10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Menentukan Desain Rumah

desain rumah

Siapapun menginginkan untuk mempunyai rumah idaman sebagai tempat tinggal bersama keluarga. Adapun kriteria tentang rumah idaman tergantung dari masing-masing orang. Nah, untuk memiliki rumah idaman tersebut, banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari bahan bangunan, furniture, sampai dengan desain rumah yang akan dibangun.

Memilih desain rumah dan pengaturan interior yang tepat merupakan hal yang harus dilakukan. Desain rumah yang tepat akan membuat semua bagian dan ruangan rumah akan menjadi lebih indah dan tentunya sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan membuat Anda dan anggota keluarga merasa nyaman dan betah tinggal di rumah.

Beberapa Hal Penting dalam Desain Rumah yang Harus Diperhatikan

Gaya Rumah yang Tepat

Pemilihan gaya rumah yang tepat menjadi hal utama yang harus dipikirkan dalam desain rumah. Hal ini berlaku untuk bagian keseluruhan dari rumah, baik untuk desain eksterior maupun desain interiornya. Anda bisa memilih gaya rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Beberapa pilihan yang cukup populer adalah rumah minimalis, rumah klasik, rumah ala skandinavia, dan lainnya.

Jumlah Kamar Tidur

Jumlah kamar tidur akan mempengaruhi ketersediaan area untuk ruangan yang lain, jadi harus diperhitungkan dengan cermat. Bagi keluarga kecil, mungkin 2 kamar tidur saja bisa dipertimbangkan.

Namun, bagi keluarga yang sudah mempunyai beberapa anak, maka harus menyediakan jumlah kamar tidur untuk masing-masing anak. Tentukan jumlah kamar tidur yang tepat dan sesuai dengan luas rumah, agar seluruh ruang yang ada di dalamnya bisa nyaman dalam porsi yang berimbang.

Jumlah Lantai

desain rumah

Saat Anda membangun rumah mulai dari awal, maka akan lebih leluasa untuk memilih desain rumah tersebut secara keseluruhan. Anda bisa membangun rumah dengan 2 lantai untuk mendapatkan ruangan yang lebih luas. Namun apabila lahan yang tersedia sudah cukup luas, maka rumah dengan 1 lantai saja sudah cukup nyaman. Pertimbangkan hal ini dengan matang agar kelak rumah benar-benar nyaman dan sesuai dengan apa yang menjadi keinginan Anda.

Desain Kamar Utama

Kamar utama akan menjadi tempat dimana Anda akan beristirahat dengan nyaman. Selain fungsinya, tentu keindahan dari ruangan kamar tidur ini juga harus diperhatikan. Tentukan desain yang tepat untuk kamar utama ini, termasuk akses ke kamar mandi juga bisa menjadi pertimbangan.

Selain itu, pilih desain interior yang tepat dan sesuai dengan selera Anda. Upayakan menggunakan furniture yang tepat, sehingga Anda bisa merasa nyaman ketika berada di kamar. Simak inspirasi kamar tidur utama yang modern di sini.

Adanya Ruang Pendukung di Luar Ruang Utama

Sebuah rumah idealnya memang memiliki beberapa ruang utama, antara lain ruang tengah, kamar tidur, kamar mandi, dan juga dapur. Namun hal ini tidak selalu menjadi patokan, apalagi jika Anda masih memiliki lahan yang kosong dan bisa dimanfaatkan.

Anda bisa membangun beberapa ruang pendukung lainnya, seperti ruang kerja, ruang bermain anak, ruang sholat, dan ruangan lain yang dirasa dibutuhkan. Ruang pendukung ini akan membuat rumah menjadi lebih nyaman lagi.

Jumlah Kamar Mandi

Anda juga harus membuat kamar mandi yang nyaman di rumah. jumlah kamar mandi bisa disesuakan dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan. Ada beberapa orang yang membuat kamar mandi pada setiap kamar tidur, namun ada juga yang hanya membuat kamar mandi utama saja.

Kamar mandi di sekitar ruang tengah atau dapur mungkin perlu Anda pikirkan. Pada umumnya, sekarang ini dalam setiap rumah paling tidak terdapat 2 kamar mandi.

Desain Dapur

Dapur  menjadi area yang penting di dalam rumah, bahkan sering menjadi perhatian bagi sebagian besar orang. Di tempat ini, Anda akan menyimpan banyak perabotan dan beraktivitas setiap harinya. Pastikan Anda memilih desain dapur yang tepat supaya aktivitas di dapur bisa berjalan dengan baik. Selain itu gunakan perabotan yang sesuai dengan kebutuhan dan juga ruangan dapur.

Evaluasi Denah Rumah

Pastikan Anda telah membuat denah rumah yang akan dibangun. Lakukan evaluasi pada denah rumah tersebut dan lihatlah gambaran dari rumah impian Anda dengan teliti sebelum Anda membangunnya. Dengan melakukan evaluasi, maka Anda bisa mendapatkan rumah impian yang sesuai dengan keinginan.

Perhatikan Fungsionalitas

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan fungsionalitas rumah Anda dengan lengkap. Rumah bukan saja tentang keindahan, namun harus berfungsi sebagai tempat tinggal yang nyaman dengan baik. Hal ini berlaku pada setiap sudut serta ruangan yang akan dibangun.

Sesuaikan dengan Lokasi Rumah

Pastikan desain yang Anda buat sudah disesuaikan dengan lokasi rumah Anda. Misalnya, apabila lokasi rumah Anda berada pada jalan utama, maka memasang pagar di seluruh area halaman rumah akan memberikan rasa aman dan nyaman.

Itu tadi beberapa poin yang harus Anda perhatikan dalam desain rumah yang akan Anda bangun nantinya. Bagi Anda yang akan membangun rumah dan membutuhkan desain rumah, segera kunjungi Sejasa.com atau download aplikasi Sejasa. Kami akan memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan jasa rumah Anda. Cek portofolio dan review penyedia jasa dengan mudah dan praktis.desain rumah

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.