perawatan ac Sejasa

7 Langkah Tepat Perawatan AC Secara Mandiri

Setiap alat elektronik rumah tangga tentu memerlukan perawatan berkala, salah satunya AC. Maka dari itu, ada berbagai layanan service AC bergaransi baik offline maupun online, dan bahkan di berbagai platform. 7 langkah dibawah ini harus Anda biasakan demi menjaga agar kualitas udara yang dihasilkan AC tetap berkualitas dan AC lebih bertahan lama.

Berikut beberapa langkah yang perlu Anda terapkan: 

Menggunakan AC Seperlunya

Tidak boros dalam penggunaan AC juga sangat bermanfaat bagi keawetan AC dirumah kita. Jika memang sedang tidak dibutuhkan, alangkah baiknya jika AC dimatikan saja. Selain menghemat listrik, hal tersebut juga mampu menjaga kualitas dari AC itu sendiri.

Menutup Setiap Ruangan yang Menggunakan AC

Ruangan yang menggunakan AC lebih baik ditutup dengan maksimal. Hal ini dilakukan demi menjaga kinerja AC supaya tetap baik. Jika ada sedikit saja cela yang memungkinkan udara dari luar masuk ke ruangan, maka kompresor AC akan bekerja dua kali lebih berat. Oleh karena itu, pastikan jendela atau ventilasi lainnya tertutup rapat ketika sedang menyalakan AC. Supaya keawetan dari AC tetap terjaga dan sistem kerja AC dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Menyesuaikan Ruangan dengan Ukuran PK AC

Menyesuaikan ruangan dengan ukuran PK AC juga sangat penting. Jika ruangannya kecil, maka pilih AC yang berukuran PK kecil. Namun, jika ruangannya lebar, maka pastikan PK AC yang Anda pilih tidak kurang dari kapasitas ukuran ruangan. Ketahui lebih lanjut tips dan cara memilih PK AC yang tepat untuk ruangan.

Jika daya tahan dingin AC tidak mampu menjangkau setiap ruangan, maka AC akan bekerja lebih keras lagi. Hal tersebut mampu mempercepat kerusakan pada unit AC.

Mengatur Suhu Sewajarnya

perawatan ac

Mengatur suhu AC yang terlalu rendah mungkin sering dilakukan sebagian orang demi mendapatkan udara yang lebih sejuk dan dingin. Namun,  tanpa disadari, hal tersebut akan menjadikan kinerja kompresor AC bekerja lebih keras yang mengakibatkan kerusakan. Maka dari itu, pastikan pengaturan tidak kurang dari 20 derajat celcius.

Membersihkan Filter Secara Berkala

Melakukan perawatan berkala pada filter juga harus dilakukan. Dengan begitu, maka udara yang tersaring tidak menumpuk terlalu banyak, sehingga kerusakan pun minim terjadi. Selain itu, memeriksa tekanan freon juga harus sering dilakukan. Jika AC sudah terasa tidak dingin lagi, maka ada indikasi kerusakan pada freonnya. Maka dari itu, segeralah untuk melakukan servis AC Anda. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan service AC bergaransi supaya pembiayaan dalam perawatan tidak terlalu mahal.

Tidak Merokok di Ruangan Ber-AC

Jika sedang berada di ruangan ber AC, alangkah baiknya jika tidak merokok terlebih dahulu. Karena asap rokok mampu menjadikan udara yang ada didalamnya menjadi pengap dan tidak sehat. Nikotin yang dihasilkan oleh asap rokok yang terjadi terus menerus akan menghasilkan endapan dibagian evaporator. Dalam hal ini tentu sangat merugikan bagi Anda. disamping udara yang dihasilkan menjadi pengap, AC juga akan cepat rusak.

Selalu Mengaktifkan Fitur Timer

Memang fitur ini jarang dimiliki oleh produk AC lama. Namun untuk produk terbaru, selalu dibekali dengan fitur ini. Pengaktifan fitur timer akan menjadikan kinerja AC Anda lebih efektif. AC akan menyala dan mati dengan sendirinya sesuai pengaturan waktu yang Anda terapkan.

Jadi jika Anda kelupaan tidak mematikan AC saat keluar ruangan, maka tidak perlu khawatir, karena AC akan mati dengan sendirinya. Hal ini tentu sangat bermanfaat agar AC jadi lebih tahan lama. Dengan begitu, mesin AC akan dapat beristirahat sejenak untuk pendinginan.

Jika dalam perawatan AC rumah Anda butuh bantuan, maka hubungi jasa service AC yang kompeten dan profesional. Anda dapat menemukan jasa perawatan AC di sejasa.com atau Aplikasi Sejasa. Pesan jasa service AC Sejasa agar AC rumah Anda lebih terawat dan menghasilkan udara yang bersih.

perawatan AC di rumah dapat dibantu oleh teknisi Service AC Sejasa
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *