5 Tips Menata Rumah Minimalis Agar Lebih Lapang

rumah minimalis

Memiliki rumah minimalis adalah dambaan banyak orang, terutama para milenial yang hidup di perkotaan. Rumah dengan konsep minimalis menjadi populer karena merupakan rumah efisien dibangun di lahan yang sempit. Selain itu, tampilannya sederhana namun tetap modern. Ketika Anda sudah memiliki rumah dengan tema minimalis yang sudah jadi alias siap dihuni, tentu ada PR berikutnya yaitu masalah penataan.

Anda harus bijak dan paham cara penataan rumah dengan model minimalis. Ini penting agar ruangan rumah yang terbilang cukup sempit dan kecil menjadi tetap lapang. Untuk itu, Anda perlu menerapkan beberapa tips berikut dalam menangani penataan di dalam rumah.

Menata Rumah Minimalis

Berikut ini beberapa tips dalam penataan rumah dengan tema minimalis, terutama bagi Anda yang baru memasuki rumah baru.

Beli Perabotan Lebih Bijak

Ketika memiliki perabotan untuk dimasukkan ke dalam rumah, pertimbangkanlah apakah perabotan tersebut muat di ruangan Anda. Terlebih untuk perabotan yang tidak sesuai dengan tema rumah minimalis. Maka dari itu, Anda perlu bijak dalam menyiasati pemilihan perabotan.

Usahakan untuk memilih perabotan yang memang benar-benar dibutuhkan untuk membuat penataan rumah jadi lebih efektif. Anda bisa melakukan strategi yaitu menggunakan perabotan dan juga furniture multifungsi meskipun ukurannya besar. Seperti memilih kasur lipat yang bisa digunakan dan dilipat kembali saat tidak dipakai.

Anda juga bisa memanfaatkan penggunaan lemari yang besar, tetapi punya banyak ruang untuk membuat barang barang bisa masuk ke dalam lemari semuanya. Ada wajib menghindari penggunaan ornamen tebal dan bentuknya bulat karena akan membuatnya tampak sangat besar.. Untuk membuat ilusi perabotan yang tidak terlalu menumpuk di rumah, maka pilih warna perabotan yang selaras dengan dinding ruangan. Apabila terlalu banyak warna atau penggunakan pola di dalam suatu ruangan, akan membuat ruangan terlihat sangat sesak.

Penataan Perabotan

rumah minimalis

Setelah melakukan pemilihan perabotan, kini saatnya anda menatanya. Anda bisa meletakkan sofa minimalis di ruang tamu yang dirapatkan ke dinding, agar tidak ada space yang terbuang. Kemudian, Anda bisa meletakkan meja ruang tamu dan meja TV di hadapan sofa agar penggunaan ruang jauh lebih efisien. Untuk peletakan sofa, jangan dibuat terpisah-pisah dalam satu ruangan, karena akan memakan banyak tempat. Anda bisa melakukannya dengan cara berdempetan dan memanjang untuk membuat sofa bisa diduduki banyak orang. Ini juga dapat membuat efisiensi ruangan.

Miliki Ruangan Multifungsi

Bagi Anda punya rumah model minimalis maka wajib memiliki ruangan multifungsi. Ruangan multifungsi akan membuat ruangan jauh lebih hemat dan rumah jadi terasa lebih luas penampilannya.

Misalnya Anda bisa menggabungkan ruang makan dan dapur pada satu ruangan. Atau cara lainnya yaitu dengan penataan ruang tamu yang disatukan dengan ruang keluarga. Cara ini juga dapat membuat Anda hemat energi, karena penataan ruangan dan membersihkan perabotan di dalam rumah jadi lebih cepat. Membuat ruangan multifungsi seperti ini, juga memiliki tujuan yaitu menghindari furniture yang terlalu banyak.

Kurangi Penggunaan Sekat atau Partisi

rumah minimalis

Anda juga bisa menyiasati penataan rumah dengan tema minimalis yaitu lewat pengurangan penggunaan sekat. Penggunaan sekat bisa membuat fungsi ruangan jadi lebih jelas, namun perlu diketahui bahwa ruangan akan menjadi lebih sempit karena ada pengalokasian ruangan yang dibatasi dengan sekat.

Dengan mengurangi penggunaan sekat-sekat pada rumah, maka ruangan akan tampak lebih lapang. Agar Anda tidak bingung dalam membedakan ruangan tanpa sekat, maka bisa memakai warna lantai atau pemakaian karpet yang berbeda. Dengan cara ini Anda bisa membuat sekat tanpa pemakaian pembatas ruangan.

Menjaga Kebersihan Rumah

Cara yang terakhir untuk menata rumah minimalis adalah dengan selalu menjaga kebersihan rumah agar terlihat rapi dan tidak kotor. Anda tidak hanya harus menyapu dan mengepel lantai, tapi juga harus mengosongkan keranjang cucian dan membersihkan kamar mandi. Jangan lupa juga untuk selalu mengalah perabotan agar tidak berdebu.

Lakukan rutinitas tersebut secara rutin agar kegiatan membersihkan rumah jadi tidak terlalu berat. Apalagi jika Anda memiliki banyak anggota keluarga di rumah, maka bisa melibatkan anggota keluarga untuk melakukan bersih-bersih. Jika memang kesulitan untuk melakukan bersih-bersih rumah, maka Anda bisa memesan layanan daily cleaning.

Itu tadi  beberapa tips penataan rumah minimalis, yang bisa di aplikasikan di rumah Anda. Bagi sedang mencari kontraktor bangunan atau  berencana untuk melakukan renovasi rumah dengan tema minimalis, maka Anda bisa manfaatkan website sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Sejasa membantu Anda untuk menemukan jasa yang dibutuhkan sesuai dengan kriteria tertentu.

rumah minimalis
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.