisten rumah tangga.

Cermati Pengalaman Kerja

Tentu sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa asisten rumah tangga, Anda perlu mencari tahu tentang pengalaman kerja calon asisten rumah tangga tersebut. Anda bisa bertanya berapa lama menjadi asisten rumah tangga atau pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan dengan baik. Jadi, biaya asisten rumah tangga yang Anda keluarkan nantinya akan sepadan dengan manfaat menggunakan asisten rumah tangga yang berpengalaman.

Pertimbangan Jam Kerja

Anda juga harus mempertimbangkan berapa lama asisten rumah tangga tersebut harus bekerja. Jangan sampai asisten rumah tangga bekerja tanpa mengenal waktu. Apalagi, jika beban pekerjaan yang diberikan terlalu banyak. Hal ini akan membuat asisten rumah tangga tersebut tidak betah bekerja di rumah Anda. Berikan beban pekerjaan yang wajar pada asisten rumah tangga dan jam bekerja seperti pada umumnya.

Berikan Hak ART

Berikan apa yang menjadi hak asisten rumah tangga dengan baik dan tepat waktu. Terutama gaji tiap bulan, yang mana besaran biayanya sudah disepakati pada awal bekerja. Tentunya besaran biaya yang harus dikeluarkan akan berbeda pada setiap daerah.

Besaran Biaya Asisten Rumah Tangga

Dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa rata-rata upah nominal asisten rumah tangga pada April 2020 sebesar Rp 419.780. Namun, apabila dikaitkan dengan upah layak ART di Jakarta yang dirangkum dari berbagai sumber, minimal upah ART sebesar Rp1.200.000.

Apabila Anda mengambil ART dari agen penyalur, biasanya biaya asisten rumah tangga agak mahal. Hal ini dikarenakan agen berani menjamin tentang kualitas pekerjaan dan tentunya keamanan mempekerjakan ART tersebut.

Apabila Anda membutuhkan jasa bersih-bersih rumah dalam beberapa jam dengan pekerjaan meliputi hampir seluruh area rumah, Daily Cleaning Sejasa solusinya. Selain itu, dengan layanan ini Anda bisa lebih fleksibel dalam pemilihan waktu pembersihan. Mitra Sejasa akan datang ke alamat Anda sesuai waktu yang telah dipilih. Harganya pun sangat terjangkau dan telah terstandarisasi.

Itulah tips mencari asisten rumah tangga serta besaran biaya asisten rumah tangga yang dapat dijadikan referensi. Bagi Anda yang membutuhkan jasa layanan bersih-bersih rumah yang praktis, cepat, dan harga yang terjangkau, mitra Daily Cleaning Sejasa siap membantu. Buat permintaan jasa Anda melalui website sejasa.com atau aplikasi Sejasa sekarang.

biaya asisten rumah tangga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *