Ini 6 Area yang Sering Terlupakan Saat Bersih-bersih Rumah

bersih-bersih rumah

Bersih-bersih rumah tidak hanya seputar menyapu dan mengepel lantai, membersihkan kamar mandi. Ada beberapa hal yang seringkali terlupakan untuk dibersihkan. Pada dasarnya, debu dan kotoran akan menempel pada berbagai perabotan di rumah. Hal ini mengharuskan penghuni rumah untuk rutin melakukan pembersihan pada perabotan dan beberapa area rumah lainnya. Apa saja area yang sering terlupakan untuk dibersihkan itu? 

6 Area yang Sering Terlupakan Saat Membersihkan Rumah

Disaat debu dan kotoran beterbangan ke udara, ada banyak partikel yang bisa memicu munculnya penyakit seperti alergi dan asma. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pastikan Anda membersihkan area-area yang cukup tersembunyi ini.

Bagian Bawah Kasur dan Sofa

Bagian bawah kasur dan sofa sering terlupakan untuk dibersihkan karena dianggap tidak kotor. Padahal, bagian yang cenderung tidak terlihat ini dapat menjadi tempat favorit bagi debu, kecoa, tungau, dan parasit lainnya. Demi kebersihan dan kenyamanan rumah, jangan malas untuk membersihkan bagian bawah kasur dan sofa.

Bagian Atas Lemari

bersih-bersih rumah

Lemari yang cenderung tinggi seperti lemari pakaian dan lemari yang ada di ruang keluarga mungkin bagian atasnya jarang dibersihkan. Selain karena sulit menjangkaunya, Anda juga menjadi malas karena area ini tidak terlihat. Meskipun begitu, penting untuk membersihkannya secara rutin agar bagian atas lemari tidak menjadi sarang binatang. 

Kusen Pintu dan Jendela

Kusen pintu dan jendela sering diabaikan saat aktivitas bersih-bersih rumah. Umumnya, bagian kusen pintu dan jendela akan dipenuhi debu dan kotoran yang akan memicu datangnya rayap. Agar bagian ini tidak rusak, maka pastikan Anda membersihkannya menggunakan lap basah secara rutin.

Bagian Bawah Karpet

Apabila Anda cenderung menggunakan karpet di ruangan tertentu di rumah, rutinlah membersihkannya. Tidak hanya permukaan karpet, tapi juga bagian bawahnya. Apabila karpet jarang diangkat, debu akan menumpuk pada bagian bawahnya. Pastikan Anda tidak melupakan bagian ini ya.

Bagian Dalam Lemari dan Laci

Lemari merupakan perabotan yang digunakan untuk penyimpanan peralatan dan benda-benda berharga. Meskipun begitu, faktanya bagian dalam lemari dan laci tetap perlu dibersihkan karena seiring berjalannya waktu area ini akan berdebu.

Oleh karena itu, sebaiknya saat menata ulang barang di lemari Anda sekaligus melakukan pembersihkan pada permukaan lemari dan laci. Gunakan kain lap untuk membersihkan bagian dalam lemari Anda secara menyeluruh.

Langit-langit di Setiap Ruangan

Sarang laba-laba dan debu merupakan dua hal yang sering hinggap di langit-langit rumah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dyson pada tahun 2021, bagian langit-langit rumah menjadi tempat yang sering dilewati saat membersihkan rumah. Untuk itu, pastikan area yang satu ini masuk ke dalam daftar bersih-bersih rumah Anda. 

Dalam upaya membersihkannya, Anda bisa menggunakan penyedot debu, sikat yang panjang, atau dengan kuas lembut. Pastikan untuk menjangkau sela-sela langit setiap ruangan secara menyeluruh.

Itulah 6 area tersembunyi yang sering dilupakan dalam bersih-bersih rumah. Pastikan Anda tidak lagi mengabaikan hal ini, karena jika dibiarkan begitu saja akan ada tumpukan noda dan kuman yang akan menjadi sarang penyakit. Tidak ingin anggota keluarga malah terserang penyakit, bukan? Sebaiknya, Anda membuat daftar kegiatan bersih-bersih rumah secara detail agar rumah jadi bersih maksimal.

Apabila Anda tidak punya waktu untuk bersih-bersih rumah, maka bisa memesan layanan Daily Cleaning Sejasa. Kami akan menghubungkan Anda dengan penyedia jasa terbaik dan berpengalaman dalam bidang cleaning. Konfirmasi pemesanan cepat dan tersedia pembayaran melalui OVO. Pesan layanan Daily Cleaning sekarang melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. Tersedia pula paket cleaning untuk wujudkan rumah yang makin bersih dan lebih hemat!

bersih-bersih rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.