Trik Jitu Desain Kamar Sempit, Tapi Tetap Nyaman

desain kamar

Apakah Anda memiliki kamar yang sempit dan ingin mengubah desain kamar agar dengan luas yang terbatas, tapi tetap nyaman untuk ditempati? Jika iya, maka Anda wajib mengetahui trik yang tepat dalam menata ulang kamar tersebut.

Memiliki kamar yang sempit tentu membuat siapapun terganggu untuk tidur apalagi untuk berlama-lama di kamar. Terlebih lagi kalau di kamar tersebut ada banyak barang atau furnitur, sehingga membuat sirkulasi udara minim dan jadi terasa panas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu tahu dan mengikuti trik berikut ini.

Tips Jitu Dalam Mengubah Desain Kamar Sempit

Kurangi Barang Di Kamar

Strategi pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mengurangi isi kamar dari barang-barang yang menumpuk. Segera sortir barang mana yang sekiranya perlu untuk ada di ruangan kamar dan mana yang tidak. Setelah itu, lakukan penataan untuk barang yang sesuai kebutuhan.

Namun sebisa mungkin letakkan barang-barang tersebut di lemari atau wadah agar tersimpan dengan lebih rapi. Anda bisa memilih lemari yang memiliki banyak ruangan. Bisa juga menambahkan storage khusus ke dalam lemari, untuk tempat penyimpanan barang-barang yang kecil.

Manfaatkan Ruang Kosong Jika Ada

Berikutnya cara untuk memaksimalkan kamar yang sempit yaitu dengan mendesain bagian ruangan kosong pada dinding. Anda bisa menggunakan dinding kamar sebagai ditempatkan rak dinding untuk menaruh buku, pajangan, atau benda lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan gantungan baju estetik pada dinding.

Namun, pastikan terlebih dahulu untuk menggantungkan barang tidak terlalu banyak atau bukan barang yang berat pada dinding. Hal ini bisa membuat penampilan dinding jadi terlihat sangat sempit dan tidak rapi.

Pakai Tempat Tidur Bertingkat

Anda bisa memanfaatkan pula tempat tidur bertingkat untuk tidur yang nyaman dan juga estetik. Tempat tidur bertingkat, bisa menjadi cara menata kamar yang sempit dengan menghemat uang. Pada lantai atas kamar, bisa Anda tempatkan tempat tidur sementara di bagian bawah bisa disulap menjadi ruang kerja atau lemari penyimpanan baju dan barang lain.

Dengan begini pada satu space di kamar, bisa Anda fungsikan ruangan dengan dua fungsi. Atau jika tidak ingin menggunakan tempat tidur bertingkat Anda bisa memilih tempat tidur yang rendah. Karena desain tempat tidur yang rendah akan membuat kamar Anda, jauh terasa lebih lega dibanding tempat tidur yang tinggi.

Dinding Kamar dengan Warna Cerah

Untuk bagian dinding kamar, pilihlah warna cerah dan senada dengan furniture yang ada di kamar. Warna yang senada antara bagian dinding dan furniture akan memberikan kesan kamar terlihat lebih lapang.

Selain itu kamar juga terlihat lebih menyatu desainnya antara satu sama lain. Untuk pemilihan warna cat dinding bisa juga dikonsultasikan dengan desainer interior. Untuk memaksimalkan bagian tempat tidur, maka harus memilih sprei yang motifnya sedikit. Bila perlu, bisa menggunakan sprei polos yang tidak punya motif sama sekali dengan warna yang cocok diaplikasikan sesuai dengan warna dinding kamar.

Atur Pencahayaan Kamar

Terakhir, trik untuk menata ulang desain kamar sempit adalah dengan mengatur pencahayaan semaksimal mungkin. Hal ini dapat membantu menciptakan ilusi kamar yang luas. Ketika kamar Anda memiliki cahaya yang minim atau redup, maka tampilannya akan terlihat lebih sempit.

Jika memang kamar Anda memiliki minim cahaya, maka bisa meletakkan lampu pada posisi yang tepat. Atau jika memiliki jendela pada kamar, maka bisa membuat tirai jendela agar cahaya matahari tetap bisa masuk dan menerangi seluruh sudut kamar.

Kini Anda tentu sudah tahu beberapa strategi untuk desain kamar yang sempit agar menjadi lebih luas dan lega. Semoga trik diatas dapat membantu mengatasi minimnya space pada area kamar tidur. Jika Anda membutuhkan konsultasi dengan desainer interior yang tepat, bisa menggunakan layanan Sejasa. Sejasa akan membantu Anda untuk menemukan desainer terbaik di kota Anda. Kunjungi sejasa.com atau download Aplikasi Sejasa sekarang!

desain kamar
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.