Sebelum Memasang AC, Catat 6 Hal Penting Ini

memasang ac

Memasang AC adalah salah satu upaya untuk menyejukkan ruangan. Baik itu pada ruangan di dalam rumah, apartemen, hingga perkantoran. Dengan adanya AC, ruangan yang mungkin terasa sesak dan panas akan terasa sejuk, dingin, dan nyaman untuk ditinggali. Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk pemasangan AC? Pastikan untuk menyimak informasi ini.

Tips Sebelum Memasang AC

Pilih Jenis AC yang Tepat

Secara umum, jenis unit AC sentral terdiri dari sistem split dan sistem paket. AC dengan sistem split merupakan jenis yang umum digunakan, yang mana unit kondensasinya berada di luar ruangan. Sedangkan koil evaporator dan pengatur udaranya berada di dalam ruangan. Pada AC sistem paket, tiga komponen utamanya dipasang pada tempat yang sama. Sistem split cenderung lebih terjangkau, senyap, dan efisien dibandingkan sistem paket yang digunakan di gedung komersial seperti kantor.

Selain itu, untuk penggunaan seperti di rumah terdapat pilihan AC inverter dan non-inverter. Ketahui detail perbedaan inverter dan non-inverter di sini.

Pertimbangkan Efisiensi Energi

Jay Kline, seorang manajer umum di Pengun Air Plumbing & Electrical, menyarankan untuk memeriksa rasio efisiensi energi musiman (SEER) sistem sebelum membeli atau memasang AC. Peringkat SEER akan menunjukkan kapasitas pendinginan total atas jumlah energi yang digunakan dalam periode waktu yang sama.

Umumnya, peringkat SEER minimun yang terdapat pada AC saat ini adalah 12. Namun bisa naik menjadi 24. Pilihlah sistem baru dengan peringkat yang lebih rendah untuk pertimbangan efisiensi.

Pilih Ukuran AC yang Tepat

AC yang terlalu besar belum tentu lebih baik dan cepat dalam pendinginan ruangan. Untuk menentukan ukuran yang tepat, para kontraktor akan menggunakan perhitungan beban pemanas, ventilasi, dan pendingin udara. Hal ini bisa dilihat dari luas rumah serta mempertimbangkan faktor lain seperti iklim, jumlah jendela dan pintu, jumlah penghuni.

Posisikan AC di Tempat yang Tepat

Ketika memasang AC, pertimbangkan paparan sinar matahari langsung dan air, serta penghalang pada area tersebut. Kline juga menyarankan penempatan kondensor di sisi utara rumah, karena area tersebut paling sedikit mendapatkan sinar matahari langsung dan membuatnya tetap sejuk. Apabila tidak menempatkan AC di posisi yang tepat, Anda harus membongkar pasang AC.

Periksa Saluran

Lakukan pemeriksaan pada saluran kerja yang ada. Tidak semua saluran bisa menangani tingkat aliran udara yang lebih tinggi dari pada sistem AC baru. Selain itu, perlu dilakukan modifikasi atau memasang pekerjaan saluran baru.

Pasang AC Dengan Bantuan Teknisi Profesional

Melakukan pemasangan unit AC pada rumah bukanlah hal yang mudah dilakukan sendiri. Apalagi jika Anda merupakan pemilik rumah baru dan tidak pernah melakukan hal ini sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan AC Anda dipasang oleh teknisi AC profesional dengan reputasi baik. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih nyaman dan puas dengan pengerjaannya.

Jasa Pasang AC Sejasa

Apabila membutuhkan bantuan dalam pemasangan AC, Anda dapat menemukan teknisi profesional melalui platform Sejasa. Kami akan menghubungkan Anda dengan mitra penyedia jasa yang berpengalaman dalam pemasangan AC. Dengan begitu, tidak perlu khawatir lagi karena pemasangan unit AC akan dilakukan oleh tenaga profesional, sehingga akan merasakan manfaat menggunakan jasa pasang AC. Terdapat pilihan layanan pasang AC untuk 0.5-1 PK dan 1.5-2 PK. Anda dapat memilih layanan yang sesuai dengan unit AC.

Unduh aplikasi Sejasa atau kunjungi website sejasa.com sekarang. Kami siap mempermudah Anda dalam menemukan penyedia jasa profesional dengan harga terstandarisasi dan layanan berkualitas.

memasang ac
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *