Harus Tahu! Inilah Cara Menata Rumah Minimalis 2 Lantai

rumah 2 lantai

Kebanyakan orang membangun rumah minimalis 2 lantai karena butuh ruangan yang banyak, tapi tetap ingin punya konsep minimalis. Dengan adanya rumah bertingkat, maka Anda bisa membuat lebih banyak ruangan. Apalagi jika sudah memiliki anak lebih dari satu. Penataan rumah dengan dua lantai dan satu lantai tentu saja berbeda. Simak penjelasan di bawah ini untuk tahu cara menata rumah 2 lantai.

Menata Rumah Minimalis 2 Lantai

Agar rumah tetap nyaman untuk ditempati meski kondisi rumah sudah bertingkat, maka Anda perlu menerapkan cara tertentu. Berikut ini beberapa hal yang bisa diikuti.

Pahami Pencahayaan

rumah 2 lantai
hausarquitetura

Hal pertama yang harus diketahui saat menata rumah adalah bagaimana pencahayaannya. Pastikan bahwa hunian Anda sudah menggunakan pencahayaan yang berkualitas, Ini akan mempengaruhi sirkulasi dan atmosfer dari keseluruhan rumah baik di lantai 1 maupun lantai 2. Anda harus menyelaraskan antara penggunaan warna dinding dan lampu, agar bisa memantulkan cahaya yang maksimal.

Salah satunya dengan memilih desain rumah minimalis yang menggunakan warna-warna netral seperti putih, abu-abu hingga hitam. Lalu, kemudian dicocokkan dengan penggunaan furnitur yang warnanya sesuai.

Penggunaan Furnitur

Rumah dua tingkat yang Anda bangun sebaiknya menampilkan kesan modern dengan penggunaan furnitur yang bentuknya simetris. Furniture dengan bentuk simetris akan mengaplikasikan ruangan rumah yang terlihat lebih rapi dan juga lega.

Jika memiliki dana berlebih, Anda juga bisa menggunakan beberapa perangkat dengan teknologi terbaru. Seperti misalnya untuk kebutuhan hiburan bisa membuat ruang menonton film dengan home theater mini. Atau bisa juga disulap untuk menjadi ruang karaoke bersama keluarga.

Penggunaan Warna Natural

Untuk rumah minimalis bertingkat, Anda bisa memilih warna natural untuk dekorasi. Penggunaan warna natural ini mungkin akan membuat Anda merasa terlalu kaku atau monoton. Tapi tetap bisa diselaraskan dengan warna yang lebih terang pada furnitur. Misalnya jika memilih menggunakan warna dinding putih, maka bisa memilih hiasan dinding yang warna dan modelnya unik.

Dengan begini, Anda akan menghadirkan dekorasi rumah yang terkesan lebih ceria dan tidak kusam. Tidak lupa juga sesuaikan dengan warna aksesoris pada sofa hingga taplak meja.

Terapkan Kesederhanaan

Selanjutnya penting juga untuk menata rumah minimalis 2 lantai dengan menerapkan kesederhanaan pada bentuk rumah. Sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan perabotan dan aksesoris yang membuat rumah terlihat lebih sempit.

Terapkan kesederhanaan bentuk mulai dari tangga minimalis, jendela yang bentuknya lurus saja hingga pemilihan model pintu. Dengan begini maka akan membuat pemandangan di rumah jadi lebih nyaman dan tenang, jadi bisa mengurangi stres.

Rawat Rumah Bertingkat

Rumah dengan satu lantai dua lantai tentu perawatannya akan berbeda. Anda tentu membutuhkan waktu lebih banyak untuk merawat rumah dengan dua lantai, terutama pada proses pembersihannya. Sebaiknya lakukan pembersihan secara rutin untuk lantai atas dan lantai bawah dengan diberi jadwal.

Apalagi untuk rumah dengan konsep minimalis tidak memiliki banyak lekukan atau ukiran. Dengan begitu, bisa lebih hemat waktu saat proses perawatan dan pembersihan. Meski memiliki perabotan yang sedikit, tetap lakukan pembersihan furnitur dengan lap sederhana lalu sapu dan pel lantai agar rumah  tampak bersih setiap hari. Jika merasa kesulitan, Anda dapat memesan layanan Daily Cleaning.

Sekarang masihkah Anda bingung untuk melakukan penataan pada rumah minimalis 2 lantai? Ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips atau solusi di atas untuk membuat rumah bertingkat menjadi nyaman, bagi siapapun yang tinggal di sana.

Untuk pemilihan kontraktor bangunan dan interior desainer, Anda dapat mengunjungi Sejasa. Kami akan membantu mewujudkan hunian impian minimalis Anda. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi website sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa sekarang dan buat permintaan jasa.

rumah 2 lantai
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.