11 Cara Brilian Wujudkan Rumah yang Sehat

rumah sehat

Gaya hidup yang sehat bisa dimulai dari rumah. Meskipun kebanyakan orang punya fokus yang berbeda seperti ingin udara yang bersih dan sehat, jadwal pembersihan, atau menggunakan tanaman hijau, memiliki rumah yang sehat adalah poin penting untuk mewujudkan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga.

Memiliki rumah yang sehat adalah suatu cara cerdas untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Oleh karena itu, sekarang saatnya mewujudkan hunian yang sehat agar lebih betah beraktivitas di dalam rumah. Simak dan terapkan 11 cara brilian untuk menciptakan rumah yang sehat ini!

Apa Itu Rumah Sehat?

Rumah sehat atau healthy home adalah rumah yang bersih, teratur, dan berfokus pada gaya hidup yang sehat. Hal ini meliputi udara yang bersih untuk paru-paru yang lebih hemat, keberadaan tanaman hijau atau tanaman hias, hingga memiliki jadwal pembersihan yang yang jelas. Apabila semuanya diterapkan dengan rutin, dapat menjadikan hunian dan penghuninya lebih sehat.

11 Cara Mewujudkan Rumah Sehat

Decluttering Barang-barang

Istilah decluttering bermakna menyingkirkan barang-barang yang tidak ada kegunaannya, sehingga akan ada ruang kosong di bagian tertentu di rumah. Apabila Anda cenderung stres dengan pekerjaan, melakukan decluttering mungkin bisa menjadi solusi. Setelah melakukan kegiatan ini, Anda akan merasa lebih legi karena ruangan tidak lagi berantakan dan penuh sesak.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengatasi gaya hidup konsumtif. Beberapa orang mungkin punya kebiasaan membeli pakaian, aksesoris, atau barang lain setiap bulan. Kebiasaan tersebut akan menyebabkan ruangan di rumah jadi sesak karena terlalu penuh dengan barang-barang. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menerapkan decluttering secara rutin mulai dari sekarang agar rumah jadi lebih lega dan rapi.

Lakukan Rutinitas Pembersihan yang Jelas

Sebulan sekali atau beberapa hari dalam seminggu, Anda bisa melakukan runitas pembersihan sesuai kebutuhan. Pastikan untuk menerapkannya dengan benar dan disiplin agar hasilnya lebih maksimal. Simak jadwal bersih-bersih rumah terlengkap di sini.

Bersihkan Dapur

Lakukan pembersihan keseluruhan pada area dapur, mulai dari bumbu-bumbu masakan, peralatan masak, peralatan makan, hingga mengatasi permukaan area dapur berminyak. Selain itu, apabila barang-barang di dapur Anda tidak sehat, gantilah dengan yang lebih sehat. 

Gunakan Produk Pembersih Alami

Kebanyakan produk pembersih yang digunakan kalangan rumah tangga adalah yang menggunakan bahan kimia. Produk sejenis ini dapat berkontribusi untuk meningkatkan polusi udara dalam ruangan dan zat beracun bagi kesehatan kita. Cobalah untuk beralih ke produk pembersih alami.

Gunakan Air Purifier

Air purifier atau pembersih udara adalah pilihan terbaik untuk mengatasi debu dan bulu di rumah. Beberapa pembersih udara mampu 99 persen menghilangkan bakteri di udara rumah. Dengan penggunakan pembersih udara, bisa menjaga kesehatan Anda dan anggota keluarga lainnya.

Bersihkan Kulkas

Disaat ada makanan berlebih, kadang beberapa orang akan memasukkannya ke dalam kulkas. Seiring berjalannya waktu, kualitas makanan tersebut mungkin akan berubah. Oleh karena itu, rutinlah melakukan pembersihan kulkas. Selain memfilter bahan makanan, bersihkan permukaan kulkas secara menyeluruh baik dalam maupun luarnya.

Buka Jendela

Membuka jendela setidaknya sekali dalam sehari akan bermanfaat bagi kesehatan, karena mampu menghilangkan polutan udara dalam ruangan. Menghirup udara segar selama 15 hingga 20 menit sehari mampu meningkatkan kualitas udara di dalam rumah Anda.

Rutin Mengatur Lemari

Lemari dan rak di rumah yang berantakan dan terlihat kurang teratur mungkin bisa memunculkan stres. Sebagai solusinya, sisihkan waktu Anda untuk menata ulang dan mengatur isi lemari. Baik itu pakaian, barang-barang, atau buku.

Rutin Mencuci Seprei

Tempat tidur adalah area berpotensi tinggi untuk perkembangbiakan noda, hingga tungau. Seprei harus rutin dicucui setidaknya seminggu sekali, karena setiap harinya digunakan untuk tidur sehingga ada banyak noda, keringat, air liur, dan minyak kulit kepala yang menempel.

Gunakan Filter Air

Menggunakan penyaring air adalah salah satu cara mengantisipasi masuknya bahan kimia berbahaya ke dalam tubuh. Penggunaan filter air dapat menghilangkan timbal, logam berat, klorin, dan pestisida dari air minum Anda. Salah satu sistem filter yang bisa dipasang adalah melalui bawah bak cuci piring atau membuatnya secara sederhana dengan penyaring dispenser.

Lakukan Perawatan Kebutuhan Elektronik Secara Teratur

Membersihan dan melakukan perawatan pada kebutuhan elektronik rumah tangga adalah cara pasti untuk menjadikan rumah lebih sehat. Setiap peralatan utama di rumah akan menjadi kotor dan perlu diservis, mulai dari membersihkan kumparan kulkas, mengganti filter AC, penggantian komponen kompor, dan hal lainnya.

Penuhi kebutuhan jasa rumah Anda bersama Sejasa. Pemesanan praktis, konfirmasi pemesanan cepat, dan harga terstandarisasi. Mitra penyedia jasa telah terverifikasi dan berpengalaman. Download aplikasi Sejasa atau kunjungi website sejasa.com sekarang.

rumah sehat
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.