Jangan Keliru, Ini 6 Mitos Salah Tentang Penggunaan AC

penggunaan ac

AC kini menjadi salah satu kebutuhan elektronik rumah yang wajib dimiliki. Sebab, keberadaan AC di rumah mampu memberikan kesejukan dan kenyamanan saat beraktivitas di dalam rumah. Terutama untuk wilayah Indonesia yang memiliki musim kemarau. Dalam penggunaan AC di rumah, mungkin beberapa orang memiliki kecenderungan masing-masing, padahal belum tentu caranya benar.

Dalam penggunaan unit AC untuk ruangan di rumah, ada beberapa mitos yang mungkin dipercaya. Simak penjelasan selengkapnya agar tidak ada kesalahpahaman lagi.

Mitos yang Salah Tentang Penggunaan AC

Tidur Dengan AC yang Dinyalakan Tidak Baik untuk Kesehatan

Ada beberapa kebenaran mengenai ini, tapi jika mengatur suhu terlalu rendah. Apabila cuaca sedang panas dan membuat Anda gerah sehingga tidak nyaman, aturlah suhu AC di atas dua derajat dari suhu yang digunakan pada siang hari. Pada malam hari, suhu tubuh akan turun dan pengaturan suhu tersebut adalah pilihan yang bijak. Anda pun bisa beristirahat dengan nyaman dan sehat.

Selain itu, untuk meningkatkan efisiensi unit AC di malam hari, periksalah apakah unit AC memiliki mode atau fungsi tidur. Apabila ada, maka mode ini mampu mengurangi kecepatan angin kencang dan tidur pun jadi lebih nyenyak.

AC Membuat Anda Masuk Angin

Faktanya, AC sebenarnya dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dan mengurangi kemungkinan sakit. AC dilengkapi dengan alat filter yang mampu menangkap debu dan bulu hewan peliharaan, membantu mengurangi penyebab alergi. Selain itu, pada beberapa AC ada yang telah dilengkapi dengan filter teknologi khusus yang mampu mengurangi polutan di udara dan membunuh bakteri berbahaya yang merupakan penyebab sebagian besar infeksi pernapasan.

AC juga berperan besar dalam menjaga tingkat kelembaban yang lebih sehat. Tentu saja, Anda harus mempertimbangkan rekomendasi suhu dalam ruangan pada wilayah masing-masing saat mengoperasikan unit AC. WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia mencatat bahwa suhu dalam ruangan yang nyaman dan sehat adalah antara 18°C ​​–24°C (64°F –75°F), namun ini akan bervariasi di tempat Anda berada.

Sesuka Hati Dalam Penempatan AC 

Mitos yang satu ini bisa merugikan Anda, bahkan meningkatkan konsumsi energi listrik. Penempatan posisi unit AC dalam ruangan itu sangat penting. Anda sebaiknya menghindari untuk pemasangan unit AC:

  • Pada tempat yang mudah terkena sinar matahari langsung.
  • Pada ketinggian yang berlawanan pada dinding.
  • Pada posisi di mana aliran udara berpotensi terhalang.
  • Apabila hal tersebut diterapkan, ma kemungkinan besar unit AC akan bekerja lebih keras dan meningkatkan tagihan listrik di rumah Anda.

Menyetel Suhu Rendah Mampu Mendinginkan Ruangan Lebih Cepat

Cara ini sangat tidak ideal untuk diterapkan. Melakukannya hanya akan memberi tekanan pada AC untuk mencapai suhu dengan cepat, terutama disaat  hari terasa sangat panas. Jika suhu AC disetel terlalu rendah untuk jangka waktu yang lama, sistem akan berusaha mempertahankan suhu. Ini  berarti bahwa kompresor unit akan terus bekerja, membuang-buang energi, dan menambah tagihan. Jadi, meskipun gelombang udara dingin mungkin tampak menarik, lebih baik menurunkan suhu secara perlahan untuk menemukan tingkat kenyamanan suhu yang tepat.

Mengupgrade ke AC yang Lebih Besar Mampu Meningkatkan Kinerja

Dengan memilih unit AC yang lebih kuat daripada kebutuhan ruangan yang dikondisikan, maka akan memakan lebih banyak energi. Sebaiknya, hindari hal ini karena bisa membuat lebih boros. Hitunglah ukuran ruangan Anda , kemudian disesuaikan untuk pemilihan unit AC agar bisa lebih efisien mendinginkan ruangan.

Fan Mode atau Mode Kipas Bisa Mendinginkan Ruangan

Mode kipas tidak membantu menjaga ruangan tetap dingin. Adanya kipas mampu memberikan efek angin dingin yang bertiup kepada objek yang ada di dalam ruangan. Angin yang dirasakan pun memindahkan panas dari tubuh ke udara, namun tidak mempengaruhi suhu udara ruangan.

Dengan penjelasan di atas, maka Anda bisa menggunakan unit AC lebih bijak dan benar. Pendinginan ruangan pun jadi lebih efisien dan menghemat tagihan setiap bulannya. Semoga membantu!Apabila unit AC Anda butuh perawatan seperti cuci AC, isi freon, penggantian spare part, dan lainnya segera panggil teknisi Sejasa. Layanan Service AC Sejasa siap membantu mengatasi segala permasalahan pada AC. Pesan melalui aplikasi Sejasa atau sejasa.com.

penggunaan ac
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.