pembersihan kulkas dan microwave

Seberapa Sering Harus Membersihkan Peralatan Rumah Tangga?

Setiap harinya, Anda menggunakan berbagai peralatan rumah tangga. Baik itu sebagai alat penyimpanan, maupun alat yang memudahkan proses memasak. Semuanya harus dibersihkan secara teratur untuk menghilangkan bakteri dan kotoran yang menumpuk pada permukaannya. Apa saja alat-alatnya dan seberapa sering harus membersihkan peralatan rumah tangga?

Membersihkan Kulkas: Setiap 3 Bulan

Apabila ada tumpahan di dalam kulkas, segera bersihkan dengan lap atau tisu. Ini penting agar permukaan bagian dalam kulkas lebih higienis dan terbebas dari bakteri. Selain itu, setidaknya satu minggu sekali luangkanlah waktu untuk beberapa menit memeriksa makanan yang perlu dibuang. Hal ini penting untuk mencegah tumbuhnya jamur di dalam kulkas.

Setiap 3 bulan, kosongkan kulkas sepenuhnya.

  • Buanglah apapun yang sudah kadaluarsa dan dirasa tidak bisa dikonsumsi lagi.
    Untuk pembersihan, gunakan campuran larutan satu sendok teh sabun cuci piring dan satu liter air hangat. Kemudian, gunakan spons bersih atau kain mikrofiber untuk menyeka bagian dalam kulkas. Perhatikan area yang sebelumnya terkena tumpahan dengan detail. Lalu, bersihkan permukaan dengan kain kering yang bersih.
  • Untuk pembersihan rak kulkas, lakukan dengan detergen dan larutan air panas yang sama.
    Bilaslah hingga bersih, kemudian keringkan sepenuhnya sebelum dimasukkan kembali ke dalam lemari es. Selain itu, tambahkan kotak soda kue yang baru dibuka untuk menyerap bau.
  • Pada bagian kompartemen pembeku, jika bagian tersebut dapat mencair sendiri, maka ikutilah langkah pembersihan yang sama. Untuk freezer yang berisi es, ikuti rekomendasi pabrikan untuk cara pencairan dan pembersihan.
  • Setelah bagian dalam kulkas bersih, cabut steker kulkas dan vakum bagian belakang dan bawahnya.
    Kalau butuh bantuan dalam proses pembersihan kulkas, Anda bisa pesan jasa pembersihan kulkas Sejasa.

Membersihkan Kompor: Setiap Setelah Memasak 

Menjaga kebersihan tungku kompor gas sangat penting. Terutama, untuk Anda yang menggunakan kompor untuk memasak setiap harinya. Dengan kompor yang bersih, kegiatan memasak jadi menyenangkan dan higienis.

Percikan, tumpahan makanan, hingga noda bisa terbakar pada tungku kompor gas, sehingga akan sulit dihilangkan apabila jarang dibersihkan. Ikuti langka-langkah pembersihannya di bawah ini:

  • Gunakan campuran pasta dengan perbandingan 3 soda kue dan satu bagian air.
  • Lapisi tungku kompor dengan campuran tersebut, kemudian sisihkan selama 20 menit.
  • Bilas dengan air biasa, lalu bersihkan kembali secara menyeluruh dengan kain lembut.

Membersihkan Tempat Pembuangan Washtafel: Setiap Dua Minggu Sekali

Area pembuangan sampah tidak hanya berupa tempat sampah kering, tapi termasuk bagian pembuangan yang mengalir seperti di washtafel dapur. Untuk melakukan pembersihan washatafel, gunakan 1/2 cangkir soda kue dan 1/2 cangkir cuka yang akan menghasilkan busa. Gunakan penyumbat washtafel untuk membiarkan bisa di dalamnya. Apabila tidak terdengar lagi suara mendesis, siram dengan air hangat.

Membersihkan Oven: Setiap Sebulan Sekali

Oven harus dibersihkan secara musiman, setidaknya sebulan sekali apabila Anda rutin menggunakannya. Ada beberapa oven yang bisa membersihkan sendiri, pastikan Anda mengecek petunjuknya.

Untuk oven biasa yang tidak terlalu kotor, gunakanlah pasta yang terbuat dari soda kue dan air. Sedangkan untuk kotoran pada area pemanggangan, gunakan pembersih oven komersial dan ikuti petunjuknya.

Membersihkan Microvawe: Setiap Minggu

Tumpahan atau noda menumpuk pada permukaan benda apapun harus segera dibersihkan. Sama halnya dengan penggunaan microwave. Memang terlihat berat dilakukan, namun pembersihan microwave setelah setiap kali digunakan bisa mengurangi pembersihan mendalam di masa mendatang.

Apabila merasa sulit untuk membersihkannya setiap kali digunakan, setidaknya cobalah untuk membersihkannya satu hingga dua kali dalam setiap minggu. Minyak dan kotoran bisa menumpuk dengan cepat di dalam microwave saat tumpahan makanan tidak dibersihkan.

Untuk membersihkan microwave, cobalah ikuti langkah-langkah berikut:

  • Gunakan bahan-bahan alami seperti air lemon, cuka, dan soda kue.
    Anda bisa membuat campuran pembersih yang terdiri dari irisan satu lemon dan 1 cangkir air yang dimasukkan ke dalam mangkuk tahan microwave.
  • Masukkan campuran tersebut ke dalam microwave, atur kontrol pada mode high sehingga air mendidih cukup lama hingga menghasilkan uap di dalam microwave. Biarkan uap bekerja hingga lima menit. Setelah itu, buka microwave dan keluarkan mangkuk berisi air dan irisan lemon.

Untuk pembersihan kotoran di dalam microwave, berikut cara-caranya:

  • Ggunakan spons basah atau kain microfiber yang telah dicelupkan ke larutan air lemon.
  • Seka bagian samping, atas, dan bawah pada area dalam microwave.
  • Pada bagian meja putar microwave, buat campuran dari beberapa tetes sabun pencuci piring dan air hangat.
  • Kemudian gunakan spons untuk membersihkan kotoran makanan dan bilas hingga bersih.
  • Terakhir, bersihkan bagian dalam pintu microwave dengan campuran sabun pencuci piring dan air panas. Celupkan spons ke dalam larutan tersebut dan bersihkan pintu. Bilas dan lap lagi hingga sisa sabun hilang.

Itulah informasi mengenai waktu yang tepat untuk melakukan pembersihan berbagai peralatan rumah tangga. Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk bersih-bersih rumah, langsung buka Aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. Pilih jasa Daily Cleaning dan isi formnya sesuai kebutuhan Anda. Harga terstandarisasi dan pemesanan praktis!

daily cleaning Sejasa dapat membantu membersihkan peralatan rumah tangga
Share This Article!