isi freon R32

Ini Waktu yang Tepat untuk Isi Freon R32 Beserta Biayanya

Industri  AC mengalami perubahan yang besar pada tahun 2014, ketika pemerintah mengeluarkan aturan yang melarang penggunaan Freon R22 karena dipercaya ikut berperan dalam merusak ozon di bumi ini. Sebagai gantinya, AC harus menggunakan jenis freon yang lebih ramah lingkungan yakni R22 dan R410a. Jadi, apabila Anda membeli AC, pastikan AC yang Anda beli sudah menggunakan freon R32 atau R410a. Dengan begitu, jika AC Anda sudah waktunya tambah freon, maka Anda harus isi Freon R32.

Apa itu Freon R32?

R32 merupakan freon yang baru mulai digunakan sejak tahun 2015 di Indonesia digunakan untuk sistem pendingin udara atau AC. Freon ini memiliki tekanan yang cukup tinggi dan mampu terbakar. Oleh karena itu , dalam penggunaannya perlu ekstra hati-hati, termasuk saat mengisi freon R32.

Freon R32 mempunyai nilai GWP (Global Warming Potential) 675 dan Cooling Index (angka index pendinginan) 160. Jenis ini lebih ramah lingkungan apabila dibandingkan dengan R410a sekalipun memiliki nilai GWP yang lebih rendah dari R22 dan R410a.

Tak hanya itu, freon R32 memiliki angka index dingin yang jauh lebih tinggi bahkan dari R22, jadi sebenarnya tidak akan ada masalah bahwa pemakaian AC inverter jadi lebih tidak dingin. Selain itu, freon R32 memang memiliki potensi mudah terbakar yang lebih tinggi dari R22 dan R410a. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena tidak dapat membuat AC meledak bahkan ketika terjadi kebakaran sekalipun.

R32, Jenis Freon yang Ramah Lingkungan

Freon R32 merupakan salah satu solusi untuk mengatasi pemanasan global, karena zat tersebut memiliki kinerja dan efisiensinya lebih tinggi. Freon R32 memiliki keuntungan bagi potensi penurunan pemanasan global dan pengurangan jumlah isi, sehingga dapat mengurangi emisi CO2 sebesar75%.

Keuntungan Penggunaan Freon R32

tenisi Sejasa sedang mengecek kadar refrigerant atau freon pada AC untuk mengecek penyebab AC tidak dingin

Berikut beberapa keuntungan pemakaian Freon R32 :

  • Mendekati “nol” penipisan lapisan ozon.
  • Freon R32 mudah didaur ulang dan digunakan kembali.
  • Dampak pemanasan global lebih rendah dibandingkan dengan jenis Freon yang lain.
  • Efisiensi energi lebih tinggi daripada refrigerant atau Freon lain.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Isi Freon R32 ?

Saat Anda merasakan udara yang dikeluarkan oleh AC sudah tidak dingin lagi, hal ini patut Anda waspadai. Karena salah satu ciri Freon AC habis adalah udara yang dikeluarkan AC tidak dingin lagi. Berikut beberapa tanda Freon AC mulai habis:

Pipa Tidak Terasa Dingin

Apabila pipa pada AC tidak terasa dingin, bisa jadi hal ini disebabkan oleh freon yang sudah habis. Apalagi jika pipa pada bagian AC tidak mengeluarkan bunga es maka hal itu perlu diwaspadai.

Udara dalam Ruangan Tidak Terasa Dingin

AC seharusnya berfungsi menstabilkan suhu, melembabkan udara dan memberikan udara yang sejuk. Namun Anda perlu waspada apabila suhu udara tidak bisa dingin walaupun suhunya sudah diatur sesuai keinginan. Bisa jadi hal ini dikarenakan Freon AC telah habis.

Terjadi Kebocoran Air

Ciri-ciri Freon habis yang selanjutnya adalah terjdinya penggumpalan pada evaporator AC. Selain itu terjadi kebocoran air yang terus menetes.

Bagian Luar AC Tidak Panas

AC terdiri dari beberapa komponen, termasuk pada bagian luar rumah. Untuk itu, Anda harus mengecek unit outdoor terasa panas atau tidak. Karena itu bisa juga menandakan Freon yang telah habis.

Lampu Indikator Berkedip

Pada AC terdapat indikator lampu timer yang harus diperhatikan. Indikator lampu timer yang berkedip pada unit indoor menandakan adanya masalah. Hal itu bisa berhubungan dengan beberapa komponen elektronik, tekanan Freon atau kompresor AC.

Tagihan Listrik yang Naik

Pada titik tertentu, AC mungkin masih tetap dapat digunakan, namun membutuhkan usaha ekstra untuk tetap bekerja. Usaha yang keras ini biasanya membutuhkan banyak energi saat digunakan. Hal ini dapat berpengaruh pada tagihan listrik yang naik. Baca tips menghemat tagihan listrik AC di sini.

Biaya Isi Freon R32

Jika Freon telah berkurang atau habis, maka Anda harus melakukan mengisinya. Berikut adalah biaya isi dan tambah freon R32 di Sejasa:

Jenis Layanan AC Harga
Tambah Freon R32 0,5 – 1 PK Rp. 225.000,-
Tambah Freon R32 1,5 – 2 PK Rp. 275.000,-
Isi Freon R32 0,5 – 1 PK Rp. 350.000,-
Isi Freon R32 1,5 – 2 PK Rp. 450.000,-

Bagi Anda yang membutuhkan jasa perawatan AC, termasuk isi Freon R32, Anda dapat menemukan jasa service AC yang berkualitas di aplikasi Sejasa atau melalui website Sejasa.com. Jasa yang disediakan oleh Sejasa telah melewati seleksi yang sangat ketat, sehingga diperoleh penyedia jasa yang sudah di validasi. isi freon r32 dapat dilakukan dengan bantuan jasa service AC Sejasa

Share This Article!