Body Scrub: Manfaat, Jenis, dan Cara Memakainya

body scrub

Body scrub merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat kulit halus dan cerah. Selain wajah, tubuhpun membutuhkan pengelupasan kulit agar sehat. Proses pengelupasan sel kulit mati pada tubuh disebut dengan lulur atau body scrub.

Seorang ahli dermatologi dan ahli estetika bersertifikat, Kavita Mariwalla menyebutkan bahwa akan sangat baik apabila Anda memiliki body scrub sebagai salah satu upaya perawatan kulit. Terutama disaat musim dingin dan musim hujan yang umumnya membuat kulit lebih cepat terasa kering.

Manfaat Body Scrub

Sebelum mengetahui manfaat melakukan lulur atau body scrub, sebaiknya kita mengetahui bagaimana kulit kita bekerja. Kulit akan mengalami proses yang disebut sebagai deskuamasi, yang merupakan proses pengelupasan kulit. Hal ini terjadi dalam siklus regeneratif yang bersifat konstan. Proses ini akan bergantung pada sejumlah faktor, seperti usia, jenis kulit, produk yang digunakan, dan keadaan lingkungan sekitar.

Meskipun begitu, proses ini tidak 100 persen berjalan sempurna. Bisa saja nanti akan ada kenumpukan sel kulit mati di permukaan kulit. Pada hal inilah lulur akan berfungsi. Lulur akan mengangkat sel kulit mati dan memberikan manfaat berupa:

Memudahkan kulit untuk menyerap pelembab dengan lebih baik

Dengan melakukan body scrub, maka setiap pelembap seperti lotion yang dioleskan pada tubuh setelahnya akan lebih meresap ke dalam kulit Anda.

Dapat membuka pori-pori dan mencegah rambut tumbuh ke dalam

Dengan menggunakan lulur secara teratur, bisa membuka pori-pori yang tersumbat, yang dapat mencegah benjolan akibat pisau cukur dan rambut yang tumbuh ke dalam.

Kulit lebih halus dan cerah lebih rata

Ketika kulit merasa kering, hal itu membuat kulit menjadi kasar saat disentuh dan memiliki tekstur dan penampilan yang kusam dan pecah-pecah. Melakukan lulur akan membuang sel-sel mati, sehingga Anda akan mendapatkan kulit yang lebih halus dan rata.

Jenis Body Scrub

Dulu, lulur terbagi atas lulur gula dan garam. Sedangkan saat ini, Anda bisa menemukan beragam jenis lulur yang beredar di pasaran. Meskipun begitu, Anda perlu mengetahui beragam jenis lulur yang cukup umum untuk menemukan mana yang paling cocok dan yang disukai.

Lulur garam

Garam laut adalah bahan eksfoliasi alami. Dengan tekstur yang abrasif, lulur garam mampu mengangkat sel kulit mati dengan mudah.

Lulur gula

Gula merupakan humektan, sehingga mampu menarik air ke dalam kulit. Dengan begitu, kulit akan lebih terhidrasi sambil menyingkirkan sel kering dan kulit mati.

Lulur kopi

Kopi memberi banyak manfaat, salah satunya untuk lulur. Selain memiliki sifat pengelupasan dan anti-inflamasi alami, kopi mampu meningkatkan sirkulasi dan menghaluskan kulit.

Lulur charcoal

Charcoal atau ranag menjadi bahan utama untuk beragam produk kecantikan dan kebersihan. Dengan fungsi penyerapan, bahan ini mampu mengambil semua kotoran dan sel kulit mati, sehingga bisa menghilangkannya dengan mudah.

Lulur lavender

Lulur berbahan dasar lavender bagus untuk menenangkan kulit yang iritasi, menyembuhkan kulit yang meradang, serta merilekskan indra. Anda bisa menggunakan lulur lavender tepat sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

Cara Memakai Body Scrub

Menggunakan lulur atau body scrub cukup mudah. Anda bisa mengikuti tahapan ini:

  • Bilas kulit dengan air hangat
  • Oleskan lulur menggunakan ujung jari
  • Gosok tangan dan kaki dengan gerakan melingkar ke dalam
  • Biarkan selama 10 menit hingga mengering
  • Kemudian, bilas hingga bersih menggunakan air hangat
  • Keringkan kulit sampai sedikit lembap
  • Oleskan pelembap atau lotion

Idealnya, Anda dapat melakukan lulur paling banyak dua kali seminggu. Apabila melakukannya dengan frekuensi yang lebih, maka bisa menyebabkan kulit kering atau malah iritasi. Jika memiliki kulit yang sensitif, Anda bisa lulur cukup semingggu sekali.

Apabila Anda membutuhkan layanan lulur oleh terapis profesional, bisa membuat pemesanan melalui body massage Sejasa. Lakukan pemesanan massage, kemudian pilih layanan tambahan body scrub atau lulur dengan durasi 30 menit.

Terapis Sejasa akan memberikan layanan pijat dan lulur dengan maksimal. Cukup buat pemesanan melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com, lalu mitra Sejasa akan menghubungi Anda dan datang ke alamat Anda.

body massage
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.