Jadwal Membersihkan Rumah Setiap Hari Minggu

jadwal membersihkan rumah

Tidak semua orang punya waktu untuk membersihkan rumah setiap hari. Disela-sela padatnya aktivitas, mereka akan lebih mengutamakan beristirahat ketika pulang bekerja. Dengan begitu, kegiatan bersih-bersih rumah mungkin akan dilakukan di akhir pekan seperti di hari Minggu. Apakah Anda salah satu di antaranya? Jika iya, maka Anda bisa menyimak artikel ini hingga habis untuk tahu jadwal membersihkan rumah selengkapnya.

Jadwal Membersihkan Rumah di Hari Minggu

Mulai dengan Mencuci Pakaian

Kumpulkan semua pakaian yang akan dicuci, termasuk sprei. Pastikan Anda memisahkannya menjadi beberapa bagian atau berdasarkan warnanya. Masukkan detergen dan atur putaran mesin cuci Anda. Jika Anda pakaian lain yang harus direndam saja, maka rendam dengan menggunakan ember atau baskom.

Menyapu Lantai

Sembari mesin cuci bekerja, Anda dapat berpindah ke area tempat tidur. Rapikan tempat tidur, bantal, serta lipat selimut. Jika meja rias atau meja kerja Anda terlihat berantakan, maka beri sedikit waktu untuk merapikannya agar lebih tertata dan enak dipandang.

Setelah itu, beralih ke lantai. Sapu lantai kamar dan seluruh ruangan kamar. Pastikan tidak ada debu atau kotoran lagi yang menempel di permukaan lantai ruangan Anda.

Bersihkan Permukaan Kaca

Gunakan kemoceng untuk membersihkan permukaan kaca dari tumpukan debu. Kemudian, gunakan cairan pembersih kaca untuk membersihkan cermin, permukaan meja kaca, pintu kaca, pintu shower, dan jendela kaca.

Bersihkan Permukaan Benda di Kamar Mandi dan Dapur

Selanjutnya, bersihkan setiap permukaan wastafel pada kamar mandi, keran, meja dapur, dan permukaan keras lainnya dengan lap bersih.

Membersihkan Kamar Mandi

Bersihkan toilet dan kamar mandi secara menyeluruh dengan cairan pembersih dan sikat. Mulai dari kran pancuran, bak mandi, tepian bak mandi, lantai, hingga dinding kamar mandi.

Membersihkan Dapur

jadwal membersihkan rumah

Sebagai hari di penghujung pekan, Minggu adalah hari yang tepat untuk membersihkan kulkas. Buang makanan yang sudah lama dan kadaluarsa, bersihkan tumpahan serta kotoran pada permukaan rak kulkas, dan tata kembali bahan makanan yang ada di kulkas. Pastikan untuk membersihkan bagian dalam dan luar kulkas secara menyeluruh. Selain itu, bersihkan bak cuci piring dan gosok menyeluruh. Rapikan alat makan dan wajan penggorengan yang kiranya tidak berada pada tempatnya. Selain itu, bersihkan pula area kompor serta microwave.

Pel Lantai

Jika dirasa perlu, Anda dapat mengepel lantai agar terlihat makin bersih dan kinclong. Dengan begitu, kebersihan rumah jadi lebih maksimal.

Jemur Cucian

Setelah rumah bersih, saatnya menjemur cucian yang tadi telah dicuci. Beberapa jam kemudian setelah pakaian kering, Anda bisa melipat dengan rapi dan menaruhnya di lemari atau keranjang pakaian. Setelah itu, Anda bisa menikmati sisa akhir pekan dengan bebas tanpa mengkhawatirkan kebersihan rumah lagi.

Pentingnya Membersihkan Rumah

jadwal membersihkan rumah

Kebersihan rumah akan memberi rasa nyaman dan tenang bagi pemiliknya. Sekilas, membersihkan rumah terlihat sepele. Namun sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan apabila membersihkan rumah secara detail dan rutin.

Udara lebih sejuk dan bersih

Membersihkan setiap sudut rumah dari debu, kotoran, dan noda lain mampu mendinginkan udara yang ada di dalam rumah. Dengan begitu, sirkulasi udara berjalan lebih lancar.

Mencegah penyebaran penyakit

Rumah yang bersih akan membuat penghuninya terhindar dari penyakit yang membahayakan kesehatan.

Mencegah keberadaan hewan seperti tikus dan serangga 

Tikus dan serangga akan senang berada di area yang kotor. Jika rutin membersihkan rumah, terutama area dapur dan kamar mandi, maka bisa mencegah keberadaan hewan nakal tersebut.

Mengurangi stres

Kondisi rumah yang bersih dan rapi akan membuat penghuninya lebih tenang dan rileks.

Mengurangi risiko alergi dan asma

Tungau dan debu bisa menimbulkan alergi dan asma. Dengan rajin membersihkan area tempat tidur, bantal, sofa, hingga karpet, Anda akan jauh dari risiko alergi dan asma.

Itulah jadwal membersihkan rumah hari Minggu yang bisa jadi referensi untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pandangan bagi Anda untuk peduli dengan kebersihan rumah. Apabila merasa tidak sempat untuk bersih-bersih rumah, Anda tidak perlu memaksakan diri. 

Melalui aplikasi Sejasa dan website sejasa.com, Anda dapat memanggil penyedia jasa bersih rumah yang profesional untuk membersihkan rumah Anda. Pemesanan cepat dan sangat praktis. Tunggu apa lagi? Pesan Daily Cleaning Sejasa sekarang.

jadwal membersihkan rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.