tips membersihkan kulkas

Tips Ampuh Membersihkan Kulkas Bagian Dalam Hingga Luar

Kulkas merupakan alat elektronik rumah tangga yang sangat penting dan vital di dapur. Tidak hanya area dapur, kulkas pun sangat penting untuk dibersihkan secara rutin. Membersihkan kulkas seringkali dianggap sulit karena noda dan sisa tumpahan makanan bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Merawat dan menjaga kebersihan kulkas sangat penting karena kulkas berfungsi sebagai tempat penyimpanan segala jenis makanan, minuman, dan berbagai bumbu masakan dapur. Dengan merawat dan menjaga kebersihan kulkas, akan menjaga kesehatan makanan serta melindunginya dari jamur atau bakteri.

Membersihkan kulkas bukan hanya mengelap bagian luar saja, namun juga bagian dalamnya yang terdiri dari beberapa bagian. Untuk itu, tim Sejasa telah merangkum tips dan trik membersihkan area dalam dan luar kulkas untuk Anda.

tips membersihkan kulkas

shutterstock

Membersihkan Kulkas Bagian Dalam

Bagian dalam kulkas terdiri dari beberapa bagian, seperti freezer, chiller atas, refrigerator, dan chiller bawah. Masing-masingnya memiliki fungsi penggunaan yang berbeda, begitu pula cara membersihkannya.

jasaservis

Membersihkan Freezer

realsimple

Freezer digunakan untuk menyimpan bahan yang membutuhkan suhu yang sangat dingin, seperti bahan makanan mentah seperti daging, ayam, ikan. Pada freezer suhu bisa mencapai 0 derajat celcius, yang mana air bisa berubah menjadi es.

Untuk pembersihan area freezer kulkas, sebaiknya dilakukan 2-3 bulan sekali.Ā  Terapkan panduan berikut untuk memaksimalkan pembersihan freezer:

  1. Matikan freezer dan kosongkan semua isinya ke bagian chiller, agar tetap dingin saat Anda bekerja membersihkan freezer.
  2. Lepaskan semua laci dan rak yang dapat dilepas, lalu cuci di wastafel. Gosok laci dan rak seperti membersihkan piring dengan sabun dan air. Sisihkan hingga kering.
  3. Gunakan larutan satu bagian cuka dan satu bagian air dalam botol semprot, semprotkan bagian dalam freezer kosong Anda, kemudian bersihkan dengan spons. Untuk noda yang membandel, biarkan larutan cuka meresap selama beberapa menit sebelum menyekanya.
  4. Keringkan bagian dalam dengan kain lap bersih, lalu ganti laci dan rak yang bersih.
  5. Kembalikan makanan pada area freezer, hidupkan kembali freezer.

Membersihkan Refrigerator dan Chiller

tips membersihkan kulkas

familyhandyman.com

Bagian refrigerator atau bagian tengah kulkas biasanya memiliki ruang yang lebih luas dibandingkan yang lain. Walaupun bagian ini luas, jangan sampai menyimpan terlalu banyak bahan makanan agar sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik, sehingga penyebaran dingin bisa merata.

Sementara itu, chiller adalah bagian kulkas yang umumnya terdapat di ruang yang sama dengan refrigerator. Chiller didesain sedemikian rupa sehingga tedapat sekat untuk memberikan kondisi temperatur lebih dingin dari refrigerator. Pada chiller biasanya ditempatkan bahan makanan segar.

Pada area refrigerator dan chiller, pertama-tama lepaskan bagian pembatas rak dan bagian laci yang dapat dilepas. Kalau ada noda sisa makanan, rendamlah dalam waktu yang cukup lama di dalam baskom berisi air hangat dan sabun pencuci piring.

Untuk laci dan rak yang tidak dapat dilepaskan, bersihkan dengan soda kue dan sedikit air.Ā  Lakukan proses pembersihan dari atas ke bawah untuk mencegah tetesan mendarat di permukaan yang sudah bersih.

Gunakan sikat gigi khusus atau tusuk gigi untuk menjangkau celah dan celah yang tidak dapat dijangkau dengan kain, seperti engsel dan perangkat keras lainnya. Lalu keringkan semuanya dengan handuk bersih.

Tips Membersihkan Noda di Dalam Kulkas

Untuk noda membandel, gunakan pembersih khusus yang dirancang untuk lemari es, pembersih antibakteri yang ramah makanan, atau bahkan larutan alami buatan sendiri.

  1. Anda dapat pembuat pembersih serba guna dengan menggabungkan bahan-bahan berikut ini dalam satu galon air panas; 1 cangkir amonia bening, 1 cup cangkir cuka, dan 1 cangkir soda kue. Lalu tuang ke dalam botol semprot, atau gunakan mangkuk dengan spons.
  2. Anda juga bisa membuat pasta dengan mencampurkan soda kue dan air hangat; atau dengan cuka putih dan larutan air hangat. Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes air lemon untuk menghilangkan bau cuka yang kuat. Soda kue yang dibiarkan terbuka di dalam kulkan akan menyerap bau makanan yang kuat.

Tips Membersihkan Bagian Luar Kulkas

shutterstock

Bagian luar kulkas juga penting untuk dijaga kebersihannya agar tetap berkilau. Cukup bersihkan dengan kain yang disemprot dengan pembersih serba guna, bersihkan pegangan pintu kulkas karena area ini banyak menimbulkan kuman. Jangan lupa menyeka bagian atas kulkas juga. Meskipun area ini jarang terlihat, debu akan menumpuk.

Cara membersihkan kulkas stainless steel sedikit berbeda. Untuk pembersihan cepat, bersihkan permukaan terlebih dahulu dengan kain mikrofiber basah, lalu dengan yang kering. Ketika kotorannya sedikit lebih membandel, gunakan beberapa tetes alkohol pada kain lembut dan gosokkan pada noda.

Trik Menjaga Kulkas Agar Selalu Bersih

buzzfeed

Membersihkan kulkas itu sebenarnya perkara mudah dan tidak ribet, jika Anda mengikuti trik sederhana berikut ini:

  1. Kurangi risiko kontaminasi makanan dengan menyimpan daging dan ikan mentah di rak bawah kulkas Anda. Hal ini dilakukan agar air dari daging atau ikan tidak menetes ke makanan yang berada di bawahnya.
  2. Pisahkan makanan matang dan mentah dengan cara yang sama yaitu meletakkannya di dalam wadah. Alangkah lebih baiknya jika menempatkan makanan mentah dan matang pada rak yang berbeda. Selain memudahkan untuk mengambilnya, ini juga baik untuk ketahanan makanan tersebut.
  3. Jangan biarkan makanan berjamur. Lakukanlah pengecekan isi kulkas setidaknya sekali seminggu agar Anda dapat mengetahui kondisi makanan yang disimpan di kulkas. Makanan berjamur tentu tidak baik untuk makanan lainnya, dan akan mendorong penyebaran kuman.
  4. Letakkan bahan-bahan segera di dalam kulkas setelah Anda menggunakannya. Sebagian besar toples makanan dan bumbu, setelah dibuka harus disimpan di kulkas, bukan di lemari makanan dapur. Pastikan untuk menutup toples makanan dengan baik dan semestinya.
  5. Bersihkan tumpahan sesegera mungkin, selagi masih segar. Ini akan membuat pembersihan dalam kulkas Anda lebih mudah danĀ  menjaga area makanan tetap higienis.

tips membersihkan kulkas

Share This Article!

2 thoughts on “Tips Ampuh Membersihkan Kulkas Bagian Dalam Hingga Luar”

Leave a Comment

Your email address will not be published.