seorang wanita batuk dan pilek

3 Titik Pijat untuk Redakan Gejala Batuk dan Pilek

Setiap orang akan jatuh sakit ketika sistem kekebalan tubuhnya terganggu dan aktivitas jadi tidak berjalan efektif. Hal ini bisa terjadi saat seseorang kurang tidur, banyak pikiran, dan tubuh menjadi lemah. Batuk dan pilek merupakan salah satu infeksi saluran napas atas yang gejalanya dikenali dari bersin. Pijat mampu meredakan batuk pilek, sebagai fungsi melengkapi proses penyembuhannya.

Pada dasarnya, memberikan pijatan pada titik tubuh tertentu dapat membantu menenangkan permasalahan. Diantaranya adalah iritasi hidung, bersin, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, sakit kepala, hingga batuk. Teknik pijat tidak menggantikan perawatan medis, namun berfungsi sebagai pelengkap untuk penyembuhan.

Penyebab Batuk dan Pilek

Batuk adalah tindakan refleks yang umum terjadi pada setiap orang. Normalnya, batuk mampu membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritasi asing. Namun, ada kondisi yang menyebabkan batuk jadi lebih sering.

Batuk bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, baik itu yang sementara maupun permanen. Penyebab batuk yang paling umum adalah infeksi saluran pernapasan, meliputi pilek dan flu. Hal ini dapat berlangsung beberapa hari hingga satu minggu.

Gejala yang dirasakan saat batuk dan pilek adalah hidung tersumbat atau berair, tenggorokan gatal, bersih-bersin, hingga suara serak. Untuk antisipasi penyembuhan, Anda bisa menerapkan pijat pada beberapa titik.

3 Titik Pijat untuk Batuk Pilek

Titik Drilling Bamboo

pijatan di area kening

Ini merupakan titik pijat yang terletak pada rongga mata, dimana alis bertemu jembatan hidung. Anda dapat memberikan tekanan lembut pada kedua sisi selama beberapa menit. Teknik pijatan di titik ini berfungsi meredakan demam, hidung tersumbat, pilek, hingga sakit pada bagian depan kepala. Tidak hanya itu, penekanan yang diberikan pada bagian ini juga bisa mengatasi rasa sakit dan kelelahan mata.

Titik Facial Beauty

pijatan pada area bawah tulang pipi Titik pemijatan ini adalah metode paling ampuh meredakan hidung tersumbat. Ini difokuskan pada area bawah tulang pipi, sejajar dengan pupil. Letakkan jari telunjuk di sebelah jari tengah di sisi hiduang dekat sudut luar setiap lubang hidung. Tekan ke atas dengan jari-jari Anda ke tulang pipi Anda. Penekanan di titik ini juga dapat membantu meredakan sakit pada mata dan nyeri sinus.

Titik Large Intestine 19 dan 20

pijat pada bagian bawah lubang hidung, antara hidung dan bibirTitik large intestine 19 berada pada bagian bawah lubang hidung, antara hidung dan bibir. Berikan penekanan pada bagian ini selama 10 detik secara perlahan.
Sedangkan titik large intestine 20 berapa pada bagian pinggir lubang hidung kiri dan kanan. Gunakan jari telunjuk Anda untuk penekanan selama 10 detik, ulangi secara berkala. Bagian ini dapat meredakan gejala batuk dan pilek.

Tiga bagian ini dapat dilakukan penekanan lembut secara rutin beberapa kali sehari. Waktu yang disarankan untuk melakukan pemijatan adalah 1 jam sebelum atau sesudah makan siang, disaat pulang kerja atau sesudah bekerja, dan sebelum tidur. Selain dengan pijatan, pastikan Anda juga mengkonsumsi obat yang disarankan dokter. Selain itu, jaga daya tahan tubuh dengan pola makan yang baik serta waktu istirahat yang cukup.

Apabila ingin merilekskan tubuh dengan pijatan, Anda bisa menemukan jasa terapis profesional di aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. Layanan body massage akan menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan relaksasi tubuh Anda.

layanan massage Sejasa dapat dipesan untuk kebutuhan pijat panggilan
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *