Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Hal Interior Apartemen

desain apartemen

Apartemen merupakan salah satu hunian yang paling populer dan memberikan kemudahan bagi penghuninya. Umumnya, gedung apartemen berlokasi dekat dengan pusat kota, sehingga apartemen umumnya kerap dijadikan tempat tinggal alternatif. Meski ukuran apartemen tidak terlalu besar, sebenarnya sangat mudah untuk didekorasi agar lebih nyaman. Untuk mencapai hal itu, konsep desain interior apartemen dan gaya dekorasi yang tepat menjadi hal yang sangat penting.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mendekorasi atau mendesain apartemen. Ini dikarenakan ada beberapa gaya desain yang tidak bisa begitu saja diterapkan pada interior apartemen. Ada aturan yang harus diikuti untuk menghasilkan desain interior yang nyaman.

Kesalahan Umum dalam Desain Interior Apartemen

Berikut adalah beberapa kesalahan dalam menerapkan interior dan dekorasi apartemen yang umum untuk dihindari, yaitu:

Kesalahan Dalam Pemilihan Dekorasi dan Gaya Furnitur

interior apartemen

Secara teoritis, setiap pilihan gaya atau konsep interior dapat digunakan di setiap ruangan atau tipe hunian apapun. Namun, dalam praktiknya ada beberapa jenis ruangan dan hunian yang tidak sesuai dengan konsep atau gaya interior apapun. Hal ini tentunya berkaitan dengan ukuran atau luas ruangan.

Beberapa gaya interior tidak cocok untuk digunakan dalam interior apartemen, seperti gaya interior klasik. Gaya klasik membutuhkan ruang atau ukuran ruangan yang besar agar setiap elemen dan elemen desain dapat diimplementasikan secara optimal.

Konsep interior lainnya yaitu gaya rustic.  Ini membutuhkan furnitur yang cukup besar dan, seperti namanya, merupakan tipe tradisional atau gaya interior yang mana kayu menjadi salah satu titik fokusnya. 

Desain interior modern minimalis merupakan desain interior yang cocok untuk apartemen. Konsep minimalis adalah gaya interior yang identik dengan segala sesuatu yang sederhana, fungsional dan tertata rapi. Ini adalah desain potongan di mana detail yang tidak perlu dihilangkan, hanya menyisakan elemen utama. Begitu juga dengan pemilihan furnitur atau barang interior.

Sesuai dengan ide minimalis, maka penggunaan furnitur tentu saja juga minim. Namun, hal ini tentunya tidak bisa diartikan dengan desain minimalis yang benar-benar minimal. Nantinya, ini akan mempersulit Anda ketika melakukan kegiatan dalam rumah tangga.

Ada banyak pilihan untuk furnitur atau furniture dengan model minimalis. Sangat penting untuk diingat bahwa penggunaannya harus seefektif mungkin. Penggunaan furnitur yang tepat pada apartemen akan menghasilkan fungsi dan kenyamanan yang maksimal pada hunian Anda. Tentu saja, tanpa melupakan peranan eksterior, yang juga dapat menghasilkan interior apartemen yang menarik secara visual.

Kesalahan Dalam Warna Cat dan Jenis Pencahayaan

interior apartemen

Ini adalah kesalahan yang paling sering terjadi, terutama pada apartemen kecil atau apartemen studio. Tentunya pemilihan warna tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa pilihan warna cat yang sebaiknya dipilih, agar interior apartemen tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga luas dan lapang.

Hindari penggunaan warna yang gelap pada apartemen. Anda bisa menggunakan warna terang dan netral. Hal ini penting agar ruangan tidak terasa sempit.

Begitu juga dengan pencahayaan. Apartemen jelas berbeda dengan rumah pribadi karena kita bisa mendesain banyak bukaan jendela besar untuk memberikan cahaya alami yang maksimal. Banyak apartemen tidak memiliki bukaan yang besar, sehingga satu-satunya sumber pencahayaan terbaik adalah pencahayaan buatan. Oleh karena itu, pencahayaan menjadi faktor penting dalam mendesain apartemen.

Interior apartemen tidak jauh berbeda dengan kamar hotel. Bangunan tempat tinggal vertikal harus memiliki sistem pencahayaan yang lebih baik. Kenali berbagai jenis atau tipe pencahayaan agar tampilan apartemen Anda tetap sangat nyaman meski memilih pencahayaan buatan.

Bagi Anda yang akan merenovasi apartemen atau menata ulang interior apartemen, Anda bisa menemukan jasa desain interior apartemen di Sejasa.com. Tentunya jasa desain interior yang berpengalaman dan profesional. Kunjungi sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa sekarang.

desain apartemen
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.