Bangun Rumah Baru, Pilihan Terbaik untuk Memiliki Rumah

bangun rumah baru

Banyak orang yang mendambakan untuk memiliki rumah tinggal sendiri. Untuk mewujudkan hal tersebut, bisa dilakukan dengan membeli rumah siap huni atau membangun rumah mulai dari awal. Membeli rumah jadi yang siap huni memang terlihat lebih praktis, karena Anda bisa langsung menempati rumah tersebut. Hal yang harus diperhatikan adalah rumah tersebut sesuai konsep pengembang dan belum tentu sesuai dengan keinginan Anda. Bangun rumah baru akan menjadi pilihan yang tak kalah menguntungkan.

Membangun rumah baru merupakan salah satu cara yang tepat untuk memiliki rumah. Anda bisa langsung terlibat dari tahap perencanaan awal sampai tahap akhir pembangunan rumah. Konsep dan desain rumah sesuai dengan apa yang diinginkan. Anda pun dapat menyesuaikan dengan anggaran yang telah dipersiapkan. Memang akan terasa cukup sulit dan memakan waktu yang lebih lama, akan tetapi ketika rumah tersebut sudah selesai dibangun, Anda akan merasakan kepuasan tersendiri.

Tips untuk Bangun Rumah Baru

bangun rumah baru

Pilih Lokasi dengan Cermat

Pastikan lokasi yang akan Anda jadikan lokasi bangun rumah baru sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan apakah lokasi tersebut punya akses kendaraan umum, dekat dengan tempat kerja atau dekat dengan fasilitas umum yang lain sehingga bisa memberikan kenyamanan. Selain itu pastikan status hukum tanah tersebut jelas dan tidak bermasalah.

Tentukan Anggaran atau Besaran Biaya

Untuk membangun rumah baru tentu membutuhkan biaya yang cukup besar. Anda bisa menentukan anggaran yang bisa Anda alokasikan untuk bangun rumah baru. Perencanaan harus sesuai dengan fasilitas apa saja yang ingin Anda bangun. Jangan lupa untuk menyiapkan anggaran tak terduga sebagai persiapan apabila ada kebutuhan yang diluar rencana.

Perencanaan

Secara garis besar perencanaan meliputi seluruh aspek desain rumah. Perencanaan dalam hal ini meliputi desain rumah, ukuran rumah, ruang terbuka yang harus Anda sisakan, pasokan air dan listrik, sirkulasi udara di dalam rumah serta hal-hal lain terkait detail pembangunan rumah. Selain itu Anda harus tetap fokus pada perencanaan sehingga bisa terhindar dari pembengkakan biaya.

Desain yang Tidak Rumit

Desain rumah yang rumit tentu akan memakan lebih banyak waktu dan uang. Oleh sebab itu, apabila anggaran yang tersedia cukup terbatas, maka desain rumah minimalis bisa menjadi pilihan. Agar lebih hemat mungkin Anda bisa membangun ruangan multifungsi, sebagai contoh menggabungkan dapur dengan ruang makan dan ruang keluarga yang hanya dipisahkan dengan sekat.

Tentukan Tim Konstruksi yang Efisien

Dalam membangun rumah biasanya akan dihadapkan pada pilihan menggunakan jasa tim konstruksi yang jasanya dibayar borongan atau dengan sistem  harian. Anda harus jeli dalam menentukan hal ini. Jangan segan untuk meminta rekomendasi kepada teman atau kerabat dekat lain yang pernah membangun rumah. Jika Anda salah pilih, maka akan menjadikan salah satu penyebab membengkaknya anggaran yang digunakan. Pilihlah tim konstruksi yang terpercaya dan profesional dalam bidangnya.

Saat ini, sudah banyak tersedia jasa layanan bangun rumah baru yang tentunya akan mempermudah Anda dalam membangun rumah. Bersama Sejasa, Anda dapat menemukan jasa kontraktor bangunan yang berkualitas dan profesional. Anda pun dapat berkonsultasi dengan leluasa mengenai perencanaan bangun rumah, anggaran, material, dan hal penting lainnya.

Segera kunjungi website sejasa.com atau aplikasi Sejasa untuk temukan jasa kontraktor terbaik dan berbagai solusi dari kebutuhan jasa rumah Anda. Proyek rumah lebih aman dengan layanan Project Controller. Pembayaran pun aman dan bergaransi, melalui rekening bersama SejasaPay.

bangun rumah baru
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.