Cara Praktis Decluttering atau Sortir Barang untuk 6 Ruangan Rumah

decluttering

Anda sedang ingin decluttering atau menyortir barang di rumah agar terlihat rapi? Mulailah dengan melakukannya secara bertahap. Pada awalnya, buatlah daftar barang yang harus disortir dengan memprioritaskan area yang sering berantakan di rumah Anda. Fokuslah pada satu ruangan atau bahkan satu zona ruangan di suatu waktu. Pada artikel ini, tim Sejasa akan membahas cara praktis yang memudahkan proses menyortiran barang di rumah.

Sebelum mulai menyortir barang, sebaiknya Anda menyediakan wadah dengan beberapa tujuan berikut:

  • Barang yang Disingkirkan
    Merupakan barang-barang yang harus keluar dari ruang atau lemari penyimpanan tertentu karena tidak digunakan lagi atau tidak relevan.
  • Barang yang Butuh Diperbaiki
    Merupakan barang yang membutuhkan proses untuk dapat disimpan kembali, misalnya kemeja dengan kancing yang hilang.
  • Barang untuk Didaur Ulang
    Merupakan barang-barang seperti botol plastik, kaca, dan lainnya yang bisa didaur ulang.
  • Barang yang Merupakan Sampah
    Barang-barang yang memang tidak dipakai dan tidak berfungsi lagi, sehingga harus dibuang di tempat sampah rumah tangga.
  • Barang untuk Didonasikan
    Merupakan barang-barang yang tidak diinginkan lagi, namun masih dalam kondisi yang baik sehingga dapat disumbangkan ke organisasi amal atau yang membutuhkan.

Kamar Mandi

decluttering

Anda bisa memulai menyortir lemari atau rak di kamar mandi. Keluarkan semuanya, cek kadaluarsa dan kualitas setiap barang yang Anda miliki, kemudian buang yang sudah tidak dapat digunakan. Setelah itu, letakkan semua barang kembali ke dalam lemari atau rak. Simpan barang yang paling sering Anda gunakan dan tata sesuai prioritas kebutuhan.

Berpindah ke laci kabinet yang umumnya menjadi tempat penyimpanan stok barang seperti handuk, sikat gigi, pasta gigi, sabun, sampo, obat kumur, dan lainnya. Cek kembali dan sortir mana yang masih dibutuhkan dan mana yang tidak perlu. Masukkan kembali barang-barang, dengan yang paling sering digunakan yang berada di laci paling atas.

Kemudian beralih ke area shower atau bathub. Ambil semuanya, kemudian bersikan dan rapikan barang-barang yang ada. Terakhir, buang seluruh barang-barang yang tidak berguna itu ke tempat sampah.

Kamar Tidur

Mulailah dengan membereskan tempat tidur. Kemudian beralih ke area meja belajar atau meja kerja. Sortir apapun yang ada di meja, mulai dari buku yang sudah selesai dibaca, pulpen dan kertas, hingga surat. Buanglah atau daur ulang apapun yang tidak lagi digunakan seperti pulpen yang sudah mengering, kotak tisu kosong.

Lakukan hal yang sama pada permukaan meja rias Anda. Cek kembali pakaian, aksesoris, hingga make-up atau skincare yang mungkin belum ditutup rapat wadahnya. Apapun yang perli dilipat, kembali lipat atau gantung di lemari.

Cek setiap laci yang ada di kamar, keluarkan semuanya. Sortir apapun yang ada sesuai dengan keadaannya. Untuk jangka panjang demi membiasakan kerapian barang, sebaiknya tahan keinginan untuk memasukkan setiap barang langsung ke dalam laci. Sebagai gantinya, taruhlah segala hal yang tidak berguna di tempat sampah. Selain itu, kembalikan setiap barang ke tempat yang semestinya. Lipat atau gantung dan simpan setiap pakaian Anda.

Lemari dan Segala Pakaian

decluttering

Saatnya berpindah ke lemari pakaian. Untuk permulaan, sortirlah pakaian yang Anda miliki berdasarkan jenisnya. Seperti sepatu, kaus kaki, dress, kemeja, dan lainnya. Kemudian mulailah dengan mengeluarkan berbagai jenis pakaian yang Anda miliki, dan putuskan mana yang akan disingkirkan dan disimpan.

Setelah melakukan menyortiran untuk setiap jenis pakaian, beralihlah ke empat hal berikut:

  • Singkirkan apapun yang berada tidak pada tempat semestinya.
    Contoh: Jika memiliki sepasang kaus kaki di dalam lemari baju, pindahkan ke laci khusus.
  • Masukkan cucian kotot ke dalam keranjang atau bawa ke ruang cuci.
  • Apapun yang perlu diperbaiki, segera pergi ke penjahit
  • Apabila ingin menyingkirkan pakaian tertentu, bawa ke pusat donasi atau pusat amal.

Dapur

Menjaga dapur agar terbebas dari kekacauan akan menjadi tantangan besar. Ini disebabkan oleh banyak aktivitas berbeda terjadi di dapur, mulai dari memasak, makan, hingga bercengkrama bersama anggota keluarga lainnya.

Mulailah dengan berfokus pada satu kategori barang di satu waktu. Misalnya talenan, barang kecah belah, perkakas, atau alat pembuat roti. Awalnya, kosongkan setiap ruang yang ingin dibersihkan. Cek setiap kualitas barang-barang, dan kembalikan ke tempat semula. Lalu pindahlan ke lemari bawah, laci, dan ruang di bawah wastafel dapur.

Lalu, fokuslah pada area penyimpanan kebutuhan dapur. Pindahkan sebanyak mungkin barang dari meja ke ruang penyimpanan. Letakkan apapun yang hanya akan digunakan setiap hari di atas meja dapur. Terakhir, kembalikan segala barang yang bukan milik dapur ke ruang penyimpanan yang seharusnya ada di tempat lain di rumah.

Ruang Tamu

Ruangan yang satu ini menjadi ruang yang paling sulit untuk terlihat rapi setiap harinya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kegiatan yang dilakukan bersama keluarga, seperti nonton tv, bermain konsol, menikmati cemilan, dan hal lainnya.

Untuk ruangan ini, pastikan Anda menentukan ruang penyimpanan permanen untuk barang-barang yang biasa digunakan, seperti remote control, selimut, majalah dan buku. Rapikan semuanya secara teratur. Singkirkan kekacauan seperti kertas yang menumpuk, bantal yang tidak pada tempatnya, hingga gelas atau piring bekas santapan.

Beralih ke keperluan elektronik. Pastikan untuk mematikan TV dan mencabut colokan listrik yang terhubung pada konsol game ketika sudah selesai digunakan. Apabila memiliki anak, Anda pun harus merapikan mainan tersebut. Apabila dirasa tidak berfungsi atau tidak dipakai lagi, simpan dan singkirkan mainan tersebut.

Pintu Masuk, Ruang Tengah, dan Foyer

foyer area

Tidak peduli seberapa kecil, cara terbaik untuk menciptakan pintu masuk yang fungsional adalah dengan membuatnya lebih teratur. Anda bisa memulai decluttering area ini dengan memeriksan laci dan menyortir isinya. Cek juga bagian atas setiap meja dan rapikan sepatu hingga jaket yang ada di lemari yang terletak di antara pintu masuk dan ruangan tengah.

Itulah 6 cara decluttering yang praktis dan mudah diterapkan di rumah. Pastikan Anda menerapkannya agar rumah jadi lebih rapi dan nyaman. Kunjungi sejasa.com atau Aplikasi Sejasa untuk kemudahan dalam menemukan jasa terbaik seperti jasa daily cleaning

decluttering
Share This Article!