dapur berminyak

5 Benda Ini Ampuh Mengatasi Dapur Berminyak

Ayam di penggorengan atau roti yang dipanggang di wajan bisa menimbulkan kekacauan dan menjadikan dapur berminyak. Bisa dibayangkan, apapun yang ada di sekitar kompor dan meja dapur akan menyisakan minyak. Hal ini akan sangat merepotkan Anda dalam membersihkannya.

Air saja tidak dapat menghilangkan lemak minyak. Anda membutuhkan solusi selain mengepel lantai dan mengelap permukaan kompor dan meja dapur. Noda bekas minyak malah membuatnya jadi lengket dan mengundang serangga. Namun, tidak perlu khawatir kami telah memiliki solusi untuk Anda agar bisa mengatasi area dapur yang berminyak. Simak selengkapnya yuk!

5 Solusi Atasi Dapur Berminyak

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melawan minyak membandel di dapur. Berikut adalah 5 benda yang bisa membantu Anda dalam pembersihan dapur.

Cuka

Apabila pada area kompor dan oven terdapat noda minyak yang keras dan lengket, gunakanlah cuka putih. Semprotkan cuka putih langsung ke noda yang dituju, kemudian biarkan meresap hingga 5 menit. Kandungan asam dan cuka mampu membantu melarutkan serta melembutkan bagian yang keras pada lemak makanan. Dengan begitu, noda tersebut lebih mudah digosok dan dibersihkan dengan spons lembut.

Cuka putih juga bisa digunakan untuk membersihkan panci penggorengan dan wajan yang penuh noda minyak. Cuka dapat membantu melunakkan kotoran sehingga membuatnya lebih mudah dibersihkan.

Garam dan Alkohol

Cipratan minyak mungkin akan mengenai bagian karpet atau lap kaki pada dapur serta berbagai barang bermaterial kain dan lunak lainnya. Anda bisa menggunakan garam dan alkohol. Campurkan 1 bagian garam dan empat bagian alkohol, kemudian gunakan campuran tersebut pada lap kaki sembari menggosoknya dengan kencang. Gosok hingga noda hilang. Setelah minyak perlahan hilang dan mengering, bersihkan garam yang berlebih. Gunakan kain lembab untuk menyeka bekas yang tertinggal.

Baking Soda dan Air

Baking soda merupakan solusi pembersihan paling serbaguna untuk banyak hal di rumah. Campuran baking soda dan air mampu menghilangkan berbagai noda membandel. Salah satunya noda minyak.

Soda kue mampu menghancurkan lemak minyak tanpa merusak permukaan yang dibersihkan. Campurkan 3 sendok makan baking soda dan 1 gelas air. Gunakan larutan ini bersama spons untuk menghilangkan noda minyak pada permukaan benda keras seperti kompor, meja, hingga wajan.

Sabun Pencuci Piring

Percikan minyak tidak hanya menodai area dapur, tapi juga pakaian Anda. Lantas, Anda bisa memanfaatkan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda minyak di pakaian. Semprotkan sedikit sabun cuci piring ke pakaian yang terkena noda. Biarkan sabun menyerap ke permukaan pakaian sekitar 30 menit. Kemudian cuci dengan air dingin.

Tepung

Sewaktu-waktu, Anda mungkin tidak sengaja menumpahkan minyak sehingga menodai lantai dan meja dapur. Salah satu cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan menaburkan tepung di atas tumpahan minyak. Biarkan tepung menyerap minyak selama beberapa menit. Setelah itu, Anda bisa menyeka area tersebut. Hal ini bisa diterapkan apabila minyak belum mengering.

Itulah 5 benda yang bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan dapur yang berminyak. Pastikan Anda menerapkan cara-caranya dengan tepat guna menjadikan dapur bersih dan terbebas dari noda minyak yang membandel.

Jika Anda membutuhkan bantuan jasa profesional, buat permintaan jasa Daily Cleaning pada aplikasi Sejasa. Mitra penyedia jasa terbaik akan membantu membersihkan dapur dan seluruh ruangan di rumah Anda.

dapur berminyak menjadi permasalahan kebersihan rumah yang sangat mengganggu
Share This Article!