Ini Tips dan Trik Deep Cleaning Seluruh Area Rumah

deep cleaning

Rumah yang sangat bersih dan tertata rapi bisa diwujudkan dengan rutin melakukan deep cleaning. Sekilas, melakukan pembersihan area rumah secara keseluruhan akan terasa melelahkan dan membuat Anda kewalahan. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya untuk memecah proses bersih-bersih menjadi beberapa tugas yang kecil sehingga mudah dilakukan.

Dengan adanya panduan deep cleaning, Anda dapat memulai bersih-bersih dengan lebih ringkas dan efektif. Simak informasi selengkapnya yuk!

Tips dan Trik Deep Cleaning Rumah

Awali Dengan Declutter

Declutter merupakan langkah awal yang sangat bermanfaat dalam proses bersih-bersih. Lakukan pengecekan segala barang-barang yang Anda miliki. Jika ada barang yang dirasa tidak dipakai, maka kemudian singkirkan atau letakkan pada satu tempat khusus seperti kotak. Simpan dengan baik di tempat yang aman. Ini akan sangat mempermudah Anda dalam bersih-bersih ruangan di rumah.

Mulai dari Area yang Tinggi ke Rendah

Lakukan pembersihan segala permukaan yang besar, tinggi, dan sulit dijangkau terlebih dahulu. Seperti langit-langit atau plafon, perlengkapan lampu, dinding, dan tiang. Anda dapat menggunakan pel mikrofiber atau kemoceng dengan pegangan yang panjang. Apabila rumah Anda bertingkat, maka mulailah pembersihan dari lantai atas ke lantai dasar.

Membersihkan Jendela

Awalnya, bersihkan kusen jendela menyeluruh. Kemudian, semprotkan cairan pembersih kaca dari atas ke bawah. Biarkan cairan pembersih bekerja beberapa saat, dan bersihkan dengan lap microfiber. Sebaiknya, Anda menyeka permukaan kaca satu arah pada bagian dalam dan arah lainnya untuk jendela bagian luar.

Membersihkan Gorden atau Tirai Jendela

Apabila merasa sulit dan ribet jika menurunkan tirai, Anda bisa menggunakan sikat tipis untuk menyeka permukaan tirai. Atau jika dirasa tirai sangat kotor, sebaiknya cuci dan gunakan mesin pengering agar lebih efektif.

Membersihkan Debu

Menghilangkan debu dari semua permukaan keras di rumah sangat penting dilakukan. Apalagi kalau di rumah Anda terdapat banyak rak dan furnitur bermaterial kayu. Untuk melakukan pembersihan yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan kaus kaki katun bersih pada tangan dan mengelap permukaan debu. Gunakan tangan lainnya untuk menyingkirkan benda-benda yang berada di sekitarnya.

Membersihkan Lantai

Agar dapat melakukan pembersihan lantai dengan benar dan efisien, pindahkanlah furnitur terlebih dahulu. Kemudian, mulai membersihkan lantai dengan vacuum cleaner.
Jika permukaan lantai di rumah Anda cukup keras, bersihkan dengan kain pel mikrofiber dan pembersih yang sesuai. Apabila Anda menggunakan karpet sehari-harinya, bersihkan karpet dengan bantuan jasa pembersih profesional.

Membersihkan Dapur

Dapur menjadi area yang sangat vital di rumah, sehingga menjaga kebersihannya sangat penting. Apabila dapur lembap dan dipenuhi banyak kuman, bisa membuat Anda dan keluarga lebih mudah terserang penyakit. Seperti yang kita tahu, bahwa dapur adalah tempat pengolahan makanan yang dimakan sehari-harinya.

Anda bisa membersihkan dapur sebelum dan sesudah memasak dengan efektif. Untuk meja dapur dan dinding dapur, gunakanlah pemutih. Campurkan 15ml pemutih dengan satu liter air. Dengan begitu, permukaan dapur jadi bersih. Perlu dicatat, hindari penggunaan pemutih untuk membersihkan pelatan makan dan peralatan dapur.

Membersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi sangat berisiko bagi kesehatan apabila jarang dibersihkan secara menyeluruh. Sebagai area yang sering digunakan, kamar mandi sangat lembap sehingga sangat mudah bagi kuman, virus dan bakteri untuk berada di sekitarnya.
Pastikan Anda rutin melakukan disinfeksi atau deep cleaning pada kamar mandi dengan cara:

  • Membiasakan diri untuk membersihkan kamar mandi setiap hari atau dua hari sekali.
  • Gunakan pemutih untuk menyingkirkan kuman, bakteri yang berpotensi berdampak buruk bagi kesehatan.
  • Dinding dan lantai kamar mandi harus dibersihkan dengan cairan amonia, setidaknya dua minggu sekali.
  • Bersihkan lantai atau ubin kamar mandi setiap hari. Ini penting harena ada banyak hal yang jatuh ke lantai kamar mandi, mulai dari yang licin hingga yang kasar. Apalagi, jika ada banyak orang yang menggunakan satu kamar mandi yang sama. Kuman dan bakteri akan berada di permukaan lantai tersebut.

Gunakan Jasa Pembersih Profesional Sejasa

Disaat rumah Anda butuh pembersihan secara menyeluruh, mungkin Anda tidak sanggup melakukannya sendiri. Dibutuhkan jasa profesional untuk datang dan membantu bersih-bersih rumah.

Anda dapat menggunakan layanan Daily Cleaning Sejasa sebagai solusinya. Penyedia jasa profesional Sejasa akan melakukan pembersihan menyeluruh di rumah Anda. Dengan begitu, rumah jadi lebih bersih dan tertata rapi. Nikmati kemudahan mendapatkan layanan bersih-bersih terbaik melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com.

deep cleaning
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *