10 Cara untuk Jadikan Rumah Rapi dan Bersih Setiap Hari

rumah rapi

Rumah rapi dan bersih tidak terwujud dengan peralatan pembersih yang canggih dan mahal atau pembersihan dan penataan setiap jam. Namun, hal ini bergantung pada keinginan dan kemampuan pemilik rumah untuk mewujudkannya. Mulai dari kemampuan mengatur pekerjaan rumah, waktu membersihkan rumah, hingga pembagian tugas dengan anggota keluarga.

Untuk Anda yang selalu ingin memiliki rumah rapi dan bersih, Anda bisa menyimak beberapa cara seperti berikut ini.

Cara Menciptakan Rumah Rapi dan Bersih

Mengerti Bagaimana Memberi Ruang

Cara pertama adalah tahu bagaimana mengatur barang-barang yang ada dan mengosongkan ruang. Jangan menumpuk barang secara acak. Untuk melakukan cara ini, mulailah mengikuti aturan, misalnya, satu masuk, satu keluar. Ketika Anda membeli sesuatu yang baru, Anda dapat menjual yang lama atau memberikannya kepada orang lain untuk memberi ruang bagi yang baru. Juga, jangan letakkan piring di atas meja dan jangan biarkan meja kotor.

Perhatikan Permukaan Tempat Sampah

Biasanya, orang membuang sampah atau membersihkan tempat sampah ketika sampah menumpuk dan menggunung. Jangan menunggu sampai sampah menumpuk banyak. Permukaan tempat sampah yang rata tidak hanya membuat lebih indah, tetapi juga lebih mudah untuk dibersihkan.

Tetapkan Jadwal Pembersihan

Orang yang tinggal di rumah rapi dan bersih cenderung memiliki jadwal bersih-bersih dan rutinitas harian agar kotoran dan cucian tidak sampai menumpuk. Misalnya, mereka menetapkan hari tertentu untuk menyapu atau mencuci setiap hari Jumat atau Sabtu. Terlepas dari itu, Anda masih perlu melakukan hal-hal kecil setiap hari.

Selalu Berpikir Sehat

Meninggalkan sepatu Anda di depan pintu atau di teras rumah, akan mencegahkotoran, daun, dan barang lainnya masuk ke rumah Anda yang dapat dengan cepat mengotori lantai Anda. Ini adalah salah satu contoh pemikiran sehat. Gunakan rak sepatu tertutup agar tidak kotor.

Dapat Memberikan Tempat untuk Setiap Barang

Mungkin sulit untuk sepenuhnya menghilangkan kekacauan dan tumpukan dari rumah Anda jika ada begitu banyak barang yang tidak pada tempatnya. Jadi pastikan setiap barang yang Anda miliki disimpan dan ditempatkan dengan tepat.

Dapatkan Cara Cerdas untuk Menyimpan

Orang yang memiliki rumah rapi dan bersih menggunakan kecerdasannya untuk menjaga barang-barang tetap teratur. Semuanya diatur sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan mudah dan melihat sesuatu dengan lebih jelas. Pertimbangkan penyimpanan dan pengaturan sebagai bagian dari dekorasi Anda. Tidak hanya membuat bersih dan rapi, tapi juga memanjakan mata.

Selalu Menaruh Barang di Tempat Asalnya

Orang-orang yang rumahnya selalu tampak rapi dan bersih, tidak menunggu sampai semuanya tampak seperti ledakan bom. Misalnya, Anda menata ulang bantal dan kasur, melipat selimut setelah Anda bangun dari tempat tidur. Mintalah anak-anak memasukkan kembali mainan ke dalam kotak, menggantung pakaian setelah dicuci, dan melipatnya sebelum menyetrika saat sudah kering.

Pembagian Tugas

Membersihkan rumah adalah tanggung jawab setiap anggota keluarga. Setiap orang perlu membersihkan debu, membuang sampah, menyapu dan lain-lain. Setiap anggota keluarga memiliki tugas mingguan. Tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak ikut bertanggung jawab.

Jadikan Bersih-Bersih sebagai Aktivitas yang Menyenangkan

Jadikan pembersihan rumah menjadi hal menyenangkan dengan mendengarkan podcast favorit Anda. Dapatkan headphone bluetooth nirkabel yang memberi Anda kebebasan untuk bergerak di sekitar rumah. Anda bahkan dapat melakukan cukup banyak latihan kaki yang dapat menjadi bagian dari latihan.

Tangani Piring Kotor dengan Segera

Jika Anda bangun dan melihat di wastafel yang penuh dengan piring kotor, praktis membuat rumah menjadi kotor. Untuk melakukan ini, cuci piring dan peralatan lainnya segera setelah digunakan. Jangan biarkan sisa makanan menempel, yang dapat mempersulit pembersihan dan bahkan menyebabkan bau yang tidak sedap. Berhati-hatilah terlebih dahulu agar tidak ada piring kotor yang bisa merusak suasana esok hari.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan rumah rapi dan bersih. Tentunya bagi Anda yang mempunyai banyak waktu longgar bisa melakukan hal ini. Namun bagi Anda yang tidak banyak mempunyai waktu longgar, maka untuk mendapatkan rumah rapi dan bersih Anda bisa membuka website Sejasa.com dan dapatkan jasa bersih rumah yang berkualitas.

Penyedia jasa Daily Cleaning Sejasa akan menjadi solusi terbaik, memberi manfaat yang lebih besar demi kebersihan dan kerapian rumah. Bagi Anda yang membutuhkan layanan jasa ini,  Anda bisa menemukan penyedia jasa terpercaya di aplikasi Sejasa maupun website Sejasa.com. Nikmati kemudahan dan praktisnya menemukan jasa pembersih rumah yang profesional hanya dalam genggaman.

rumah rapi
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *