desain kamar tidur anak

15+ Ide Kreatif Desain Kamar Tidur Anak Tersayang

Menurut para ahli parenting, seorang anak sudah dapat tidur terpisah dari orang tua sejak menginjak usia dua tahun, atau paling lambat lima tahun. Dalam rentang usia tersebut, anak sedang dalam masa aktif bermain dan belajar sebagai bagian dari perkembangan kognitifnya, sehingga baik pengaruhnya untuk memberikan mereka ruang pribadi agar lebih leluasa mengekspresikan diri. Menyiapkan kamar tidur pribadi untuk buah hati adalah suatu pekerjaan yang menyenangkan sekaligus menantang. Menyenangkan karena anak Anda bisa mulai belajar mandiri sejak dini, dan menantang karena Anda harus berhati-hati dan tidak boleh sembarangan dalam melakukan desain kamar tidur anak.  Oleh karena itu, kini Sejasa.com akan memberikan tips dan inspirasi untuk Anda yang sedang merencanakan kamar untuk anak Anda.

15+ Inspirasi Desain Kamar Tidur Anak

Berikut inspirasi desain kamar tidur anak yang kami kumpulkan dari portofolio desainer interior dan kontraktor di Sejasa.com! Ayo scroll sampai bawah! Siapa tahu ada desain kamar tidur anak yang cocok dengan anak Anda!

1. Kamar tidur anak 3 ranjang, cocok bila Anda memiliki anak dengan umur yang berdekatan. Kamar tidur bersama juga dapat membuat tali persaudaraan anak-anak Anda semakin erat. lho.

Pengerjaan oleh: A+ Plan Architect and Interior

2. Kamar tidur anak mungil. Dengan besar ruangan yang tidak terlalu besar, Anda bisa menerapkan desain interior kamar tidur anak seperti ini. Furnitur multifungsi seperti meja yang bisa dilipat ke dalam lemari menjadi pilihan yang tepat untuk kamar mungil.

Pengerjaan oleh: Sujud Gunawan

3. Kamar tidur anak dengan pintu rahasia. Dengan adanya pintu yang terkoneksi dengan kamar orang tua, Anda tidak perlu khawatir mengontrol jam tidur maupun jam bermain anak Anda.

Pengerjaan oleh: Sujud Gunawan

4. Kamar tidur anak minimalis, sangat cocok dengan anak Anda yang remaja beranjak dewasa.  Poster-poster motivasi yang menghiasi tembok kamar pun memberikan energi positif bagi buah hati Anda.

Pengerjaan oleh: Ruang Komunal

5. Kamar tidur anak bergaya skandinavian. Sama dengan poin sebelumnya, desain ini cocok untuk anak Anda yang sudah beranjak dewasa. Keminimalisan dan manisnya gaya skandinavian akan membuat anak Anda nyaman dan bebas stres di masa proses pendewasaannya.

Pengerjaan oleh: La Casa Interiorn

6. Kamar tidur anak dengan motif wallpaper yang menyegarkan, membuat nuansa cerah yang menstimulasi otak anak Anda. Model tempat tidur klasik dengan rangka putih pun akan menjadi tempat tidur kesayangan anak perempuan Anda.

Pengerjaan oleh: La Casa Interiorn

7. Kamar tidur minimalis 2 tempat tidur. Dengan desain dan warna yang netral, kedua anak Anda tidak akan cerewet soal desain. Desain minimalis ini juga tidak perlu diubah hingga mereka beranjak dewasa. Suasana netral yang diberikan juga menjadikan kedua anak Anda dapat beristirahat dengan tenang.

Pengerjaan oleh: La Casa Interiorn

8. Desain kamar tidur anak ukuran 3×3, adalah ukuran yang sangat pas untuk kamar sang buah hati. Lemari, meja belajar, bahkan sofa kecil untuk bersantai, termasuk karpet untuk bermain di lantai, dapat Anda letakkan di kamar tidur anak Anda.

Pengerjaan oleh: Joen Design

9. Kamar tidur anak dengan tempat tidur bertingkat, untuk anak perempuan Anda. Dengan warna pink dan ungu ala princess, anak Anda pasti langsung jatuh hati dengan kamar ini!

Pengerjaan oleh: Intervisual

10. Kamar tidur anak dengan ranjang tarik akan menghemat ruang gerak untuk anak Anda bermain dan beraktivitas. Keberadaan jendela kecil di kamar juga memberikan akses masuk bagi udara dan cahaya alami.

Pengerjaan oleh: Inbetween Interior

11. Desain kamar tidur anak sempit, dapat tetap dedesain dengan cantik. Gunakan ranjang kecil dan juga meja belajar yang multifungsi. Sentuhan cover tempat duduk bermotif cantik pun akan mempermanis ruang anak Anda.

Pengerjaan oleh: Graharupa Studio

12. Kamar tidur anak luas, untuk dua buah hati Anda. Bila Anda ingin memastikan anak Anda tidak terjatuh di saat tidur, gunakan tempat tidur berteralis pengaman di pinggirnya. Wallpaper bermotif lucu dan luasnya kamar pun akan membuat anak Anda semakin betah di kamar.

Pengerjaan oleh: Swan Design

13. Kamar tidur anak nuansa kayu. Warna lembut dan tekstur kayu yang manis akan membuat desain kamar terasa klasik. Poster band kesukaan bernuansa netral juga dipasang indah di sudut kamar.

Pengerjaan oleh: Swan Design

14. Kamar tidur anak perempuan 2 ranjang, untuk kedua buah hati Anda. Dengan sentuhan warna ungu yang feminin dan anggun, desain ini akan sesuai dengan anak perempuan Anda hingga beranjak dewasa.

Pengerjaan oleh: Swan Design

15. Kamar tidur anak perempuan sederhana, tidak perlu banyak kombinasi warna. Gunakan warna lembut dan manfaatkan pantulan cermin untuk kesan kamar yang lebih luas.

Pengerjaan oleh: Swan Design

16. Kamar anak sederhana, dengan ukuran ruang yang sempit, Anda tidak perlu terlalu pusing mendekorasi kamar. Fokuskan kamar tidur anak Anda hanya sebagai tempat beristirahat.

Pengerjaan oleh: Swan Design

7 Tips Mendesain Kamar Anak

Beberapa dari Anda mungkin masih khawatir untuk membiarkan anak tidur di kamar sendiri di usia yang sekecil itu. Khawatir akan resiko terjatuh dari kasur, khawatir anak Anda akan merasa kesepian ketika malam, dan kekhawatiran-kekhawatiran lainnya yang menghantui Anda. Untuk memastikan anak Anda merasa nyaman dan aman di kamarnya dan juga untuk mengurangi kekhawatiran Anda, ada beberapa tips yang dapat berguna untuk Anda dalam merencanakan desain kamar tidur yang baik untuk buah hati Anda. Berikut ulasannya!

1. Tentukan tema

Tema merupakan jantung dari sebuah ruangan, tidak terkecuali kamar tidur anak. Anda bisa memilih hal-hal favorit, atau karakter-karakter kartun yang paling mereka sukai sebagai tema utama kamar tidur mereka, seperti mobil, superhero, strawberry, Hello Kitty, Barbie, Minions, dan lain-lain. Kamar yang didesain sesuai kesukaan mereka akan membuat anak-anak merasa kerasan dan nyaman berlama-lama di kamarnya.

2. Gunakan tempat tidur yang sesuai

Untuk urusan tempat tidur, hindari menggunakan tempat tidur berukuran terlalu besar dan terlalu tinggi untuk kamar anak Anda. Tempat tidur yang terlalu besar akan membuat lantai tempatnya bermain menjadi lebih sempit, sedangkan tempat tidur yang terlalu tinggi dapat mencelakakan buah hati Anda apabila terjatuh. Sebagai solusi, Anda dapat memilih tempat tidur jenis twin size dengan ketinggian rendah sampai sedang untuk ditempatkan di kamar tidur anak.

3. Pilih furnitur yang awet dan tahan lama

Furnitur kecil nan lucu memang sangat menarik untuk dibeli karena bisa membuat kamar tidur anak lebih semarak, namun seiring berjalannya waktu, anak-anak akan beranjak dewasa, dan kadar kesukaan mereka pada barang-barang lucu tersebut juga akan semakin tiada. Nantinya, apakah mereka akan tetap menyukai hal-hal lucu tersebut? Terlebih untuk anak laki-laki. Bisa saja setahun kemudian anak tidak akan menyukai barang-barang yang tadinya ia anggap lucu, sehingga Anda terpaksa harus membeli furnitur baru. Nah, untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda menggunakan furnitur yang simpel, minimalis, dan tidak terlalu fancy untuk area kamar tidur anak.

4. Manfaatkan mainan sebagai dekorasi kamar

Jangan sia-siakan boneka, miniatur, atau karikatur kesukaan anak hanya dengan menyimpannya di kotak mainan. Anda bisa memanfaatkan barang-barang tersebut untuk dekorasi ruangan yang ternyata dapat mempercantik tampilan kamar tidur anak Anda, lho. Selain itu, letakkan juga mainan edukatif di kamar tidur anak Anda. Sebut saja buku, rubik, atau puzzle. Apabila anak Anda sudah mampu membaca, buku akan memperluas wawasannya, sementara rubik dan puzzle dapat mengasah ketajaman berpikir mereka.

5. Pilih palet warna cerah

Warna cerah dinilai akan memberikan kesan ceria, dan dapat menstimulasi kreativitas anak-anak. Inilah mengapa kamar tidur anak lazimnya memang dicat dengan warna-warna yang vibrant. Perhatikan juga perpaduan antara warna cat dinding dan warna furnitur yang akan Anda gunakan, jangan sampai terlalu kontras antar satu warna dengan warna yang lain sehingga kamar malah terkesan norak.

6. Dekorasi langit-langit kamar

Banyak orang yang terlalu fokus hanya pada bagian dinding, furnitur, dan lantai sampai-sampai lupa bahwa mereka juga bisa memvariasikan bagian plafon kamar. Anda bisa mendekorasi langit-langit kamar dengan gambar awan, atau mungkin pemandangan langit malam lengkap dengan tempelan bintang-bintang yang dapat berpendar dalam gelap untuk menemani tidur malam si buah hati tercinta.

7. Gunakan karpet

Karena anak-anak biasanya sering menghabiskan waktu bermain di area lantai, pastikan untuk melapisi lantai kamar tidur anak dengan alas lantai, yaitu karpet. Lantai yang terasa dingin ketika dipijak bisa saja memicu penyakit di tubuh anak-anak, sehingga karpet digunakan sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit yang dapat menjangkiti mereka. Selain itu, karpet dapat menambah keindahan ruangan, dan juga melindungi permukaan lantai dari resiko tergores mainan. Gunakan jenis karpet berbulu pendek, dengan motif-motif unik. Karpet evamat juga menjadi salah satu jenis karpet yang lazim digunakan untuk kamar tidur anak-anak.

Nah, itulah 7 tips serta berbagai inspirasi untuk membantu Anda menentukan desain kamar tidur anak. Untuk perencanaan dan eksekusi yang lebih matang, selalu pastikan Anda menggunakan jasa desain interior yang berkualitas.

Butuh Jasa Desainer Interior Rumah Terpercaya?

Dapatkan jasa desainer interior untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa desainer interior sekarang! >>

Comments

comments

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.