Kesalahan Dalam Desain Kamar Minimalis yang Jarang Disadari

desain kamar

Dalam membangun rumah, memperhatikan detail ruangan-ruangan adalah hal yang penting. Salah satunya adalah kamar tidur. Apalagi bagi Anda yang memiliki rumah dengan desain minimalis, maka biasanya desain kamar minimalis juga dihadirkan. Melakukan perencanaan desain untuk kamar sendiri akan menciptakan kenyamanan bagi pemiliknya.

Kamar menjadi ruangan privat yang sangat penting untuk ditata interiornya agar memberikan kenyamanan selalu beristirahat. Namun, saat ingin menata ulang interior kamar, seringkali ada hal-hal yang terjadi tanpa kita sadari. Untuk selengkapnya, simak penjelasan Tim Sejasa di bawah ini.

Kesalahan Dalam Desain Kamar Minimalis

Berikut beberapa kesalahan yang banyak dilakukan oleh orang-orang saat melakukan desain untuk kamar gaya minimalis dan harus dihindari.

Tidak Mengetahui Ukuran Kamar

Anda dapat mengukur ruangan dengan menggunakan alat simpel seperti pita pengukur. Setelah itu, bisa melakukan pengukuran pada bagian setiap sudut ke sudut kamar. Jangan sampai Anda tidak mengetahui ukuran kamar. Bahkan penting juga untuk mengukur setiap barang atau furnitur yang ingin diletakkan di kamar. Ini bisa membuat kamar gaya minimalis, tetap tertata dengan rapi tanpa harus terlihat sumpek.

Ranjang yang Terlalu Besar

desain kamar

Orang-orang juga sering melakukan kesalahan dengan penggunaan tempat tidur yang terlalu besar. Sebaiknya, sesuaikan ukuran tempat tidur dengan ukuran kamar agar ruangan Anda tidak kelihatan sesak.

Akan lebih baik jika memilih ukuran tempat tidur yang minimalis, sehingga ada banyak space yang tersisa untuk meletakkan barang-barang lain yang lebih berfungsi. Apalagi jika Anda tidur sendiri di kamar, maka pilih tempat tidur yang cukup memuat satu orang saja.

Lalu perhatikan pula pemilihan sandaran kepala pada tempat tidur. Beberapa orang juga salah memilih bagian ini karena seringkali pilihannya terlalu besar. Bisa juga dengan memilih headboard yang fungsional, sehingga tidak hanya dijadikan sebagai sandaran kepala, tapi ruang penyimpanan tambahan.

Pemilihan Lemari Pakaian

Selain pemilihan tempat tidur yang terlalu besar, beberapa orang juga salah memilih lemari pakaian. Lemari pakaian yang besar untuk kamar yang sempit tentu saja harus dihindari. Perhatikan untuk memilih lemari dengan ukuran yang sesuai dengan ceruk kamar. Jika ingin memilih lemari yang sedikit lebih besar, maka pastikan lemari tersebut memiliki pintu geser.

Dengan begitu, Anda tidak perlu memikirkan space lagi untuk kemudahan dalam membuka atau menutup lemari. Sebaiknya juga dalam pemilihan lemari pilih yang punya banyak ruang. Hal ini untuk maksimalkan lemari untuk penempatan barang.

Kamar Tidur Terlalu Gelap

Sebaiknya dalam desain kamar minimalis maka Anda harus perhatikan bagaimana pencahayaan dalam kamar. Pencahayaan kamar tidak boleh terlalu gelap juga tidak boleh terlalu terang. Oleh karena itu, Anda tidak boleh juga terpaku pada satu jenis pencahayaan saja.

Apalagi bagi yang suka menulis atau membaca buku di kamar maka jangan sampai kamarnya terlalu gelap. Tapi jika tidak ingin kamar yang terang, Anda bisa memaksimalkan penggunaan lampu baca. Lalu untuk yang menyukai tidur dengan keadaan gelap Anda bisa memanfaatkan lampu tidur, untuk membuat kamar masih memiliki satu pencahayaan.

Kamar Terlalu Sesak

Kamar yang terlalu sesak akan membuat Anda kehilangan ruang untuk bergerak. Biasanya hal ini terjadi, karena ketika dekorasi kamar tidak memperhitungkan ruang kosong untuk bergerak. Ini bisa membuat Anda mengalami resiko tersandung benda atau menabrak sesuatu yang tinggi. Maka dari itu, solusinya adalah dengan memperhatikan penggunaan furnitur dengan ukuran yang tepat.

Itu tadi beberapa kesalahan dalam desain kamar minimalis dan juga solusi yang diberikan. Untuk Anda yang ingin mewujudkan kamar dengan konsep minimalis maka bisa memilih untuk menggunakan desainer interior. Temukan penyedia jasa terbaik lewat platform Sejasa.com atau Aplikasi Sejasa. Kami akan memberikan rekomendasi jasa kontraktor dan desainer interior terbaik untuk pengerjaan proyek Anda.

desain kamar
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *