plafon pada ruangan yang bocor terihat berwana kuning

Tips Menemukan Sumber Kebocoran Atap Rumah

Apabila pada langit-langit rumah Anda terlihat noda air memanjang maupun menuruni dinding, maka itulah salah satu bukti kebocoran atap. Untuk melacak sumber kebocoran atap, memang cenderung sulit dibandingkan melakukan perbaikannya. Tapi jangan khawatir, artikel ini akan menunjukkan beberapa tips dan trik sederhana untuk menemukan dan memperbaiki atap bocor.

Ketika Anda mulai merasakan tanda-tanda kebocoran atap, segera perbaiki demi kenyamanan bersama. Pada dasarnya, kebocoran kecil mampu menyebabkan masalah besar seperti berkembangbiaknya jamur, kerangka atap mulai membusuk, hingga langit-langit rusak.

Menemukan Sumber Kebocoran Atap

Ikuti beberapa tips di bawah ini untuk menemukan sumber kebocoran pada atap rumah Anda:

  1. Saat mencoba melacak sumber kebocoran, Anda bisa memulainya dengan melihat bagian atap yang bernoda.
  2. Carilah rembesan pada atap, karena hal yang bisa merembes ataplah yang umumnya menjadi sumber kebocoran.
  3. Area yang berkemungkinan rembes mencakup pipa ledeng, ventilasi atap, dan hal lainnya yang terhubung melalui atap.
  4. Apabila memiliki akses dengan loteng, maka Anda bisa melacak kebocoran dengan naik ke loteng dan membawa senter untuk mencari bukti bagian yang bocor. Namun, jika tidak bisa, maka Anda harus naik ke atap dan memeriksanya.

Solusi untuk Mengatasi Kebocoran

Dalam beberapa kasus, air muncul pada titik langit-langit yang jauh dari sumber kebocoran. Mengutip dari Family Handyman, bahwa jika kebocoran sulit ditemukan, Anda bisa naik ke atap dan menggunakan selang iar untuk menyiram atap. Dengan begitu, Anda bisa tahu titik-titik bocornya.

Periksa posisi atap

Setelah tahu titik kebocoran, Anda bisa memeriksa posisi atap yang mungkin bergeser dan menyebabkan kebocoran. Cek dengan teliti, lalu geser posisi atap agar tidak merubah posisi atap lainnya dan tidak memperparah keadaan.

Ganti atap yang rusak

Sebagai bagian yang vital pada rumah terutama saat musim hujan, atap rumah mudah rusak dan rapuh. Apabila saat pengecekan ditemukan bahwa keadaan atap rapuh, maka gantilah dengan yang baru.

Pasang lapisan plastik di bawah atap

Cara ini bersifat sementara, karena seiring berjalannya waktu, plastik bisa rusak dan atap jadi kembali bocor. Anda bisa menerapkan metode pemasangan lapisan plastik di bawah atap dengan tujuan menutup celah-celah kecil pada atap. Dengan begitu, air hujan lebih sulit untuk masuk ke dalam.

Melapisi atap menggunakan cairan waterproofing

Pilihlah cairan waterproofing dengan ketahanan yang maksimal dan dapat digunakan pada permukaan atap hingga dak beton. Dalam penerapannya, lakukanlah saat cuaca sedang cerah. Ini penting agar waterproofing merekat sempurna dan mampu melindungi dari kebocoran.

Gunakan sealant untuk perbaiki bagian retak

Disaat menemukan kebocoran, mungkin Anda akan menemukan bagian yang retak pada atap. Gunakanlah sealant untuk menutupnya. Biarkan beberapa jam hingga mengering, lalu aplikasikan lagi untuk menurup area yang retak dengan sempurna.

Perbaikan dempulan

Jika atap rumah Anda sering diperbaiki, maka akan terlihat banyak dempulan. Seiring berjalannya waktu, dempulan tersebut terkikis air dan mulai muncul pori-pori halus yang memudahkan masuknya air hujan. Untuk mengatasinya, dempul ulang bangian yang sudah terkikis agar tidak terjadi rembesan.

Apabila merasa kesulitan dalam menemukan sumber kebocoran dan mengatasinya, Anda dapat menggunakan jasa pertukangan Sejasa. Kami akan membantu Anda untuk terhubung dengan tukang yang berpengalaman dalam perbaikan atap. 

Pemesanan cepat dan praktis, hanya melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. Buat permintaan jasa pertukangan sekarang!

jasa pertukangan Sejasa dapat dipesan untuk perbaikan atap bocor
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *