Ketahui Jenis Freon AC Anda Dengan 3 Cara Ini

Freon merupakan komponen penting yang membuat AC dapat berfungsi dengan maksimal mendinginkan ruangan. Untuk Anda pengguna AC di rumah, wajib mengetahui jenis freon AC agar apabila sewaktu-waktu ada masalah, bisa diinfokan dengan teknisi ACnya.

Dalam artikel ini, tim Sejasa akan menginfokan cara mengetahui jenis freon pada unit AC rumah. Simak sampai akhir ya.

Jenis Freon AC Rumahan

Sebelum tahu cara mengecek jenis freon AC, Anda harus tahu jenis-jenis apa saja yang umumnya dipakai.

Freon R22

Freon jenis ini sebenarnya sudah tidak didistribusikan lagi di Indonesia sejak tahun 2015. Seluruh pabrik AC dilarang untuk memproduksi, menjual, ataupun mengimpornya.

Freon R22 berpotensi menimbulkan pemenasan ozon hingga 0,005. Angka tersebut termasuk tinggi bila dibandingkan dengan jenis lain dengan angka 0.

Freon R410A

Jenis ini umumnya digunakan oleh AC inverter. Freon R410A tidak berpotensi menyebabkan kerusakan ozon, namun dapat menimbulkan pemenasan global. Selain itu, jenis ini juga termasuk yang tidak mudah terbakar.

Freon R32

Freon jenis ini merupakan regenerasi dari regulasi pemerintah yang menerapkan kebijakan “Go Green”, yang mana semua produksi AC harus ramah lingkungan dan minim zat perusak ozon. Salah satu kelebihan freon R32 adalah lebih ramah lingkungan.

Cara Cek Jenis Freon Pada AC

Lihat pada nameplate

sumber: fujitsu-general.com

Pada unit nameplate AC di bagian samping dari indoor atau outdoor AC akan tertulis jenis freonnya. Contohnya, jika pada nameplate tertulis Refrigerant: R410A, maka freon yang digunakan adalah jenis freon R410A. Umumnya ini digunakan pada unit AC inverter.

Lihat pada kardus AC

Jual Kardus Ac Terbaik - Harga Murah Oktober 2023 & Cicil 0% | Tokopedia

Saat membeli AC, pada kardusnya akan terdapat tulisan jenis freon. Anda bisa melihat dengan teliri jenis freon yang digunakan pada unit AC tersebut.

Cek di website resmi produsen AC

Cara mudah lainnya yang bisa dilakukan untuk mengecek jenis freon pada unit AC adalah dengan mengunjungi website resmi dari produsen AC sesuai dengan merek unit yang Anda beli.

Anda bisa cek pada kolom pencarian dan ketikkan tipe serta model AC Anda. Setelah itu, akan muncul detail informasi mengenai unit AC yang Anda cari tersebut.

Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengetahui  freon pada AC, maka Anda dapat memberitahukannya kepada teknisi AC bila nantinya ada kerusakan pada AC yang berkaitan dengan freon. Misalnya, jika AC kurang dingin akan dibutuhkan penambahan kadar freon AC. Teknisi akan melakukan penambahan freon sesuai jenisnya.

Butuh bantuan untuk pengisian freon AC, atau service AC lainnya? Panggil jasa teknisi terbaik Sejasa sekarang melalui aplikasi Sejasa. Pemesanan cepat, harga terstandarisasi. Yuk, pesan sekarang.

jenis freon ac

Share This Article!