renovasi rumah subsidi

Renovasi Rumah Subsidi dengan Pilihan Bahan Bangunan Berkualitas

Bahan bangunan merupakan unsur utama yang digunakan untuk membangun sebuah rumah. Sedangkan pemilihan bahan yang berkualitas, tentu menjadi unsur penting yang harus diperhatikan. Pasalnya, kualitas dari bahan akan berpengaruh pada kokoh tidaknya sebuah bangunan.

Hal tersebut, tentu berbanding terbalik dengan kondisi rumah subsidi. Rumah yang dibangun dengan harga terjangkau, tentu bahan yang digunakan juga bahan terjangkau berkualitas sedang. Maka dari itu, tidak begitu menjamin kekuatan rumah tersebut.

Jika Anda memilih untuk membelinya, maka penting untuk melakukan renovasi rumah subsidi dalam waktu dekat. Lantas, pilihan bahan bangunan seperti apa yang harus Anda pilih? Berikut Tim Sejasa telah merangkum 7 bahan rumah berkualitas agar rumah kokoh.

Semen Bagus dan Berkualitas

renovasi rumah subsidi

Pemilihan semen sangat berpengaruh pada kualitas dinding dan lantai rumah Anda. Maka dari itu, pastikan semen yang digunakan adalah semen yang berkualitas dan teruji. Untuk memastikan kualitas semen, hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu semen dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Kedua yaitu semen berwarna terang dan tidak terlalu gelap. Semen berwarna gelap memiliki kandungan MgO tinggi, sehingga mengakibatkan tembok mudah retak. Selain kedua hal tersebut, pertimbangan harga juga dapat Anda jadikan sebagai patokan kualitas dari semen itu sendiri.

Pasir Berkualitas Tinggi

Pemilihan pasir yang berkualitas dapat Anda lakukan dengan cara melihat butiran dari pasir tersebut. Jika butiran terlihat beragam dan tajam, maka pasir berkualitas baik. Selain itu, Anda juga dapat mengujinya dengan mencampurkan dengan air. Jika pasir tidak menggumpal, maka sudah teruji kualitasnya.

Bata Merah

Saat ini ada beragam jenis bata mulai dari bata merah, batako, bata putih dan lain sebagainya. Namun yang berkualitas tetaplah batu merah. Meskipun harganya lebih mahal dibanding dengan bata lain, namun bata ini memiliki kekuatan lebih jika dibandingkan dengan batako.

Untuk mengujinya, dapat Anda lakukan dengan mengetuk bata tersebut. Jika bata bertekstur keras dan tidak pecah saat diketuk, maka sudah dipastikan bata berkualitas baik.

Besi Kokoh

Penggunaan besi saat ini digunakan untuk rangka genting sebagai pengganti kayu. Maka dari itu, pastikan besi yang Anda gunakan adalah besi yang kokoh dan telah memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI).

Meskipun pilihan besi saat ini sangat beragam dengan harga dan ketebalan yang beragam, namun, pastikan besi yang Anda pilih adalah besi yang berkualitas baik. Rata-rata tebal besi yang digunakan adalah besi yang memiliki ketebalan 8mm.

Kayu Berkualitas

Kayu yang digunakan juga harus kayu yang berkualitas, supaya tidak cepat lapuk dan keropos akibat dimakan rayap. Jenis kayu yang biasa digunakan adalah kayu Jati, kayu Rasamala dan kayu Kamper Samarinda. Selain itu pastikan kayu yang Anda gunakan adalah kayu yang memiliki kandungan air kecil. Hal ini dipilih untuk mengurangi pelapukan saat penggunaan.

Genteng atau Atap Berkualitas Tinggi

Pilihan genteng atau material atap yang berkualitas juga sangat penting. Pasalnya genteng merupakan unsur utama dalam sebuah rumah yang melindungi kita dari hujan dan terik matahari. Ada beberapa jenis genting yang dapat Anda pilih, yaitu genting yang terbuat dari tanah liat, keramik, beton, aspal dan metal. Untuk jenisnya dapat Anda sesuaikan dengan keinginan, namun pastikan pilihan tersebut memiliki kualitas yang bagus.

Keramik Bagus dan Modern

Pilihan keramik modern juga dapat dijadikan untuk investasi masa jangka panjang. Keramik modern memiliki model yang akan bertahan lama, sehingga rumah tidak terlihat ketinggalan zaman dan tetap kekinian.

Ketujuh bahan bangunan di atas, dapat Anda jadikan pilihan dalam melakukan renovasi rumah subsidi. Dengan begitu, Anda tidak perlu merenovasinya setiap tahun dikarenakan pemakaian bahan yang tidak berkualitas. Temukan informasi update seputar harga bahan bangunan di sini.

Namun, untuk memastikan semua itu diterapkan dengan baik, maka pilihlah kontraktor dan kuli bangunan yang profesional dan berdedikasi tinggi bagi renovasi rumah subsidi Anda. Anda dapat menemukan jasa kontraktor bangunan terpercaya melalui aplikasi Sejasa atau website Sejasa.com.

Sejasa akan memberikan penawaran terbaik untuk renovasi rumah Anda. Tak hanya itu, Anda dapat berkonsultasi dengan vendor kami mengenai detail pembangunan rumah. Tersedia layanan tambahan Project Controller yang akan memastikan kualitas proyek Anda.

renovasi rumah subsidi
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *