desain ruang tamu

Cara Mengatur Ruang Tamu Berdasarkan 5 Love Languange

Love languange memainkan peran besar dalam hal bagaimana Anda berinteraksi dengan segala hal di sekitar. Baik itu dari sisi preferensi, cara terhubung, dengan orang lain, dan hal lainnya. Jika menyangkut hal desain rumah, maka desain ruang tamu merupakan yang paling penting. Seperti yang kita tahu, ruang tamu merupakan ruangan pertama yang akan dilihat oleh tamu.

Pada ruang tamu, Anda kan menjalin komunikasi dan berinteraksi dengan tamu maupun anggota keluarga lainnya. Pada artikel ini, kami telah merangkup tips mendesain ruang tamu berdasarkan love languange. Penasaran? Simak infonya di bawah ini.

Quality Time: Atur Furnitur untuk Ruang Bersosialiasi

Quality time merupakan love languange yang bermakna seseorang senang untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama kesayangannya. Tentu akan sangat menyenangkan apabila bisa quality time di rumah, terutama di ruang tamu yang nyaman.

Sebagai tipe orang dengan love languange ini, Anda tentu akan senang apabila bisa menciptakan ruang yang sengaja ditata dengan baik untuk berkumpul dan menghabiskan waktu dengan orang terdekat. Berkumpul dan berinteraksi itu penting bagi tipe ini, sehingga memiliki dekorasi yang menarik juga perlu diwujudkan.

Sebaiknya, Anda menata ruang tamu yang terbuka, sehingga bisa menampung banyak orang. Aturlah furnitur menghadap ke dalam, agar bisa menciptakan kesan ‘melingkar’ ke ruangan. Dengan melakukan hal ini, bisa mengundang adanya percakapan ke seluruh orang yang ada di ruangan. Semuanya jadi merasa dilibatkan dan secara alami mereka akan merasa adanya keterbukaan dan kenyamanan.

Act of Service : Buat Suasana Seperti di Hotel

Jika love languange Anda adalah act of service, maka Anda senang memberikan dan melakukan sesuatu untuk orang tersayang. Hal ini akan terlihat jelas saat seseorang masuk ke rumah Anda dengan adanya rak sepatu, gantungan jaket atau mantel, hingga isyarat untuk mengambilkan segelas minuman.

Sebagai pribadi yang senang melakukan tindakan secara alami, tipe ini akan berusaha membuat orang terdekatnya nyaman sejak masuk ke dalam rumah. Sesuatu yang mungkin akan disajikan di ruang tamu adalah minuman panas atau dingin dengan cangkir yang lengkap. Atau, bisa juga akan terlihat seperti mini warung dengan cangkir kosong, teh, kopi, gula, krimer, serta makanan sebagai pendamping.

Pada akhirnya, ruang tamu akan menjadi ruangan yang hangat dan penuh hiburan. Anda dan orang-orang terdekat akan berinteraksi dengan aktif, dengan adanya tindakan seperti memberikan suguhan minuman, makanan, dan ruangan yang nyaman.

Words of Affirmation : Tentukan Area untuk Percakapan Mendalam

desain ruang tamu

Orang dengan love language words of affirmation akan menyukai hal-hal yang berfokus pada kata-kata. Mungkin seperti kutipan motivasi, jurnal, atau catatan pribadi lainnya.

Tipe ini akan menyukai ruang tamu yang nyaman untuk melakukan pembicaraan mendalam atau deep talk dengan orang terdekatnya. Meskipun akan ada ruang untuk menjamu tamu dengan jumlah yang banyak, maka Anda akan membutuhkan ruang kecil untuk melakukan percakapan dengan kelompok kecil atau bahkan hanya berdua. Ini bisa diatur dengan adanya kursi yang saling berhadapan, dan ditemani minuman favorit serta camilan.

Physical Touch : Miliki Furnitur yang Nyaman

Sebagai pribadi dengan tipe love language physical touch, Anda bisa menikmati setiap kesempatan untuk dekat secara pribadi dengan orang terdekat Anda. Furnitur seperti sofa besar dengan selimut akan memberikan kenyamanan yang maksimal.

Tidak seperti ruang tamu pada umumnya yang formal, Anda akan senang apabila furnitur di ruang tamu lebih terkesan non-formal, nyaman, dan mungkin sedikit berantakan. Selain itu, tipe ini cenderung akan menyukai warna yang lembut, hangat, dan cahaya redup.

Gifts : Tampilkan Barang Favorit

desain ruang tamu

Sebagai tipe yang senang dengan hadiah, baik itu memberi ataupun menerima, ruang tamu akan menjadi tempat untuk memberikan sorotan atas barang-barang khusus. Saat mendesainnya, pastikan untu mempertimbangkan bagaimana dekorasi tersebut mampu menceritakan suatu kisah.

Misalnya, dari suatu rak yang memajang karya seni atau penghargaan anak, hingga rak lemari porselen yang memajang patung hingga gelas cantik. Anda bisa mengaturnya sedemikian rupa agar telihat adanya kenangan tertentu dari pajangan tersebut. Sedangkan sebagai pemberi hadiah, Anda mungkin juga dapat memberikan hal-hal kecil untuk dinikmati tamu. Seperti semangkuk permen atau coklat di meja tamu.

Apabila Anda masih merasa bingung dalam mengatur desain ruang tamu, Anda bisa menggunakan jasa interior desain. Jasa ini akan membantu Anda dalam pengaturan tata letak ruangan dan segala hal yang berkaitan dengan interior rumah, termasuk ruang tamu. Anda bisa menemukan jasa interior desain terbaik dan profesional melalui Aplikasi Sejasa atau website sejasa.com.

desain ruang tamu
Share This Article!