Sebelum Musim Hujan Tiba, Periksa 7 Bagian Rumah Ini!

Dilansir dari website BMKG, musim hujan diprediksi segera tiba di penghujung bulan Oktober 2023. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik rumah harus waspada dan melakukan pengecekan terhadap beberapa area di rumah sebelum musim hujan datang. Apalagi, jika rumah Anda berada di area yang rentan banjir atau ada area yang sering bermasalah. Peralihan dari musim kemarau ke musim hujan mungkin terlihat sepele, namun dalam hal kondisi rumah harus diperhatikan secara detail.

Segel Pintu dan Jendela

sebelum musim hujan

Pastikan untuk mengecek seluruh segel pintu dan jendela yang ada di rumah, agar ketika musim hujan datang Anda tetap merasa hangat di dalam rumah. Biasanya, disaat musim hujan juga akan disertai hembusan angin yang kencang. Oleh karena itu, jangan sepelekan bagian pintu dan jendela rumah. Pada jendela, Anda bisa mengecek apakah dapat dikunci rapat dan tidak ada celah yang membuat air hujan masuk ke bagian dalam rumah.

Jika setelah dicek, ternyata ada bagian yang tidak tertutup sehingga memungkinkan air masuk, segera panggil jasa tukang pintu atau jendela yang profesional. Jasa ini akan membantu melakukan perbaikan pada pintu dan jendela rumah Anda. Dengan begitu, tidak perlu repot lagi memperbaikinya sendiri.

Saluran Pipa Air

Umumnya, selama musim kemarau saluran air tertutup dengan sampah daun maupun jenis sampah lainnya. Disaat musim kemarau berakhir dan musim hujan akan datang, maka bersihkanlah saluran yang kotor tersebut. Ini sangat penting untuk menghindari kemungkinan saluran air yang tersumbat bahkan meluap dan menyebabkan banjir. Jika ternyata ada masalah pada saluran pipa air di rumah Anda, maka segera panggil jasa tukang ledeng profesional untuk mengatasinya.

Atap dan Plafon

sebelum musim hujan

Disaat hujan mulai turun dengan frekuensi yang tinggi, kondisi atap dan plafon patut diwaspadai. Jangan sampai ada bagian yang bocor, miring, bergeser, atau tidak sesuai dengan yang seharusnya. Apabila Anda menemukan kerusakan, jangan sepelekan hal ini. Segera lakukan perbaikan atau berikan cat pelapis anti bocor pada sambungan atap atau genteng agar rumah terlindungi dari hujan dan agar atap lebih tahan lama.

Dinding

Beberapa orang mungkin lupa memperhatikan dinding di rumah hingga akhirnya ada retakan yang menyebabkan bocor dan membuat panik. Daripada hal tersebut terjadi, sebaiknya perhatikan dengan teliti bagian-bagian yang mulai retak dan segeralah memperbaikinya.

Hal lainnya yang sering menjadi permasalahan pada dinding sebelum musim hujan tiba adalah mengelupas dan berjamur. Ini menjadi faktor utama masuknya air hujan dan meresap hingga ke dinding bagian dalam. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melapisi cat dinding bagian luar dengan cat pelapis anti bocor, sehingga air tidak dapat masuk ke bagian dalan dinding.

Instalasi Listrik dan Perangkat Elektronik

Ketika musim hujan datang, kabel listrik bisa lebih mudah rapuh dan dapat berisiko tinggi menyebabkan korsleting hingga kebakaran. Oleh karena itu, cek jaringan listrik seluruh rumah Anda dan pastikan semuanya dalam kondisi yang aman.
Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya mengecek kondisi kabel peralatan elektronik seperti mesin cuci, kulkas, oven, dan lainnya. Jika kondisinya rusak, segera perbaiki atau diganti dengan yang baru demi menghindari korsleting, kebakaran, atau serangan listrik. Anda bisa memanggil jasa teknisi kelistrikan pada aplikasi Sejasa dengan memilih kategori jasa Kelistrikan, lalu isi form permintaan jasanya.

Gorden, Karpet, Kasur, dan Sofa

Selagi matahari masih bersinar cerah, cucilah berbagai kebutuhan rumah demi menjaga kebersihan dan kenyamanan saat musim hujan nanti. Mulai dari gorden, yang selama musim kemarau berfungsi sebagai penutup sekaligus filter udara yang masuk ke dalam rumah. Mungkin saja gorden Anda sudah lama tidak dicuci, dan warnanya sudah terlihat kusam serta penuh debu.

Gorden biasanya terbagi menjadi gorden tipis yang berupa kain tipis yang tampak semi transparan dan gorden tebal yang tidak transparan. Keduanya perlu dicuci rutin agar bisa awet dan memiliki usia pakai yang panjang. Jika jarang dicuci, debu dan kotoran akan semakin tebal melekat pada permukaan kain gorden. Tampilannya akan kurang bagus dan kondisinya mungkin bisa lebih mudah lapuk dan sobek.

Bagi Anda yang menggunakan karpet di rumah setiap harinya, terutama pada ruangan yang banyak dilalui, karpet harus dibersihkan rutin. Hal ini sangat penting untuk mengusir mikroorganisme yang menyebabkan penyakit. Selain itu, karpet yang bersih akan menciptakan udara yang sehat dan aman bagi seluruh anggota keluarga. Jika membutuhkan bantuan untuk cuci karpet, Anda bisa menemukan penyedia jasa cuci karpet profesional di aplikasi Sejasa.

Furnitur rumah lainnya yang perlu dibersihkan bahkan dicuci adalah kasur dan sofa. Anda dan anggota keluarga lainnya menggunakan keduanya setiap hari. Akan ada banyak tumpukan debu, noda, hingga tumpahan makanan atau minuman pada permukaan kasur dan sofa. Dengan bantuan jasa profesional, Anda tidak perlu khawatir lagi karena jasa ini akan membantu melakukan cuci kasur dan cuci sofa hingga bersih dan wangi.

Lakukan Pembersihan Menyeluruh Demi Cegah Nyamuk

Peralihan musim kemarau ke musim hujan bisa memunculkan penyakit. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan seluruh bagian di rumah hingga setiap sudutnya. 

Selain itu, disaat adanya genangan air ketika hujan, dapat menjadi tempat bagi nyamuk untuk berkembangbiak. Hal ini akan sangat mengganggu, bahkan menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit seperti demam berdarah. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda dapat melakukan penyemprotan atau fogging, serta menggunakan jasa pest control & disinfektan.

Fogging atau pengasapan adalah tindakan pengasapan menggunakan bahan insektisida yang bertujuan membunuh nyamuk, khususnya pembawa penyakit demam berdarah. Fogging tidak membunuh nyamuk dewasa saja, tapi juga jentik nyamuk, telur, larva, serta jentik berkembang.

Kunjungi Sejasa.com atau aplikasi Sejasa sekarang untuk mendapatkan jasa perawatan terbaik untuk rumah Anda.

Share This Article!