ac rumah rusak

Saat Musim Hujan, 4 Hal Ini Bisa Bikin AC di Rumah Rusak!

Memasuki musim hujan, banyak hal di rumah yang perlu Anda cek dan perhatikan lebih detail. Mulai dari kebersihan rumah, kondisi atap, hingga kondisi AC sebagai penyejuk ruangan. Jangan sampai AC rumah jadi rusak karena minimnya perhatian Anda pada kondisi unit AC.

Demi meminimalisir kemungkinan kerusakan pada AC, ada baiknya untuk menyimak artikel ini. Tim Sejasa akan memberikan informasi terkait hal-hal yang harus diantisipasi dalam penggunaan AC di musim hujan.

Outdoor AC Dibuat untuk Tahan Pada Cuaca

Unit outdoor AC dirancang untuk bisa tahan terhadap cuaca apapun. Meskipun begitu, saat musim hujan berlangsung dengan frekuensi yang tinggi, AC akan mudah kotor. Dedaunan, kotoran, atau benda-benda asing lainnya akan mengotori unit outdoor.

Sebaiknya, bersihkan outdoor AC dengan menyemprotnya menggunakan selang. Jangan khawatir komponen listrik menjadi basah, karena semua kabel pada bagian dalam outdoor AC telah diisolasi dari kondisi basah atau hujan.

Apakah Outdoor AC Aman Saat Musim Hujan?

Unit AC rumahan dibuat tahan terhadap cuaca seperti musim hujan. Namun, Anda perlu memastikan bahwa interior rumah telah terlindungi dari kemungkinan adanya rembesan air di bagian tepi. Anda bisa memanggil jasa tukang profesional untuk perbaikan area dinding atau atap.

4 Hal yang Bisa Bikin AC di Rumah Rusak

Badai atau Angin kencang

Meskipun hujan deras tidak merusak unit AC, angin yang kencang disertai hujan mampu meninggalkan kotoran, dedaunan, dan benda lainnya yang bisa merusak kisi-kisi kipas kondensor. Selain itu, benda yang jatuh menimpa unit AC dapat terjadi pula. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa bagian luar dan dalam unit AC ketika badai sudah mereda.

Banjir

Banjir bisa jadi ancaman terbesar saat musim hujan tiba, terutama untuk Anda yang berdomisili di area yang rentan tedampak banjir. Umumnya, banjir ringan tidak dapat merusak AC. Namun, genangan air banjir di atas 1 meter atau lebih dapat merusak komponen listrik unit AC.

Apabila AC di rumah terendam banjir, segera hubungi teknisi AC profesional sebelum Ada menyalakan lagi unitnya.

Terkena Petir

Datangnya musim hujan, kadang diiringi dengan sembaran petir. Petir dapat menyambar rumah Anda, kemudian menyebabkan lonjakan listrik. Hal ini jika terjadi tiba-tiba mampu merusak berbagai alat elektronik di rumah, termasuk unit AC. Oleh karena itu, pasanglah pelindung lonjakan daya demi mencegah terjadinya kejadian tersebut di rumah Anda.

Korosi

Hindari menutup unit outdoor AC dengan bungkus plastik. Hal ini dapat menyebabkan kelembapan dari kondensasi terperangkap di dalam bagian logam yang berkarat dan terkorosi. Disarankan untuk menggunakan penutup yang memungkinkan adanya ventilasi. Kurangnya ventilasi atau bukaan yang tepat pada penutup dapat meningkatkan pertumbuhan jamur dan lumut, sehingga menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada unit.

Itulah beberapa hal yang mungkin terjadi dan berdampak pada kondisi AC saat musim hujan datang. Oleh karena itu, demi menjaga kualitas dan performa terbaik pada unit AC pastikan Anda mengeceknya secara berkala.

Sejasa hadir dengan layanan Service AC yang mempermudah Anda dalam menemukan jasa perbaikan AC di rumah, apartemen, hingga B2B untuk bisnis/kantor. Terdapat beragam pilihan layanan, mulai dari cuci AC, isi freon, jasa bongkar pasang, dan banyak lagi.

Harga telah terstandarisasi dan dikerjakan oleh teknisi profesional. Pesan jasa service AC terbaik hanya di sejasa.com atau aplikasi Sejasa.

ac rumah rusak

Share This Article!