6 Tips Memilih Catering Pernikahan

Salah satu keputusan penting dalam suatu acara pernikahan adalah catering pernikahan. Gaun, rambut, makeup, dan dekorasi bisa saja terlihat sempurna, tapi jika catering pernikahan (dalam hal ini hidangan makanannya) di bawah standar, justru itu yang akan diingat oleh para tamu undangan.

Karena itu, menemukan catering pernikahan harus menjadi prioritas Anda juga. Tidak hanya tentang makanan dan minuman, catering pernikahan yang baik harus didukung oleh tim yang luar biasa dan dapat memberi layanan yang memuaskan. Ikuti tips ini untuk memilih catering pernikahan (atau acara dalam skala besar lainnya) dengan bijak!

Dapatkan Rekomendasi dan Saran

Foto: Catering event oleh Willem Stupa Catering

Apakah ini pertama kalinya Anda menyewa catering untuk acara dalam skala besar? Mintalah rekomendasi dari teman-teman dan keluarga Anda. Mereka bisa membagikan daftar penyedia catering yang menurut mereka baik maupun buruk berdasarkan pengalaman mereka. Evaluasi setiap pilihan yang potensial dengan membaca review dan feedback dari customer sebelumnya.

Terdengar sangat merepotkan? Sebagai alternatif, Anda dapat mengunjungi Sejasa.com untuk mendapatkan penawaran dari penyedia jasa catering yang dapat dipercaya dan diandalkan. Anda juga dapat membaca review dan melihat portofolio penyedia jasa catering di halaman business profile mereka. Anda pun dapat menghemat banyak waktu.

Tentukan Anggaran Catering Pernikahan

Foto: Catering event oleh Raihan Tenda

Bukan suatu kejutan lagi, catering dalam suatu pernikahan dengan 200 tamu undangan tentunya membutuhkan biaya yang besar.

Satu cara untuk mengatur biaya adalah dengan menentukan anggaran maksimal untuk satu orang dan beritahukan kepada mereka berapa jumlah menu makanan yang Anda inginkan, contohnya meja prasmanan untuk 3 jenis hidangan utama, minuman, dan dessert.

Sebagai alternatif, Anda dapat menanyakan mengenai paket yang mereka sediakan dan menyesuaikannya dengan selera dan jumlah tamu.

Diskusikan Menu dan Penyajian Makanan

Foto: Dekorasi Catering oleh Bali Indah Catering

Jika Anda memiliki tema spesifik untuk pernikahan Anda, cobalah untuk mengatur menu dan penyajian sehingga sesuai dengan tema itu. Contohnya, jika tema pernikahan Anda adalah warna kuning, mintalah hiasan lemon untuk setiap gelas, atau bunga anyelir segar untuk dekorasi meja.

Selain itu, ingatlah untuk mengatakan jika ada tamu yang memiliki diet tertentu atau alergi terhadap suatu makanan, misalnya alergi kacang atau menu khusus untuk vegetarian.

Mintalah Sesi Food Testing

Pasted image at 2016_08_03 01_48 PM
Foto: Catering event oleh Tomodachi Catering

Sesi pencicipan makanan atau food testing memberikan kesempatan kepada Anda untuk mencoba rasa, penyajian, dan rangkaian makanan.

Jika Anda sudah menandatangani kontrak untuk menyewa mereka, seharusnya tidak perlu biaya tambahan untuk sesi pencicipan makanan ini.

Jika Anda belum memastikan untuk menyewa mereka, Anda dapat meminta sesi pencicipan makanan berbayar. Banyak penyedia catering yang dapat memenuhi permintaan ini untuk sesi dengan minimal 10 orang.

Tanyakan Mengenai Perlengkapan Lain yang Disediakan

Pasted image at 2016_08_03 01_47 PM
Foto: Catering event oleh Tomodachi Catering

Untuk menghindari pernikahan Anda menjadi penuh sesak, jangan lupa untuk menanyakan berapa banyak staf yang mereka sediakan. Pastikan tidak terlalu banyak jika venue pernikahan Anda tidak terlalu besar.

Tanyakan juga jika mereka menyediakan perlengkapan lainnya seperti meja, kursi, kanopi, tenda, atau peralatan makan untuk mendukung catering. Mungkin Anda bisa mendapatkan biaya lebih murah jika menyewa kursi dan tenda bersama dengan cateringnya. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikannya juga dengan tema pernikahan Anda.

Kontrak dan Ketentuan Pembayaran

Pasted image at 2016_08_03 01_49 PM
Foto: Catering event oleh Tomodachi Catering

Pastikan dokumen penting sudah siap dan ditandatangani. Di dalam kontrak sebaiknya terdapat keterangan mengenai:

  • Daftar makanan dan minuman, serta urutan penyajiannya
  • Jumlah tamu
  • Sistem penyajian makanan (contohnya: a la carte, prasmanan)
  • Jumlah pelayan
  • Pembersihan setelah acara
  • Durasi pelayanan
  • Ketentuan pembayaran (biasanya deposit 30%, sebelum acara 50%, dan setelah pembersihan 20%).

Anda Membutuhkan Jasa Catering Pernikahan?

catering2 (2)Tips ini akan berguna jika Anda sudah memiliki daftar penyedia jasa catering yang potensial dan terpercaya. Jika Anda mengalami kesulitan mendapatkan penyedia jasa catering yang terpercaya, segera kunjungi Sejasa.com! Terdapat berbagai pilihan penyedia catering profesional dengan review yang dapat menjadi pertimbangan. Selamat merencanakan pernikahan Anda!

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *