membersihkan ac sejasa

Tips Membersihkan AC Rumah Serta Perawatannya

Membersihkan AC penting dilakukan untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan. Selain itu, membersihkan AC secara rutin mampu membuat AC Anda jadi lebih awet dan tahan lama. Kebersihan AC sangat berpengaruh pada kualitas udara di dalam rumah dan terhadap konsumsi listrik rumah tangga.

Jika AC tidak rutin dibersihkan, maka debu, kutu, bakteri akan menumpuk di bilah ventilasi dan filternya sehingga akan bercampur dengan udara sejuk yang dialirkan ke dalam ruangan. Selain itu, kotoran-kotoran tersebut akan membuat beban kerja AC semakin berat dan tidak akan bekerja dengan optimal sehingga meningkatkan daya listrik yang digunakan.

Sebagai upaya merawat AC rumah, Anda dapat melakukan beberapa hal. Berikut tips membersihkan AC rumah yang sederhana dan aman demi meningkatkan kinerja AC secara maksimal.

Mencuci AC Split dengan Alat Pembersih AC

Selain tumpukan debu dan bau kurang sedap yang keluar dari AC, suaranya yang cukup berisik menandakan bahwa AC sudah waktunya dibersihkan. Akan tetapi AC yang terlihat bekerja dengan normal bukan berarti AC tersebut tidak butuh dibersihkan. Idealnya membersihkan AC perlu dilakukan sekali dalam sebulan.

Bagaimana Cara Membersihkan AC Unit Indoor?

membersihkan ac

Berikut adalah cara untuk membersihkan unit indoor AC dengan benar:

  1. Matikan AC dan cabut sumber listriknya.
  2. Gunakan lap kering atau alat yang lain untuk membersihkan debu yang menempel pada bilah-bilah ventilasi dan bagian permukaan luarnya.
  3. Baca buku petunjuk AC untuk mengetahui cara melepas dan membersihkan filter AC tersebut.
  4. Gunakan mesin penghisap debu atau kuas yang bersih untuk membersihkan debu yang menumpuk pada filter.
  5. Bilas filter AC dengan air mengalir, jika filter tersebut sangat kotor maka gunakan sabun atau cairan pembersih piring kemudian bilas hingga kotorannya hilang.
  6. Keringkan filter di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Selain filter, unit indoor juga berisi kumparan evaporator dan kipas. Di pasaran sudah tersedia produk pembersih AC berupa cairan semprotan untuk membersihkan kumparan evaporator yang tidak bisa dilepas dari unit AC. Oleh karena itu Anda perlu memberi alas pada dinding dan lantai supaya tidak terkena limpahan kotoran.

Selain rutinitas membersihkan kotoran dan debu dari AC sebulan sekali, perlu juga dilakukan perawatan secara profesional setahun sekali. Cara membersihkan AC di atas tadi tidak meliputi pembersihan unit AC yang berada di luar rumah apalagi mencakup mesinnya. Untuk jenis perawatan ini, Anda membutuhkan bantuan jasa pembersih AC profesional. Nantinya, teknisi AC akan melakukan pembersihan pada unit outdoor yang meliputi kompresor, kumparan kondensor dan saluran-salurannya.

Cara Merawat AC Rumah

teknisi Sejasa sedang melakukan perawatan dan perbaikan AC

Di bawah ini merupakan beberapa langkah perawatanyang bisa memperpanjang usia AC:

  1. Ganti filter setiap 3 bulan sekali, apabila anggota keluarga Anda ada yang mempunyai alergi maka penggantian filter harus lebih sering dilakukan
  2. Matikan AC saat Anda hendak meninggalkan rumah dan nyalakan kembali saat sudah tiba di rumah atau saat membutuhkan saja.
  3. Ketika menyalakan AC, jangan langsung menyetel dengan suhu yang rendah, karena ruangan juga tidak akan menjadi sejuk. Hal ini justru mengakibatkan kerja mesin AC semakin berat.
  4. Periksa saluran yang menghubungkan antara unit di dalam rumah dengan unit yang ada di luar rumah, untuk memastikan tidak terjadi kebocoran.
  5. Apabila tidak dipakai, matikan AC dan cabut sumber listriknya.

Itulah tips membersihkan AC rumah dan cara perawatan yang dapat Anda lakukan. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal Anda dapat memanggil teknisi profesional.

Temukan penyedia jasa service AC berkualitas dan bergaransi di aplikasi Sejasa atau melalui website sejasa.com. Layanan service AC yang tersedia di Sejasa sangat lengkap dan bisa menyesuaikan kebutuhan Anda, mulai dari cuci AC, tambah freon, bongkar pasang AC, dan lainnya. Garansi hingga 60 hari.*

membersihkan ac