cara menghilangkan sakit kepala

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Mudah dan Praktis

Sakit kepala bisa terjadi karena banyak hal. Merasakan sakit kepala pun bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan yang lain pada tubuh. Mulai dari penyebab ringan seperti kurang minum air putih, cuaca yang terlalu panas, hingga penyebab yang berat seperti keracunan makanan atau kondisi serius yang lain. Lalu bagaimana cara menghilangkan sakit kepala dengan mudah?

Sebenarnya cara mengatasi sakit kepala harus disesuaikan dengan penyebab terjadinya sakit kepala. Inilah beberapa cara untuk mengatasi sakit kepala ringan yang sederhana, mudah, dan praktis dilakukan.

Perbanyak Minum Air Putih

Cara menghilangkan sakit kepala yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah minum air putih. Biasanya sakit kepala itu terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Sakit kepala biasanya bisa hilang minimal 30 menit setelah Anda mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Selain itu, Anda bisa mengkonsumsi buah yang banyak mengandung air, seperti semangka atau melon. Dengan begitu, tubuh tidak akan mengalami dehidrasi dan sakit kepala cepat reda.

Tidur yang Cukup

Kurang tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala, terutama apabila Anda tidur kurang dari enam jam pada malam hari. Sebaliknya, terlalu banyak tidur atau tidur selama belasan jam dalam sehari juga dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk membantu menghilangkan sakit kepala secara alami, aturlah pola tidur yang baik. Selain itu, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang berkualitas, yaitu tujuh sampai delapan jam per hari.  

Hindari Makanan Pemicu Sakit Kepala

Beberapa orang mengalami sakit kepala ketika selesai mengkonsumsi jenis makanan tertentu, seperti keju, alkohol, cokelat, jeruk sampai kopi. Penelitian juga menunjukkan, beberapa orang yang sensitif dengan histamin menjadi sakit kepala ketika mengkonsumsi makanan yang cukup tinggi mengandung zat ini. Untuk itu, bagi orang yang sensitif histamin atau alergi makanan tertentu, sebaiknya menghindari makanan pemicu sakit kepala.

Gunakan Minyak Esensial Lavender dan Peppermint

Minyak esensial lavender dan peppermint juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan sakit kepala. Cara menghilangkan sakit kepala dengan cara alami dengan minyak esensial peppermint cukup mudah. Anda cukup mengoleskan minyak esensial ini ke pelipis Anda. Sedangkan menghilangkan sakit kepala dengan minyak esensial lavender agak berbeda, Anda harus menghirupnya dengan menggunakan diffuser. Atau bisa juga dengan mengoleskan di bawah hidung, sehingga minyak esensial ini bisa Anda hirup.

Minum Teh atau Kopi

Untuk orang-orang yang tidak sensitif dengan kafein, minum kopi atau teh juga bisa membantu untuk meredakan sakit kepala secara alami. Tak hanya minum asupan yang berkafein saja, dengan menghirup aroma dari minuman yang berkafein juga bisa membantu meredakan sakit kepala.

Kafein bisa meningkatkan suasana hati, meningkatkan kewaspadaan sampai membantu meringankan rasa sakit kepala. Namun perlu diingat, apabila sudah terbiasa minum asupan berkafein, kemudian tiba-tiba berhenti maka bisa menimbulkan sakit kepala juga. Untuk itu hindari mengonsumsi kafein yang berlebihan.

Lakukan Pijatan Ringan

Beberapa penelitian menunjukkan, memijat beberapa bagian tubuh bisa menghilangkan rasa sakit kepala secara alami. Anda bisa melakukan pijat mandiri untuk sakit kepala di rumah dengan memijat sekitar area di antara alis, leher dan pelipis. Pijat ringan ini dapat membantu meredakan sakit kepala karena tegang yang mungkin muncul akibat stres.

Minum Jahe Hangat

Jahe mengandung zat anti oksidan dan anti peradangan yang potensial untuk membantu meredakan sakit kepala. Tidak hanya meredakan sakit kepala, minuman jahe hangat juga bisa membantu gejala penyerta migraine dan sakit kepala parah seperti mual sampai muntah. Agar lebih relaks ketika sakit kepala menyerang, sebelum minum wedang jahe hirup dulu wanginya sebelum menyeruput minuman ini.

Itulah beberapa cara menghilangkan sakit kepala yang dapat Anda lakukan di rumah. Apabila beberapa cara tersebut belum bisa menghilangkan rasa sakit kepala, maka sebaiknya Anda segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.  
_____

Temukan penyedia jasa rumah yang profesional dan berkualitas di Aplikasi Sejasa dan website sejasa.com. Penuhi kebutuhan jasa rumah Anda, mulai dari cleaning, servis AC dan elektronik lainnya, massage, pertukangan, renovasi rumah, dan banyak lagi hanya bersama Sejasa. Konfirmasi pemesanan cepat, mudah, dan praktis.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *