9 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi dan Estetik!

menata rumah kecil

Memiliki rumah kecil bukan berarti tidak bisa mewujudkan hunian yang nyaman dan rapi. Anda tetap bisa memiliki rumah dengan perabotan yang fungsional, interior yang estetik. Sangat penting untuk bisa menata rumah kecil dengan efektif dan efisien, agar rumah menjadi bersih, teratata rapi dan indah. Simak dan terapkan artikel ini untuk dapat menata rumah kecil Anda agar selalu rapi.

9 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi

Tempatkan barang-barang serupa di satu tempat

menata rumah kecil

Rumah akan tertata rapi apabila Anda menyatukan barang-barang sesuai dengan kategori atau jenisnya. Mulai dari pakaian di dalam lemari atau laci penyimpanan, kebutuhan dapur yang kering hingga basah, kebutuhan pertukangan rumah, koleksi kaset, buku, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Dengan menempatkan sesuai kategorinya, akan memudahkan Anda dalam menemukannya. Pastikan Anda meletakkan masing-masing jenis barang sesuai dengan keadaannya, misal: minyak goreng, gula, garam, teh, di lemari dapur yang tertutup.

Rutin mengecek barang di rumah

Setelah menghuni suatu rumah dalam beberapa waktu, Anda akan memiliki beragam barang. Mulai dari kebutuhan pribadi, kebutuhan rumah tangga, hingga kebutuhan hiburan. Apabila Anda tipe orang yang hobi mengoleksi banyak barang, sebaiknya rutinlah melakukan pengecekan dan menyortit barang tersebut. Ada kalanya di suatu waktu Anda akan merasa tidak membutuhkan barang tersebut lagi, sehingga bisa dipisahkan, disumbangkan, atau dijual kembali.

Dengan minimnya area penyimpanan di rumah, akan membuat pemiliknya berusaha untuk meminimalisir area yang tidak penting. Apabila Anda mendambakan rumah yang tenang, damai, dan rapi, sebaiknya lebih mempertimbangkan dalam membeli suatu barang. Jika bisa menerapkan hal ini, Anda akan lebih mudah dalam mengorganisir barang-barang di rumah.

Nilai ruangan yang sudah selesai diatur

Disaat Anda merasa telah mengatur semua barang pada tempatnya, ruangan apapun itu, beri penilaian apakah Anda membutuhkan solusi lain dalam mengatur area penyimpanan tersebut. Mungkin saja setelah mengaturnya, Anda merasa area penyimpanan tersebut perlu ditambah atau bahkan tidak diperlukan lagi. Apabila Anda sudah menemukan solusinya, lakukan pengukuran pada area tersebut dan sesuaikan dengan estetika atau konsep rumah.

Buat daftar prioritas

Jika Anda sulit mengatur waktu dalam menata dan merapikan rumah, cobalah untuk membuat daftar prioritas. Anda bisa memilih satu hari untuk mengatur barang-barang di rumah. Kemudian buat daftar 5 prioritas area yang harus dirapikan segera. Anda bisa memilih area atau barang-barang yang sangat terlihat menumpuk dan berantakan. Apabila tidak selesai dalam satu hari, lanjutkan pada keesokan harinya.

Perhatikan kebiasaan

Untuk mengatur segala barang, pastikan untuk menaruh segala sesuatu sesuai tempatnya. Mulai dari hal kecil seperti ketika Anda dari luar di musim hujan, tutup payung dan gantung jas hujan dia area yang kering. Kemudian, lipat dengan rapi dan taruh di tempat semestinya.

Pisahkan setiap ruangan menjadi zona tertentu

menata rumah kecil

Setiap ruangan di rumah memiliki beragam fungsi, sehingga Anda perlu memisahkan setiap ruangan menjadi zona tertentu. Misalnya, ada ruang utama yang rumah cukup besar. Anda bisa membaginya dengan sebagian sebagai ruang nongkrong dan nonton TV, area mainan atau membaca buku, atau ruang makan. Pastikan pembagian zona di ruangan ini sesuai dengan kebutuhan seluruh anggota keluarga Anda. Meskipun di rumah kecil Anda hanya ada satu ruangan tamu utama, Anda dapat menghabiskan waktu luang bersama dibanding berpisah ke kamar berbeda.

Temukan cara kreatif untuk memanfaatkan ruang

Setiap ruangan di rumah memiliki fungsi tertentu. Namun, ketika Anda telah melakukan pembersihan pada suatu ruangan dan terdapat area kosong, maka manfaatkanlah untuk hal lain. Misalnya, Anda punya ruangan penyimpanan yang tidak begitu banyak isinya. Anda dapat menggunakannya untuk area olahraga bahkan ruang kerja.

Manfaatkan ruang vertikal

Dengan keterbatasan ruangan, Anda bisa memanfaatkan ruang vertikal sebagai rak menaruh mainan, hiasan, dan hal lainnya sebagai dekorasi ruangan dengan rapi dan tertata.

Pilih-pilih setiap barang yang ingin dimasukkan ke rumah

Dengan keadaan rumah yang kecil, Anda perlu menjadi pemilih dalam memasukkan barang baru ke dalam rumah. Menambahkan barang atau perabotan baru ke dalam rumah akan membatasi ruang gerak Anda. Selain itu, jika ada tambahan barang seperti mainan anak, akan berpotensi membuat rumah jadi berantakan.

Anda butuh bantuan untuk pembersihan hingga menata seluruh bagian rumah? Layanan daily cleaning Sejasa siap menjadi penyelamat. Anda bisa menemukan penyedia jasa terbaik dan profesional untuk membantu membersihkan dan merapikan rumah melalui aplikasi Sejasa dan website sejasa.com. Pesan sekarang.

menata rumah kecil
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.