Ini Rahasia Rumah Bersih dan Tertata Rapi Setiap Waktu

Rumah bersih akan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya. Untuk menciptakan rumah yang bersih setiap saat, memang tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus dilakukan secara rutin agar dapat mewujudkan rumah yang tetap bersih dan rapi di setiap sudut ruangan. Tim Sejasa telah merangkum rahasia penting untuk membuat rumah jadi bersih untuk Anda terapkan. Simak hingga selesai ya. 

Jadwalkan Bersih-Bersih Rumah Saat Pagi Hari

Pastikan untuk membersihkan rumah setidaknya 30 menit di pagi hari. Anda bisa menyapu, mencuci piring dan gelas kotor, menyeka area permukaan meja makan, meja ruang tamu, merapikan dan meletakkan barang-barang di tempatnya. Saat melakukan rutinitas ini setiap pagi, setidaknya sudah mengurangi kekacauan, sehingga rumah jadi bersih, rapi, dan tertata dengan baik.

Prioritaskan Area dan Pekerjaan Pembersihan Paling Penting

Untuk menjaga kebersihan rumah setiap saat, Anda sebagai pemilik rumah harus tahu pekerjaan yang perlu diprioritaskan. Misalnya, jika Anda adalah seorang Ibu dengan satu orang anak, maka area yang diprioritaskan adalah kamar, area bermain anak, dan mungkin ruang makan. Anda bisa membuat daftar kegiatan pembersihan yang harus segera diselesaikan dan yang bisa dikerjakan nanti.

Lepaskan Sepatu di Luar Rumah

Melepaskan sepatu saat akan memasuki rumah adalah salah satu upaya terbaik agar rumah bisa bersih. Anda dapat memakai sepasang sandal khusus untuk di dalam rumah sebagai gantinya. Cara ini mampu menghemat waktu pembersihan dan mengurangi bakteri dan kotoran lain masuk ke dalam rumah.

Bersihkan Area yang Sering Dilalui Setiap Hari

Area atau ruangan yang menjadi tempat lalu-lalang semua penghuni rumah dapat menyebarkan kotoran ke seluruh area rumah. Anda bisa mencegah hal ini dengan membersihkan area yang sering dilalui tersebut setiap hari, setidaknya setiap pagi. Pastikan pula untuk meletakkan alas kaki pada pintu masuk rumah.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, letakkanlah handuk khusus di dekat pintu masuk. Ini berguna untuk menyeka cakar hewan peliharaan saat mereka akan masuk ke dalam rumah.

Bersihkan Area Meja 

Menyeka area meja, terutama meja dapur dan meja makan penting untuk menjauhkan semut dari area tersebut. Dengan rutin membersihkan permukaan meja setiap malam sebelum tidur di malam hari, akan meminimalisir pekerjaan bersih-bersih keesokan paginya.

Stok Pembersih yang Cukup

Menjaga kebersihkan rumah saja tidak cukup, siapkan pembersih dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda. Pembersih ini dapat berupa cairan pembersih lantai, kaca, sabun cuci piring, dan lainnya. Simpanlah pembersih dan handuk cadangan di bawah setiap wastafel kamar mandi. Untuk pembersih lainnya, bisa disimpan di lemari penyimpanan khusus yang mudah dijangkau saat dibutuhkan.

Memiliki Tempat Penyimpanan Barang

Sewaktu-waktu, Anda pasti akan memiliki barang yang dirasa tidak perlu lagi. Namun, Anda ingin cepat memisahkannya dan hendak menanganinya dilain waktu. Untuk mengatasi ini, miliki tempat penyimpanan khusus atau keranjang untuk menyimpannya sementara. Jika ada tamu tak terduga datang, ini dapat jadi solusi terbaik agar rumah tidak terlihat berantakan oleh banyaknya tumpukan barang.

Selain itu, Anda harus membiasakan diri untuk meletakkan setiap barang yang masih dapat dipakai pada tempatnya. Saat membutuhkannya, Anda sudah tahu harus mencarinya kemana. Pastikan untuk memiliki wadah penyimpanan untuk masing-masing barang agar segalanya tertata rapi.

Mencuci Peralatan Makan dengan Segera

rumah bersih

Mencuci piring, gelas, sendok dan alat makan lainnya setelah makan akan terasa sangat ringan jika dilakukan dengan segera. Jangan biarkan tumpukan peralatan makan yang kotor hingga berhari-hari. Hal itu akan menimbulkan aroma yang tidak sedap dan tumpukan kuman.

Kamar Mandi yang Bersih

rumah bersih

Usahakan untuk menyeka dan menyikat permukaan toilet, lantai dan dinding kamar mandi setiap hari, ini berguna untuk meminimalisir tumpukan noda dan kuman. Pastikan pula untuk menyeka permukaan rak peralatan mandi agar tetap bersih dan menatanya dengan rapi.

Manfaatkan Jasa Pembersihan Profesional

Jika Anda merasa kesulitan untuk membersihkan rumah karena padatnya aktivitas kerja, jasa pembersihan profesional adalah solusi terbaik. Sejasa menyediakan jasa pembersihan profesional yang akan membuat rumah Anda bersih dan tertata rapi di setiap sudutnya. Jangan khawatir, penyedia jasa yang akan membersihkan rumah Anda adalah mereka yang berpengalaman dan profesional. Tidak hanya membersihkan dan merapikan rumah, ada pula layanan tambahan berupa disinfektan dan setrika.

Anda bisa memesan Jasa Daily Cleaning Sejasa melalui website sejasa.com atau aplikasi Sejasa yang bisa diunduh gratis di Play Store dan App Store. Sekarang, Anda dapat merasakan rumah bersih, rapi dan nyaman tanpa rasa lelah.

bersih rumah
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *