4 Tips Memilih AC yang Tepat untuk Rumah Anda

Akhir-akhir ini matahari seakan bersinar dengan sangat bersemangat. Jika Anda tinggal di negara tropis seperti Indonesia, tentunya air conditioner atau AC memiliki peran yang penting dalam rumah Anda. Jangan menyalakan AC terus-menerus sepanjang hari, melainkan hanya ketika Anda butuh berpikir dengan kepala dingin atau saat ingin menenangkan pikiran setelah seharian bekerja. Walaupun semua jenis AC diciptakan untuk menyejukkan rumah Anda, masing-masing tipe AC tidak bekerja dengan cara yang sama. Anda harus memilih AC yang tepat untuk dapat menikmati kenyamanannya. Simak tips berikut ini agar Anda dapat memilih AC yang tepat!

Mencari Tahu Tipe dan Bentuk Ruangan

Memilih AC yang tepat untuk ruangan di rumah

Sebelum memilih tipe AC dan seberapa menyejukkannya AC, Anda harus mencari tahu ukuran dan bentuk ruangan di rumah Anda. Sangat penting untuk mengetahui seberapa besar ruangan, apakah ada sudut-sudut yang perlu diperhatikan, seberapa banyak sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan, dan seberapa lembap ruangan Anda.

Sering kali terjadi, konsumen membeli AC dengan cooling capacity (kapasitas pendinginan) yang lebih besar dari kebutuhannya, sehingga tidak efisien dan boros energi. Ruang keluarga yang digabung dengan dapur dan ruang makan tentunya membutuhkan AC dengan kapasitas yang lebih besar. Sementara, kamar tidur yang lebih kecil akan membutuhkan AC dengan kapasitas yang lebih kecil.

Kenali Tipe-tipe AC

Memilih AC yang Tepat untuk rumah, mulai dari mengenali tipe AC

Ada beberapa tipe Air conditioner yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

  • AC Split Wall
    AC Split Wall merupakan tipe AC yang paling banyak digunakan di rumah dan kantor. Selain pemasangan yang mudah, tentunya service AC untuk tipe ini juga lebih mudah didapatkan. Unit AC Split Wall yang diletakkan di dalam ruangan merupakan tempat yang mengeluarkan udara dingin sehingga suhu ruangan menjadi turun, sedangkan yang di luar ruangan merupakan mesin AC tersebut.
  • AC Sentral
    Pada AC tipe ini, udara dari dalam ruangan didinginkan pada cooling plant di luar ruangan tersebut, kemudian udara yang telah dingin dialirkan kembali ke dalam ruangan tersebut. AC Sentral biasanya digunakan di hotel atau pusat perbelanjaan yang mempunyai ruangan luas.
  • AC Standing
    Tipe AC Standing adalah AC yang unit indoor-nya diletakkan berdiri di lantai dan mudah dipindahkan. AC ini juga bisa dioperasikan dengan remote control. Biasanya AC ini diperlukan untuk acara-acara khusus di dalam ruangan, seperti acara ulang tahun dan pernikahan. Namun, tidak jarang juga orang menggunakannya di rumah.
  • AC Cassette
    Tipe AC ini dapat cepat mendinginkan ruangan yang lebih luas sehingga lebih sering dipakai di dalam ruangan kantor dan ruang pertemuan. AC Cassette dipasang menempel pada plafon sehingga untuk memasangnya perlu keahlian khusus, tidak semudah pemasangan AC Split Wall.

Efisiensi Energi

pentingnya membersihkan filter AC

Penting untuk memastikan energi yang digunakan efisien sehingga tidak ada energi yang terbuang. Efisiensi energi AC dinilai dengan Energy Efficiency Ratio (EER). Semakin tinggi nilai EER-nya, maka semakin efisien energinya. Cari tahu lebih lengkap kepada ahlinya mengenai tipe AC yang paling efisien.

Salah satu cara lain untuk menghemat energi adalah dengan melakukan service AC secara berkala. Ini penting untuk membersihkan uit AC dan memastikan gas pendingin tidak habis. Jika AC kotor,  maka AC akan bekerja dua kali lebih keras. Oleh karena itu, untuk memastikan AC Anda selalu bersih dan tidak ada kotoran yang menumpuk, cuci AC setidaknya satu bulan sekali.

Selain itu, seiring teknologi yang semakin canggih, tidak hanya berbagai variasi AC hemat energi, namun ada juga AC yang dapat melembapkan kulit. AC dengan teknologi skin care hybrid ini bekerja pintar menghasilkan ion positif dan negatif dalam jumlah besar yang akan menempel pada permukaan kulit penggunanya sehingga menjaganya tetap lembap.

Bantuan dari Jasa Pemasangan AC

memilih AC yang tepat dan pemasangan AC  dengan teknisi Sejasa

Berkonsultasi dengan teknisi profesional merupakan cara terbaik untuk membantu Anda memilih tipe AC yang tepat untuk rumah Anda. Jika Anda merasa kesulitan dalam memutuskan, mintalah bantuan pada penyedia jasa service AC. Namun, Anda harus memastikan penyedia jasa tersebut dapat dipercaya dan berpengalaman dengan instalasi AC.

Panggil teknisi profesional Sejasa untuk membantu atasi kebocoran AC di rumah Anda sekarang. Unduh aplikasi Sejasa atau kunjungi website sejasa.com, dan rasakan mudahnya mendapatkan penyedia jasa berkualitas.

jasa service AC Sejasa

Share This Article!

1 thought on “4 Tips Memilih AC yang Tepat untuk Rumah Anda”

  1. Pingback: 7 Cara Sederhana untuk Menghemat Tagihan Listrik Anda - Sejasa.com blog

Comments are closed.