Jangan Salah, Ini 4 Tips Penggunaan AC Saat Musim Hujan

penggunaan ac musim hujan

Selain menikmati cuaca yang dingin dan hujan sesekali, setiap pemilik rumah harus memperhatikan soal penggunaan AC. Memberi perhatian lebih terhadap unit AC di rumah akan membantu AC bekerja dengan optimal dan musim hujan tetap bisa dinikmati dengan nyaman. Tim Sejasa telah merangkum informasi dari berbagai sumber mengenai tips penggunaan AC selama musim hujan. Simak yuk!

Penggunaan AC Saat Musim Hujan

Disaat musim hujan, akan ada petir, angin kencang, dan debu yang beterbangan. Hal ini cenderung mempersulit pengoperasian sistem pada unit AC. Berbagai masalah bisa muncul, mulai dari suara bising yang tidak normal, bau yang tidak seperti biasanya, kebocoran air, hingga tagihan listrik yang membengkak. Untuk itu, Anda perlu mengetahui dan menerapkan cara ini.

Aktifkan Mode Dry

Dengan mengaktifkan mode dry atau mode kering selama musim hujan, dapat mengurangi kelembapan udara di dalam ruangan. Mode dry ini berfungsi sebagai perangkat yang menghilangkan kelembapan di udara. Oleh karena itu, apabila ingin tetap menghidupkan AC saat musim hujan, aktifkanlah mode dry.

Jaga Kebersihan Filter AC

Pembersihan filter secara teratur mampu memberikan kinerja terbaik pada unit AC. Apabila filter kotor, akan berdampak pada pengembunan indoor AC, sehingga jamur akan tumbuh lebih cepat dan menurunkan kualitas udara. Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan filter udara setiap 2 minggu sekali atau satu bulan sekali, tergantung intensitas pemakaian.

Periksa dan Jaga Bagian Outdoor AC Agar Bersih

Selama musim hujan, udara yang lembap bisa mengakibatkan pertumbuhan jamur dan lumut. Jangan biarkan kotoran tersebut mengendap pada bagian outdoor AC. Pastikan untuk membersihkan area di sekitar outdoor AC agar tidak mengundang serangga atau binatang lainnya yang mampu mengotori outdoor AC.

Selain menjaga kebersihan outdoor, penting juga untuk menempatkan bagian outdoor di tempat yang tepat agar menghindari risiko kerusakan. Hujan dengan intensitas tinggi bisa menyebabkan bencana banjir. Oleh karena itu, jika wilayah tempat tinggal Anda cenderung berisiko banjir, tempatkanlah unit outdoor di tempat yang tinggi.

Mengatur AC Pada Suhu Ideal

Jagalah agar unit AC berada pada suhu idealnya. Ketika musim hujan, tentu akan terasa lebih dingin, sehingga Anda dapat mengatur suhu AC agar tidak terlalu panas ataupun dingin. Anda bisa menyetel suhu ideal antara 24 hingga 26 derajat celcius untuk pendinginan dan penghematan energi yang tepat.

Sejasa hadir dengan layanan Service AC yang mempermudah Anda dalam menemukan jasa perbaikan Ac di rumah, apartemen, hingga perkantoran. Terdapat beragam pilihan layanan, mulai dari cuci AC, isi freon, jasa bongkar pasang, pengecekan, vacuum, dan banyak lagi. Harga telah terstandarisasi dan dikerjakan oleh teknisi profesional. Pesan sekarang di website sejasa.com atau aplikasi Sejasa.

penggunaan ac musim hujan
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.