jenis pola interior

Ragam Jenis Pola Interior yang Populer Digunakan Saat Ini

Penerapan pola akan membuat tampilan interior rumah jadi lebih menarik. Kerangka dan struktur rumah bisa terlihat dari tata letak dan furnitur. Sedangkan karakter dan esensinya dapat terpancara melalui pola yang digunakan pada furnitur, gorden, wallpaper, dan lainnya. Pola akan membantu menampilkan kepribadian rumah Anda. Pada artikel ini, tim Sejasa telah merangkum informasi mengenai jenis pola interior yang bisa jadi inspirasi untuk Anda.

Jenis Pola Interior

Pola akan memberikan kesan berbeda pada ruangan di rumah. Namun, bagaimana cara mengetahui pola seperti apa yang cocok dengan rumah? Berikut ini adalah jenis pola interior yang populer.

Geometris

Pola dengan cetakan geometris menjadi desain yang paling trendi dan populer pada dekorasi rumah saat ini. Pola geometris telah berevolusi menjadi kontemporer, global, etnik, dan unik. Ada beberapa pilihan pola geometris yang bisa jadi pilihan:

Stripes

Desain pola ini cukup basic, sehingga banyak yang menyukai dan menerapkannya di ruangan. Tampilan stripes atau garis-garis akan memberikan efek lebih konservatif, sehingga banyak digunakan pada gorden.

Trellis

Ini menjadi pola yang sekilas terlihat seperti pagar. Dalam satu set, ada garis yang berpotongan erat dan umumnya menggunakan skema dua warna. Anda bisa menggunakan pola ini pada furnitur seperti pada pelapis sofa atau kursi, agar terlihat lebih berani.

Ogee

Pola ini terlihat seperti berlian, yang bagian ujungnya membulat di kedua sisinya. Pola ini bisa diterapkan pada pada tirai dan karpet untuk memberikan nuansa yang berbeda, dan dapat pula digunakan untuk seprei.

Moroccan Lattice

Pola ini sedikit lebih berornamen dibandingkan ogee. Gaya pada pola ini bisa menciptakan tampilan kontemporer di setiap ruang. Dengan banyak corak dan warna yang sama. menjadikan pola ini sangat populer, terutama untuk karpet atau ruang makan.

Polkadot

Polkadot dapat memberikan sentuhan retro yang kuat, namun juga sangat modern. Anda bisa menggunakan warna apapun dengan bintik-bintik dan menemukan efek mencolok yang senada. Pola polkadot cocok untuk area kamar anak dan menarik juga untuk kamar mandi.

Medallion

Pola ini terlihat menarik dengan lingkaran besar yang memanjang dengan efek seperti oval, dengan perpaduan warna yang cantik. Anda bisa memilih pola iniuntuk sprei dan gorden di ruangan yang informal, karena pola ini agak lebih ramai.

Pola Bunga

Kata kebanyak orang, pola bunga merupakan pilihan yang tidak pernah gagal untuk memberikan efek yang mengesankan. Hal ini dikarenakan tampilan pola bunga bisa menambah kelembutan dan sentuhan halus di dalam ruangan tersebut. Berikut beberapa jenis pola bunga yang menarik untuk diaplikasikan.

Chintz

Desain pola ini merupakan salah satu kain tertua yang telah digunakan sebagai dekorasi rumah. Untuk menambah efek kilau, dapat ditambahkan lapisan kaca. Pola ini akan terlihat indah pula pada sperei, bantal di sofa, atau kursi santai. Anda juga bisa mencoba untuk menggunakannya pada tirai berbahan katun.

Chinoiserie

Ini merupakan suatu desain tradisional Tiongkok yang mencakup berbagai warna dan pula. Selain bunga sebagai elemen utama, pola ini juga memperlihatkan hewan seperti burung, dan juga manusia. Anda bisa menggunakan pola ini pada bantal.

Fluer-de-lis

Desain khas Perancis ini konon katanya terinspirasi oleh bunga bakung. Meskipun biasanya ada empat kelopak yang bertumpu pada pita horizontal di dasarnya, desain ini telah ditafsirkan dan dimodifikasi untuk menciptakan beberapa versi berbeda agar cocok dengan dekorasi rumah dengan indah. Pola yang sangat berkelas ini paling tepat digunakan di ruang yang lebih tradisional atau formal, dengan warna netral. Anda dapat mencoba menggunakan pola ini di sofa, karpet, atau gorden.

Pola Bertekstur

Tekstur seperti brukat, jacquard, dan damask memiliki sentuhan dan nuansa yang indah pada kain. Desain pola bertekstur akan cenderung memberi tampilan yang tradisional. Apabila ingin memilih tirai brukat, damask di ruang makan, sedangan jacquard untuk pelapis sofa untuk efek terbaik.

Pola Abstrak

Ingin tampilan gaya berbeda dan unik? Mungkin pola bastrak bisa Anda terapkan, dengan menggabungkan cetakan binatang seperti zebra dan macam tututl, lalu dengan desain houndstooth. Ini bisa terlihat menawan jika digunakan pada kursi santai, permadani di ruang tamu atau ruang belajar, atau tirai di ruang formal.

Kadang, dengan banyaknya pilihan, malah membuat Anda semakin bingung. Namun, Anda bisa mulai memfilter mana yang lebih cocok dengan pemilihan awal meliputi tekstur dan warna yang ingin ditimbulkan untuk memberi kesan menawan pada ruangan. Kemudian, cari referensi yang relevan di internet.

Apabila masih merasa kebingungan dalam menentukan interior yang tepat, Anda bisa berkonsultasi dan menggunakan jasa desain interior Sejasa. Penyedia jasa yang profesional dan berpengalaman di bidang interior akan membantu Anda. Kunjungi sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa sekarang.

jenis pola interior
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *