thai massage

Thai Massage: Definisi dan Manfaat Kesehatannya

Massage mampu mengatasi rasa lelah dan pegal setelah melalui beratnya aktivitas sehari-hari. Thai massage bisa jadi salah satu pilihan untuk Anda yang membutuhkan pijat dengan teknik peregangan, penarikan, dan gerakan seperti yoga. Artikel ini akan membahas thai massage dan manfaat kesehatannya.

Definisi Thai Massage

Seperti namanya, pijatan yang satu ini merupakan pijat ala Thailand yang menjadi terapi pengobatan tradisional. Thai massage kadang disebut juga dengan Thai yoga.
Thai massage merupakan pijat yang dilakukan dengan berbaring di atas matras, berpakaian lengkap, dan mengharuskan Anda untuk ikut bergerak aktif.

Perbedaan Thai Massage Dengan Pijat Lain

Hal yang membedakan thai massage dengan pijatan biasa lainnya terletak pada teknik pijatannya. Terapis pada thai massage akan menggunakan tangan, lutut, atau bahkan kakinya untuk menggerakkan Anda dengan serangkaian posisi. Ini dilakukan untuk mengendurkan dan memanipulasi otot. Selain itu, Anda yang mendapatkan pijat harus menggunakan pakaian longgar yang nyaman, agar mudah mengikuti gerakan yang diberikan terapis.

Manfaat Kesehatan Thai Massage

Pijat Thai yang menggunakan tekanan lembut dengan teknik peregangan mampu merilekskan tubuh. Melansir dari Medical News Today, berikut 5 manfaat kesehatan dari pijat ala Thailand:

Mengurangi Stres

Seringkali, stres tidak selalu mengarah kepada hal yang buruk. Ini dikarenakan stres juga bisa membantu mendorong setiap individu untuk tampil lebih baik dan mencapai banyak hal dalam kehidupannya.
Meskipun begitu, terlalu banyak stres pun bisa berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik. Sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa pijat Thai secara signifikan mampu mengurangi tingkat stres tertentu pada air liur manusia. Para peneliti mengambil kesimpulan bahwa pijat Thai lebih efektis mengurangi stres, dibandingkan hanya melakukan istirahat biasa.

Meningkatkan Energi

Sebuah uji coba secara acak meneliti efek pijat Thailand dan Swedia pada orang yang mengaalami kelelahan. Hasilnya memperlihatkan bahwa pijat ala Thailand mampu meningkatkan energi dan stimulasi mental. Sedangkan Pijat Swedia cenderung meningkatkan relaksasi saja.
Pijat Thai didasarkan pada gagasan Sen atau garis energi, sehingga banyak praktisi yang meyakini bahwa ada berbagai Sen atau energi di dalam tubuh yang berhubungan dengan berbagai bagian tubuh.

potret thai massage oleh terapis kepada seorang wanita


Teori tersebut menyatakan bahwa otot yang tegang mampu menyebabkan penyumbatan pada berbagai Sen. Dengan teknik yang berbeda, pijat ala Thai dapat membuka atau menyempitkan Sen yang berbeda untuk memperbaiki aliran energi kehidupan.

Meredakan Sakit Kepala

Court-type merupakan bentuk khusus pijat ala Thai yang memberikan penekanan pada saluran energi tertentu. Sebuah studi di tahun 2015 menemukan bahwa pijat Thai court-type mampu menjadi pengobatan efektif untuk orang yang mengalami sakit kepala kronis.

Merangsang Sirkulasi

Gerakan perengangan seperti yoga pada pijat ala Thai dapat meningkatkan sirkulasi darah dan getah bening. Ini juga mampu membantu meningkatkan pertumbuhan sel dan kesehatan jantung.
StudyTrusted meneliti manfaat pijat kaki ala Thailand pada penderita komplikasi umum diabetes. Hasilnya, pijatan ini bisa membantu meningkatkan keseimbangan para penderitanya.
Para peneliti yakin, bahwa hal ini terjadi kareana sirkulasi darah yang lebih baik dengan merangsang sistem somatosensori. Sistem ini berperan penting dalam keseimbangan manusia.

paket massage

Meningkatkan Pergerakan

Pijat ala Thai pada darakan menggabungkan peregangan seperti yoga. Peregangan ini dilakukan secara bertahan dan lembut, dengan tujuan meningkatkan fleksibilitas seseorang dari waktu ke waktu. Dengan begitu, rentag pergerakan jadi lebih luas.
Pijat ini juga bisa meningkatkan sirkulasi cairan pada area sendi, sehingga bisa meningkatkan mobilitas sendi dan rentang gerak tubuh.

Kondisi Kesehatan yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pijat Thai

Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, teknik pada pijat ala Thai pun memiliki keterbatasan. Pengaruhnya terhadap sistem peredaran darah mengharuskan orang dengan kondisi kesehatan tertentu harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mendapatkan pijat Thai.

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang perlu dipertimbangkan:

  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Osteoporosis
  • Penyakit saraf yang mempengaruhi sumsum tulang belakang
  • Penyakit arteri koroner

Orang yang menderita kanker, sedang hamil, atau baru pulih dari operasi sebaiknya tidak menjalani pijat ala Thailand. Intensitas fisik dari teknik pemijatan ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan atau memperburuk cedera yang sudah ada sebelumnya.

Apabila Anda atau orang terdekat sedang mempertimbangkan melakukan pijat ala Thai namun khawatir dengan riwayat kesehatan, maka konsultasikanlah dengan penyedia layanan terlebih dahulu.

Jika butuh pijat panggilan untuk datang ke rumah, Anda bisa pesan Massage Sejasa. Unduh aplikasi Sejasa atau website sejasa.com sekarang.

layanan Massage Sejasa dapat dipesan untuk kebutuhan pijat panggilan di rumah
Share This Article!