kloset bocor

Sedang Mengalami Kloset Bocor? Berikut 5 Langkah Penting Mengatasinya!

Bukan tidak mungkin jika kloset bocor juga akan terjadi pada kloset di rumah Anda. Hal tersebut tentu sangat meresahkan bukan? Disamping kenyamanan yang terganggu, pebengkakan tagihan air juga akan terjadi disebabkan air yang terus mengalir.

Permasalahan pada kloset atau toilet akan terjadi sewaktu-waktu tanpa bisa diduga. Jika kloset bocor terjadi pada Anda, maka dengan membaca artikel ini, akan membantu dalam mengatasinya. Berikut 5 langkah yang harus Anda lakukan dalam mengatasi kloset bocor.

Lakukan Pengecekan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecek kepastian kerusakan yang terjadi. Cek terlebih dahulu kloset Anda, apakah kebocoran benar terjadi atau tidak.

kloset bocor

Cara mengecek kloset bocor bukanlah hal yang sulit. Anda mampu melakukannya sediri dengan langkah berikut. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan meneteskan pewarna pada tangki kloset Anda. Teteskan lima sampai enam tetes, kemudian tunggu hingga warnanya menyebar di tangkinya.

Setelah itu, biarkan selama kurang lebih 30 menit. Jika warnanya tetap tidak ada perubahan, maka sudah bisa dipastikan kalau kloset tidak bocor. Namun jika ada perubahan warna yang terjadi, maka kloset dinyatakan bocor.

Pemeriksa Katup Tangki

Setelah memastikan kebocoran yang terjadi, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari tahu penyebab dari kebocoran tersebut. Penyebab utama yang dapat terjadi adalah permasalahan dalam katup tangkinya.

Jika dalam katup tangki tidak dapat menutup kembali, maka sudah dipastikan air akan terus mengalir. Hal tersebut terjadi karena fungsi dari katup tangki yang tidak dapat bekerja dengan baik.

Katup tangki pada kloset berfungsi sebagai pengatur masuk dan keluarnya air toilet. Oleh karena itu, jika katupnya rusak, maka tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Katup toilet yang tidak bisa menutup sempurna dikarenakan faktor sampah yang menumpuk didalamnya. Untuk itu, pastikan apakah katup tangki sedang tersumbat atau memang rusak dan waktunya untuk diservis.

Cek Kapasitas Air dalam Tangki

Penyebab dari kloset bocor selanjutnya adalah kurangnya kapasitas air dalam tangki. Langkah berikutnya yang harus dilakukan ialah mengecek kapasitas airnya, apakah terisi penuh atau tidak.

Pastikan air terisi pada batas minimal yang sudah ditentukan. Karena jika tidak maka, katup akan terus terbuka yang menyebabkan kebocoran. Namun untuk memastikan rusak tidaknya dalam masalah ini, Anda dapat melakukan pengisian air tangki sampai batas minimal yang sudah ditentukan. Dalam hal ini jika masih terjadi kebocoran, maka Anda perlu melakukan penanganan lebih lanjut dalam mengatasinya.

Memeriksa Kenop Karet Pada Kloset

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memeriksa kenop karet kloset Anda. Kenop air yang rusak juga bisa jadi penyebab dari kloset bocor.

Cara untuk mengetahui rusak tidaknya kenop air pada kloset, Anda hanya perlu memegangnya. Jika ketika dipegang, kenop terasa lembek, maka sudah dipastikan kenop dalam keadaan rusak. Jika hal ini terjadi, segeralah ganti kenop loset Anda dengan kenop yang baru. Hal ini untuk menghindari kerugian yang lebih lama lagi mengenai tagihan air yang terus meningkat.

Bersihkan Pelampung Kloset Secara Berkala

Langkah terakhir yang perlu dilakukan yaitu dengan membersihkan pelampung air dalam kloset Anda. Pelampung air yang kotor dan berlumut merupakan salah satu penyebab kloset bocor.

Lakukan pembersihan pada pelampung air ini secara berkala. Jika pelampung sudah mulai kotor, maka segeralah untuk membersihkannya.

Temukan Penyedia Jasa Perbaikan Pipa di Sejasa

Jika Anda memiliki kesibukan dan tidak sempat dalam melakukan perbaikan kloset sendiri, maka Anda dapat mengunjungi Sejasa.com atau Aplikasi Sejasa. Di Sejasa, Anda dapat menemukan mitra tukang ledeng yang tepat untuk membantu mengatasi permasalahan saluran air dan kloset di rumah. Penyedia jasa Sejasa adalah mereka yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, Selain itu, penyedia jasa yang akan mengerjakan permasalahan pipa adalah mereka yang telah terverifikasi oleh tim Sejasa.

Dalam hal perbaikan kloset Anda akan mendapatkan penawaran dari penyedia jasa. Semuanya akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan Anda dapat leluasa berkonsultasi mengenai permasalahan kloset rumah yang dialami dengan penyedia jasa. Jadi, tunggu apa lagi? Buat permintaan jasa sekarang, karena Sejasa siap melayani segala kebutuhan jasa Anda.  

kloset bocor
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *