nyeri leher

Ini 4 Titik Refleksi untuk Mengatasi Nyeri Leher

Pernahkah Anda merasakan pegal, bahkan kaku pada leher ketika bangun tidur? Kebanyakan masyarakat Indonesia menyebut keadaan ini sebagai salah bantal. Ini menjadi salah satu keluhan saat bangun tidur, yang mampu membuat seseorang tidak nyaman dalam bergerak dan beraktivitas. Lantas, apa yang menyebabkan nyeri leher saat setelah bangun tidur dan bagaimana mengatasinya?

Apa itu salah bantal?

Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan istilah salah bantal ketika seseorang merasa nyeri leher setelah bangun tidur. Penggunaan istilah ini dikaitkan dengan kebiasaan yang salah saat memposisikan bantal dengan posisi tidur.

Penyebab nyeri leher

Salah posisi tidur

Posisi tidur tengkurap bisa meningkatkan risiko nyeri leher saat bangun tidur. Ketika dalam posisi tengkurap, Anda akan memutar kepala ke samping agar bisa bernapas dengan nyaman. Ketika Anda bertahan pada posisi tengkurap dalam waktu yang lama, seperti lebih dari 2 jam, maka otot-otot di leher akan tegang. Hal inilah yang menyebabkan nyeri ringan dan menimbulkan efek kaku pada tendon, otot, serta ligamen yang berdampak pada rasa nyeri leher saat bangun tidur.

Kasur dan bantal yang terlalu empuk atau keras

Apabila kasur dan bantal Anda terlalu empuk bahkan keras, akan menyebabkan posisi dagu menempel pada dada, sehingga leher akan miring. Ini menyebabkan otot-otot leher menjadi tegang.
Pilihlah bantal bulu atau bantal busa yang dapat membuat kepala, tulang belakang dan leher terasa nyaman.

Gerakan yang tiba-tiba

Gerakan ini seperti duduk dengan cepat atau mengayunkan anggota tubuh saat dalam mimpi. Hal tersebut bisa membuat otot leher terasategang. Tak hanya itu, gerakan bolak-balik saat mencoba untuk tidur pun bisa menimbulkan ketegangan dan stres pada leher.

Penyebab lainnya

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin mengalami nyeri leher di siang hari. Hal ini umumnya disebabkan oleh:

  • Postur tubuh yang buruk di siang hari
  • Bekerja terlalu lama di depan komputer atau menonton televisi terlalu lama tanpa mengubah posisi duduk
  • Osteroartritis di salah satu sendi tulang belakang bagian atas
  • Kompresi saraf yang disebabkan oleh taji tulang di leher

Cara Mengatasi Nyeri Leher

Kompres dingin ke bagian leher yang nyeri

Ketika merasakan nyeri leher setelah bangun tidur, Anda bisa menggunakan kompres dingin ke bagian leher yang nyeri selama 20 menit sekali. Hal ini mampu meredakan peradangan pada otot leher.

Gunakan kompres panas

Apabila Anda merasakan nyeri leher selama satu hari atau bahkan lebih, tempelkan kompres panas ke area yang sakit selama 20 menit sekali untuk menenangkan dan mengendurkan otot.

Minum obat penghilang rasa nyeri

Anda bisa membeli obat penghilang nyeri ke apotek terdekat seperti ibuproven, naproxen, atau acetaminophen.

Melakukan olahraga ringan

Dengan berjalan kaki atau yoga, bisa membantu menjaga aliran darah ke leher.

Melakukan pijatan pada titik tertentu

Ada beberapa titik refleksi yang bisa membantu meringankan nyeri leher atau salah bantal. Berikut diantaranya:
Titik jian jing
bagian otot bahu di antara leher dan bagian lengan atas

Terletak pada otot bahu di antara leher dan bagian lengan atas. Penekanan pada titik ini ampuh untuk meredakan sakit kepala, ketegangan otot, hingga nyeri leher seperti salah bantal. Perlu dicatat, titik ini harus dihindari oleh ibu hamil karena bisa memicu persalinan.
Titik he gu

titik pijat pada tangan yang berada di antara ibu jari dan telunjuk

Berada pada lipatan jaringan kulit di antara ibu jari dan telunjuk. Dengan penekanan pada titik ini, mampu menghilangkan rasa sakit di berbagai bagian tubuh, seperti leher.
Titik feng chi
titik pijat pada bagian belakang daun telinga yang menuju bagian atas leher

Titik ini berada di belakang daun telinga yang menuju bagian atas leher dan dasar tengkorak. Ahli pijat biasanya menggunakan titik ini untuk mengobati berbagai kondisi, seperti kelelahan, sakit kepala, hingga leher kaku.
Titik zhong zu

titik pijat yang berada di antara buku-buku jari di atas kelingking

Merupakan titik refleksi pada tangan yang berada di antara buku-buku jari di atas kelingking dan jari manis. Saat diber tekanan, titik ini mampu merangkan berbagai bagian otak, sehingga bisa meredakan ketegangan dan stres.
Heaven pillar
Ini merupakan titik yang dapat ditemukan di kedua sisi leher, yang berada di dasar tengkorak dan sekitar dua inci dari bagian atas tulang punggung. Pijatan pada area ini bisa membantu mengatasi pembengkakakn kelenjar getah bening yang menjadi pemicu sakit leher.

Apabila membutuhkan jasa terapis atau ahli pijat profesional untuk mengatasi nyeri leher, Anda bisa membuat pemesanan massage melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com. Kami akan menghubungkan Anda dengan terapis yang berpengalaman dan profesional.

layanan massage Sejasa dapat dipesan untuk kebutuhan pijat panggilan di rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *