Tips Mencari Pembantu Rumah Tangga Harian yang Terpercaya

pembantu rumah tangga harian

Jasa pembantu rumah tangga sekarang ini sangat dibutuhkan oleh banyak pemilik rumah. Terutama bagi keluarga yang suami dan istri sama-sama bekerja, sehingga tidak sempat melakukan pekerjaan rumah tangga. Ataupun hal-hal lain yang mengharuskan untuk memakai jasa pembantu rumah tangga. Salah satu sistem kerja yang dikenal di masyarakat adalah pembantu rumah tangga harian.

Dengan menggunakan jasa pembantu rumah tangga harian, Anda akan merasa tertolong dalam menyelesaikan pekerjaan di dapur maupun untuk mengurus anak yang masih kecil. Mereka nantinya akan bekerja berdasarkan kebutuhan orang yang mempekerjakannya. Biasanya mereka tidak akan menginap di rumah dimana dia bekerja.

Pembantu rumah tangga harian akan dipanggil ketika banyak pekerjaan di rumah yang sudah menumpuk dan perlu segera diselesaikan. Umumnya, upah yang diberikan juga dengan sistem per hari, namun terkadang tergantung kesepakatan apabila yang menjadi pembantu rumah tangga masih berdomisili di sekitar tempat dia bekerja.

Walaupun sifatnya bekerja harian, tetapi untuk mendapatkan jasa yang berkualitas dan terpercaya tidak mudah. Nah, untuk mempermudah Anda menemukan jasa pembantu rumah tangga harian yang kerjanya bagus, bisa menyimak tips berikut ini.

Minta Bantuan Tetangga atau Teman

Apabila tetangga atau teman Anda pernah mempekerjakan  pembantu rumah tangga harian, Anda bisa bertanya kepada mereka bagaimana kinerja pembantu harian tersebut. Jika tanggapan mereka bagus, dan telah mencari tahu kinerjanya seperti apas, maka Anda bisa mempekerjakannya.

Bertanya ke Pembantu Rumah Tangga di Tetangga

Anda bisa juga langsung bertanya kepada pembantu di rumah tetangga Anda, barangkali mereka punya kenalan atau teman yang bersedia bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Biasanya mereka akan dengan senang hati membantu Anda untuk mencarikan orang yang bersedia bekerja di rumah Anda. Apabila Anda menemukan pembantu rumah tangga dengan perantara seperti ini, jangan lupa untuk memberi uang yang sewajarnya sebagai bentuk terima kasih.

pembantu rumah tangga harian

Lakukan Wawancara

Walaupun sifatnya yang tidak resmi, namun tidak ada salahnya juga Anda untuk mengadakan wawancara dengan calon pembantu Anda. Tentunya wawancara ini bisa bersifat lebih santai, ajak mereka ngobrol bagaimana kalau dia Anda ajak bekerja di rumah. Mungkin Anda bisa menyampaikan tentang tanggung jawab apa saja yang harus dikerjakan dan lain-lain. Jika jawabannya memuaskan Anda, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mempekerjakannya.

Jam Kerja

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil jasa pembantu rumah tangga, tentukan dulu berapa lama dia harus bekerja di rumah Anda. Sehingga tidak akan terjadi pembantu rumah tangga yang bekerja melebihi batas ketentuan. Seperti namanya, pembantu rumah tangga harian, maka biasanya untuk jam kerja akan lebih fleksibel.

Namun tetap saja harus jelas ketentuannya, pada umumnya yaitu sekitar 7 hingga 8 jam. Jangan terlalu membebani dengan pekerjaan yang terlalu menguras tenaga karena akan membuat pembantu tersebut tidak betah. Berikan beban kerja yang sewajarnya kepada pembantu rumah tangga yang nantinya akan Anda pekerjakan.

Gaji

Anda bisa bertanya kepada tetangga Anda yang mempekerjakan pembantu rumah tangga , berapa gaji yang harus diberikan. Tentu ini besarannya akan berbeda di setiap daerah. Berikan apa yang menjadi hak pembantu Anda dengan benar dan tepat waktu. Dengan begitu, pembantu rumah tangga Anda merasa nyaman dan betah bekerja di rumah Anda.

Demikian beberapa tips untuk mendapatkan pembantu rumah tangga harian dengan berkualitas. Walaupun sebenarnya sifatnya yang harian, bisa saja kalau Anda tidak puas dengan pekerjaannya maka Anda bisa memberhentikan atau memutuskan untuk tidak memakai jasanya.

Untuk Anda yang membutuhkan jasa pembantu rumah tangga harian, Anda dapat menemukan jasa pembantu untuk bersih-bersih rumah di aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. Anda dapat melihat review pelanggan sebelumnya untuk mengetahui kinerja para mitra penyedia jasa Sejasa.

pembantu rumah tangga harian
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.