desain kamar tidur kecil sederhana

8 Desain Kamar Tidur Kecil Sederhana

Kamar tidur kecil sering dijadikan alasan untuk tidak menata sesuai keinginan. Meskipun ukurannya sempit, kamar tidur bisa dimaksimalkan dengan teknik yang benar. Seperti apa desain kamar tidur kecil sederhana yang unik? Bagaimana cara mendapatkan kenyamanan di ruang tidur yang terbatas? Artikel ini akan menjawab kedua pertanyaan tersebut.

Rak tempel dinding jadi meja

Ada beberapa kamar tidur sempit yang bahkan tidak cukup untuk ditambah meja samping ranjang sekalipun. Tak masalah! Anda bisa menggantinya dengan bangku untuk meletakkan buku, gelas, tanaman, atau dekorasi. Ide lain yang tak kalah kreatif dan fungsional adalah memasang rak yang menempel di dinding. Meskipun ukurannya kecil, ia akan tetap berguna dan tentunya hemat ruang. Cocok untuk tempat lampu tidur juga!

Kamar tidur kecil minimalis fungsional

Pada dasarnya, fungsi kamar tidur adalah sebagai tempat istirahat. Buat kamar senyaman mungkin dengan menggunakan barang-barang yang dibutuhkan untuk mendukung kualitas tidur Anda. Demi kamar tidur terasa lapang, utamakan fungsi dan hal-hal esensial di kamar. Ruangan ini mengandalkan dekorasi sederhana yaitu poster ukuran kecil dan sedang. Ada pula bangku kayu jadi tempat lampu, jam, dan tanaman mini. 

Poster kuning menjadi statement ruangan yang didominasi warna netral dan cool tone seperti putih, biru abu, dan abu-abu. Konsep ini cocok diterapkan untuk kamar siapa saja! 

Headboard bagai display

Ini dapat diterapkan di ruang tidur yang memanjang. Area headboard yang biasa hanya untuk sandaran kepala, bisa jadi tempat untuk memamerkan koleksi barang kecil. Foto, tanaman, lampu, dan jam weker misalnya. Tidak perlu lagi meja atau bangku di samping kasur. Sebagai gantinya, bangku dapat diletakkan di depan ranjang untuk meletakkan kebutuhan sebelum tidur. 

Storage di sudut yang tak ideal

Beberapa ruang tidur ada yang bentuknya tidak ideal misalnya ada sudut kosong dengan bentuk yang canggung. Seperti halnya ruangan satu ini. Desain kamar tidur kecil tersebut amat sederhana. Uniknya, sang pemilik memanfaatkan sudut asimetris dinding sebagai rak penyimpanan juga tempat dekorasi. Barang yang tidak ingin dipamerkan dimasukkan ke dalam boks kardus dan diletakkan di tempat yang tinggi. 

Storage di atas tempat tidur

 Apabila tidak memungkinkan untuk memiliki lemari besar di kamar, maka gunakan lemari yang tinggi. Lemari yang mampu diletakkan di kedua sisi tempat tidur dapat ditambahkan semacam jembatan pada bagian atas. Ruang baru ini dapat Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan ekstra. Buku dan kebutuhan sebelum tidur ditempatkan pada rak kecil di atas headboard. 

Dinding aksen dari wallpaper 

Dekorasi kamar tidur kecil berikut ini tampak jelas dari wallpaper. Ruangan yang serba putih mungkin terlihat membosankan. Oleh sebab itu, kehadiran wallpaper merah dengan pola yang besar menunjang interior kamar ini. Wallpaper tersebut tidak memenuhi ruangan, sehingga pantas dijadikan aksen. Sarung bantal serta tanaman dengan bunga warna merah muda pun hadir untuk mempermanis ruang tidur mungil ini.

Pakai kasur kecil 

Dalam penataan kamar tidur sempit, yang Anda butuhkan mungkin bukan kasur full size, melainkan kasur single ukuran kecil. Mengurangi ukuran kasur adalah solusi kamar tidur yang kecil agar terasa lebih luas dan banyak ruang. Trik ini dapat diterapkan untuk kamar tidur orang dewasa maupun anak-anak.

Kamar tidur sempit yang tampil berani

Ukuran kamar yang mungil bukan jadi alasan untuk tidak tampil berani. Kamar ini tampak cerah dengan cat warna kuning. Dengan dipadukan dengan abu-abu yang kontras, bagian ranjang seperti berada di bawah lampu sorot yang mengantar pandangan kita ke sana. Gabungan antara kuning yang hangat dan abu-abu yang dingin menjadi konsep yang dapat ditiru untuk make over kamar tidur kecil Anda.

Kamar tidur kecil bagai taman

Saat ini, mendekorasi dengan memasukkan unsur alami adalah satu hal yang sering dilakukan banyak orang. Dekorasi kamar tidur kecil berupa tanaman menjadi cara simpel untuk menjadikan kamar lebih hidup. Jika ingin tetap hemat tempat, gantung tanaman atau buat rak khusus di dinding sebagai taman mungil di kamar Anda.

Tips penataan kamar tidur sempit

Maksimalkan storage

Storage adalah unsur penting dalam menata kamar tidur yang sempit. Keterbatasan ruang mengharuskan Anda untuk pintar-pintar mencari celah yang bisa diubah jadi tempat penyimpanan. Beberapa titik yang dapat Anda manfaatkan misalnya, bawah kasur, dinding, dan sudut ruangan yang asimetris. 

Apabila biasanya menggunakan lemari ukuran standar, Anda dapat beralih ke lemari setinggi plafon. Fungsinya untuk merapikan dan menyembunyikan benda-benda yang tidak untuk dipajang. 

Storage di dinding berupa kabinet yang dipasang lebih tinggi dari kasur. Namun, jika khawatir ruangan akan terasa sesak, Anda dapat menggunakan floating shelf atau rak melayang sebagai tempat jam weker, koleksi pribadi, buku, maupun lampu tidur.

Pemilihan furnitur

Tidak dapat dipungkiri, ukuran ruangan memengaruhi pemilihan furnitur. Pada ruangan yang kecil, pilih lah perabot yang berukuran kecil yang nyaman bagi Anda. Misalnya, kasur ukuran single, kursi/meja kecil, serta lemari yang tinggi. 

Jika tetap memilih furnitur dengan ukuran normal, Anda harus memikirkan ruang gerak di ruang yang sempit sekalipun.

Pilih warna cat yang terang

Warna yang terang akan membuat ruangan lebih lapang seperti putih, krem, dan warna netral lainnya. Tembok dan plafon yang dicat warna senada membuat ruangan lebih terbuka. Agar tidak tampil polos dan membosankan, mainkan pola dan warna dari kasur, bed cover, atau bantal. 

Ide lain untuk menunjang desain kamar tidur kecil agar terlihat cerah dan luas yaitu warna kuning. Porsi yang pas untuk memasukkan unsur kuning ke dinding adalah dengan mengecatnya separuh ke bawah dari tinggi dinding. Sisanya, cat dengan warna putih atau warna netral lain.

Aksen untuk menambah warna

Mungkin bagi Anda ruangan serba putih justru tidak membantu Anda istirahat. Tidak ada yang salah dengan hal itu. Solusinya adalah memberikan aksen pada ruangan. Untuk tembok, pilihannya adalah mengecat dengan warna tertentu atau memasang wallpaper di salah satu sisinya. 

Sah-sah saja jika Anda menyukai pola wallpaper yang besar dengan warna yang berani. Jika ingin ruangan terlihat luas, batasi penggunaan dekorasi berpola besar. Terapkan trik ini pada hiasan kamar size kecil seperti sarung bantal dan lampu. Sementara itu, gunakan warna polos atau yang berpola kecil pada gorden dan perabot yang dialasi kain.

Pilihan pola dengan sedikit warna yang sama atau persis dengan konsep dasar ruangan, menciptakan kesinambungan desain. Cara ini dapat membuat kamar terlihat lebih besar dari aslinya.  

Jaga kerapian

Semua akan setuju dengan trik yang satu ini yakni menjaga kamar tetap rapi. Tidak perlu renovasi, tidak perlu keluar uang untuk dekorasi, mudah diterapkan, dan pastinya gratis. Dengan kamar yang rapi, kamar tidur sesempit apapun tetap nyaman untuk digunakan.

Tempatkan cermin di dalam kamar

Bagi kamar tidur sempit, cermin adalah sahabat sekaligus penyelamat. Cermin berfungsi memaksimalkan cahaya matahari yang masuk dengan memantulkan sinarnya ke seluruh penjuru ruangan. Selain itu, refleksinya menciptakan ilusi ruangan lebih luas hampir 2 kalinya. 

Anda dapat menggunakan cermin biasa atau lemari dengan cermin di pintunya. Tempatkan di sisi terdekat dengan jendela agar cahaya alami lebih mudah dipantulkan. 

Furnitur multifungsi

Selain ukuran, jenis furnitur yang patut masuk dalam daftar dekorasi adalah yang multifungsi. Bed frame kayu dengan storage di bawah kasur atau di headboard, meja lampu tidur yang ada lacinya, kursi kamar untuk menggantung baju atau menaruh buku, dan lainnya. 

Sofa bed pun jadi alternatif yang tepat demi menghemat ruang. Pada malam hingga pagi fungsinya sebagai tempat tidur, siang hingga sore tinggal dilipat untuk dijadikan tempat duduk santai atau bekerja. 

Tambahkan tanaman  

Tanaman tidak hanya cocok untuk dekorasi di ruang keluarga atau ruang tamu, tapi juga ruang tidur. Fungsi tanaman di dalam kamar tidur yang kecil adalah memberikan kesegaran, menambah warna, sekaligus menipu mata. Tanaman vertikal memandu pandangan ke atas sehingga kamar tampak lebih tinggi. Baik tanaman asli atau palsu akan memberikan efek yang sama, hanya produksi oksigennya yang berbeda.

Demikian adalah inspirasi desain kamar tidur kecil sederhana sekaligus tips dalam menata ruangan. Jangan khawatir Anda tidak bisa menghias ruangan sesuai selera. Terapkan kiat-kiat dari Sejasa dan lihat sendiri hasilnya!

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.