Ternyata, Ini 7 Benda di Kamar Mandi yang Mudah Kotor

kamar mandi kotor

Area kamar mandi menjadi sangat penting untuk diperhatikan demi kesehatan rumah. Kamar mandi akan sangat rentan sebagai area berkembangbiaknya bakteri, kuman, dan kotoran lainnya. Dengan penggunaan yang setiap waktu, maka kamar mandi akan cenderung lebih cepat kotor. Pada artikel ini, akan menjelaskan 7 bagian kamar mandi yang mudah kotor.

Kenop Pintu, Sakelar Lampu, dan Gagang Keran

Tidak semua orang rajin mencuci tangan ketika menuju kamar mandi. Tangan bisa sangat kotor saat Anda membuka pintu dan menyalakan lampu saat memasuki kamar mandi.

Kenop pintu, sakelar lampu, dan gagang keran bisa menjadi area yang penuh jamur, kotoran, hingga bakteri akibat disentuh tangan yang kotor dan udara di sekitar. Untuk mengatasinya, gunakan tisu disinfektan dan bersihkan semuanya dengan cepat setidaknya sekali sehari. Lakukan lebih sering apabila Anda atau anggota keluarga lainnya menderita flu.

Ventilasi Kamar Mandi

Area kipas kamar mandi atau ventilasi sangat penting untuk menghilangkan kelembapan setelah berendam atau mandi dengan air hangat.
Apabila kipas atau ventilasi dibiarkan begitu saja tanpa dibersihkan maka interiornya akan tertutup debu dan jamur, sehingga menyebabkan kemungkinan resirkulasi partikel yang berbahaya jika dihirup.

Kualitas Air yang Buruk

Air yang mengandung mineral dengan tingkat tinggi, seperti kalsium dan kapur, bisa menyebabkan bercak yang tidak sedap dipandang. Hal ini pun berdampak buruk bagi kesehatan Anda dan keluarga. Sebagai upaya prefentif, Anda bisa membeli kit untuk menguji kualitas air untuk mengetahui kualitas air di rumah.

Shower atau Pancuran

Bagian nosel pancuran bisa tersumbat oleh buih sabun, dan dapat dengan mudah dibersihkan dengan cuka putih. Melansir dari the spruce, pada tahun 2009 para peneliti menemukan bahwa bagian kepala shower berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya mikroba yang berbahaya bagi paru-paru dan sistem kekebalan yang lemah.

Brush Mandi, Lulur Mandi, dan Loofah

Sebagai alat untuk menghilangkan kotoran di tubuh dan sel kulit mati, brush mandi, lulur, dan loofah sangat berguna. Dilain sisi, alat tersebut sangat hebat dalam menyimpan semua jenis kotoran dan bakteri, sehingga ketika Anda menggunakannya lagi, bisa menyebarkannya kembali ke permukaan kulit.

Saat setiap selesai digunakan, alat scrubbing harus dicuci dengan sabun dan dibilas dengan optimal. Keluarkan dari shower, kemudian gantung hingga kering di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang maksimal. Selain itu, masukkan ke dalam mesin cuci untuk pembersihan menyeluruh.

paket daily cleaning

Handuk Tangan dan Mandi

Handuk menjadi benda wajib di kamar mandi. Anda akan membutuhkan handuk untuk mengelap tangan dan sebagai handuk mandi untuk mengeringkan badan. Dengan penggunaan yang cukup tinggi, handuk perlu dicuci lebih sering.

Handuk tangan harus diganti setiap hari dan didisinfeksi dengan benar, terutama jika ada anggota keluarga yang sakit. Sedangkan handuk mandi setidaknya harus rutin dicuci seminggu sekali. Untuk handuk keset untuk mengelap kaki pun perlu dicuci seminggu sekali.

Pastikan Anda rutin membersihkan 7 jenis benda di atas demi meningkatkan kebersihan rumah serta kesehatan anggota keluarga. Dengan begitu, Anda jadi lebih nyaman beraktivitas di rumah. Apabila membutuhkan jasa bersih-bersih di rumah, apartemen, atau kantor, mitra Sejasa siap membantu. Pesan layanan Daily Cleaning Sejasa di aplikasi Sejasa atau website sejasa.com.

kamar mandi kotor
Share This Article!