AC Inverter dan Non Inverter, Apa Bedanya dan Mana yang Lebih Baik?

ac inverter

Penggunaan AC sebagai alat elektronik pendingin ruangan kini semakin banyak diterapkan oleh orang di Indonesia. Seperti yang sama-sama kita ketahui, Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki musim kemarau. Untuk melawan hawa panas, pemakaian AC adalah solusi terbaik demi kenyamanan. Ada dua jenis AC yang dapat dipilih untuk mendinginkan ruangan, yaitu AC inverter dan non inverter. 

Sebelum memilih di antara keduanya, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan kedua jenis tersebut. Ini penting agar nantinya Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keadaan ruangan.

AC Inverter

AC inverter adalah unit AC yang menggunakan teknologi inverter listrik. Dengan teknologi ini, mampu menurunkan kecepatan kompresornya setelah suhu ruangan mencapai suhu yang disetel pada termostat. Selain itu, unit AC lebih stabil dan paling cepat dalam mendinginkan ruangan.

Apabila dilihat dari harga, AC inverter terbilang lebih mahal sekitar 20 persen dibandingkan AC biasa. Untuk hal konsumsi energi yang berkaitan dengan tagihan listrik, tergantung pada seberapa sering AC digunakan dan intensitas perawatannya.

Dalam hal perawatan, AC inverter memerlukan perawatan pribadi yang bisa Anda lakukan sendiri serta perawatan dari jasa profesional. Untuk perawatan pribadi, Anda dapat membersihkan komponen internal dan mencuci filter AC setiap dua minggu sekali atau tergantung frekuensi pemakaian. Sedangkan untuk service dengan jasa profesional, Anda bisa melakukannya setiap enam bulan sekali.

AC Non-Inverter

AC non-inverter menggunakan teknologi kompresor yang hanya menggunakan sedikit daya listrik. Maka dari itu, AC ini disebut juga dengan AC low watt. Dalam penggunaannya, unit AC ini akan tetap pada satu kecepatan konstan dalam mendinginkan ruangan, bahkan ketika ruangan yang didinginkan telah mencapai suhu yang disetel.

Unit AC low watt ini cocok bagi Anda yang menginginkan ruangan dingin, namun hanya memiliki daya listrik 900 watt. Pada umumnya, AC ini lebih tepat digunakan untuk properti seperti rumah dengan daya listrik yang rendah. Perihal konsumsi energi, ini tergantung pada frekuensi dan intensitas unit Ac dinyalakan.

Sama dengan AC inverter, perawatan AC non-inverter juga mencakup secara pribadi dan menggunakan jasa profesional. Mulai dari pembersihan unit indoor dan outdoor, serta perbaikan dan pergantian komponen jika dibutuhkan.

Lantas, mana yang sebaiknya dipilih?

Pada dasarnya, AC dengan tipe inverter merupakan pembaharuan dari unit AC biasa yang menjanjikan pendinginan ruangan dengan konsumsi energi lebih rendah. Penggunaan tipe inverter tidak disarankan untuk area yang sangat luas, karena nantinya akan memakan waktu untuk mendinginkan ruangan secara menyeluruh.

AC non-inverter akan tetap memiliki fungsi yang sama untuk mendinginkan ruangan, bahkan melewati suhu yang disetel. Ini dikarenakan kompresornya bekerja pada kecepatan yang sama meskipun sudah mencapai suhu yang disetel.

Dengan perbedaan teknologi tersebut, Anda bisa menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan kecocokan dengan ruangan di rumah. Selain itu, pastikan Anda menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki.

Apabila membutuhkan jasa pemasangan AC, Anda dapat memanggil teknisi Sejasa. Kami siap membantu melakukan pemasangan unit AC di rumah Anda. Tidak hanya itu, tersedia juga jasa service AC seperti layanan cuci AC, isi freon, tambah freon, bongkar pasang AC, vacuum, flushing, dan layanan perbaikan AC lainnya. 

Buat permintaan jasa hanya melalui website sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Tersedia garansi hingga 30 hari. Dikerjakan oleh teknisi profesional dan terverifikasi.

ac inverter

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.