Cara Bongkar Pasang AC Tanpa Membuang Freon

bongkar pasang ac

Anda merasa Air Conditioner atau AC yang berada di rumah salah penempatan sehingga kurang maksimal untuk memberikan udara yang sejuk? Tentu Anda perlu memindahkan AC tersebut ke titik pemasangan yang lebih tepat. Anda perlu melakukan bongkar pasang AC untuk memindahkannya ke lokasi baru. Cara bongkar pasang AC tanpa membuang freon aman dilakukan sepanjang Anda mengikuti prosedur dan hal-hal penting tentang keselamatan kerja menangani unit AC.

Pada artikel ini, tim Sejasa akan memberikan ulasan mengenai cara bongkar pasang AC tanpa membuang freon:

Hal Penting untuk Diperhatikan saat Menangani Unit AC

bongkar pasang ac

1. Freon

Jangan membuang freon langsung ke udara bebas. Anda perlu membuang freon dengan melepaskannya melalui media air. Anda dapat menggunakan botol air mineral yang berisi air dan masukkan selang manifold pembuangan freon ke dalam air. Jangan mengangkat selang selama proses pembuangan freon berlangsung, karena sifat freon yang sangat abrasive terhadap lapisan ozon. Oleh karena itu, hindari membuang langsung ke udara bebas.

2. Unit Outdoor

Pada unit outdoor AC split, Anda perlu berhati-hati saat melepas dan memasang AC. Unit outdoor ini memiliki kisi-kisi aluminium yang tipis yang tujuannya mempercepat pelepasan panas freon ke udara bebas. Kisi-kisi ini mudah rusak apabila terkena benda keras.

3. Kelistrikan

Hindari terjadinya korslet atau tersengat listrik. Terutama pada bagian kapasitor yang menyimpan muatan listrik yang besar dan akan dilepaskan apabila Anda menyentuhnya. Oleh karena itu hindari menyentuh kapasitor dengan sembarangan.

4. Pipa AC Split

Anda perlu untuk menutup lubang pipa dengan plastic atau kain yang bersih. Hal ini bertujuan agar debu atau kotoran tidak masuk ke dalam pipa. Sehingga apabila dipasang kembali tidak akan mengganggu sistem kerja AC.

Cara Bongkar Pasang AC tanpa Membuang Freon

Kita perlu langkah-langkah kerja yang tepat saat menangani bongkar AC agar Freon tetap di dalam sistem. Sehingga apabila Anda memasang AC tidak perlu menambahkan freon lagi. Cara bongkar AC tanpa membuang freon yang aman adalah dengan menyimpan freon ke dalam kondensor dan kompresor unit outdoor.

bongkar pasang ac

Saat melakukannya, Anda perlu menarik semua freon yang ada dalam pipa AC dan mengumpulkannya pada unit oudoor. Setelah semua Freon terkumpul dalam unit outdoor, kita harus menutup valve salurannya dengan menggunakan kunci L 4mm dan unit AC split sudah bisa kita bongkar dari dudukannya.

1. Hidupkan AC pada suhu paling kecil

2. Tutup valve ¼ inch (pipa yang kecil terlebih dahulu), pipa ini adalah pipa keluar freon dari kompresor.

3. Setelah valve pada pipa kecil ini tertutup penuh, proses penarikan freon dari unit indoor ke unit outdoor sedang berlangsung. Tunggu 30 detik sampai 1 menit (perhatikan getaran outdoor akan meningkat).

4. Lalu tutup valve 3/8 pada pipa ukuran besar dengan cepat agar getaran pada outdoor tidak terlalu lama.

5. Sekarang unit AC split sudah dapat dibongkar dari dudukannya karena freon sudah disimpan dalam unit outdoor.

Itulah informasi mengenai cara aman bongkar pasang AC yang dapat Anda lakukan, tentunya dengan prosedur keselamatan yang harus Anda patuhi. Namun, apabila Anda khawatir unit AC anda akan rusak apabila prosedur bongkar pasang AC tidak bisa diikuti dengan benar, maka Anda bisa memanggil jasa layanan bongkar pasang AC profesional.

Anda dapat dengan mudah menemukan jasa layanan bongkar pasang AC di Sejasa. Tidak hanya bongkar pasang AC, ada berbagai layanan service AC yang Anda butuhkan. Klik di sini untuk informasi selengkapnya mengenai detail layanan service AC Sejasa. Temukan penyedia jasa profesional dengan cepat dan praktis, hanya melalui sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Ada garansi pengerjaan hingga 30 hari.

bongkar pasang ac
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.