pemasangan ac

Kelebihan dan Kekurangan dari Pemasangan AC dalam Rumah

Dahulu, pemasangan AC dalam sebuah rumah hanya dilakukan pada rumah di perkotaan saja, dan itupun jarang. Namun, seiring perkembangan waktu orang-orang yang hidup di desa pun juga ikut menggunakan AC. Keberadaan AC yang tidak asing lagi, tentu memunculkan tanda tanya. Selain memberikan keuntungan untuk mendinginkan udara, apakah AC tidak lantas memberi dampak buruk bagi kehidupan kita?

Berikut Tim Sejasa akan membahas kekurangan dan kelebihan dari pemasangan AC di rumah. 

Kelebihan Pemasangan AC dalam Rumah

Beberapa kelebihan di bawah ini akan Anda dapatkan ketika memilih untuk memasang AC di rumah:

Memberikan kesejukan dan kenyamanan dalam rumah

pemasangan AC

Pemasangan AC yang ada pada ruangan di rumah tentu memberikan rasa sejuk dan nyaman. Pasalnya udara yang awalnya panas akan menjadi dingin, sehingga sangat menyejukkan penghuninya. Hal ini tentu dipilih sebagian orang demi mendapatkan udara yang sejuk dan dingin tersebut. Dengan udara yang sejuk, maka kita akan lebih nyaman dalam melakukan aktivitas dibanding dengan udara panas yang menimbulkan efek gerah pada tubuh kita.

Menghasilkan asupan udara bersih

Dengan udara alami yang berpolusi, terutama di perkotaan dengan banyak kendaraan dan minim tumbuhan, dapat menjadi alasan mengapa seseorang memilih untuk memasang AC. Udara yang diserap dari luar ruangan ke dalam ruangan, akan difilter yang kemudian dikeluarkan kembali berupa udara bersih dan sejuk. Dengan kemampuan memfilter kotoran, debu dan alergen lain yang berada di udara luar, maka AC akan menghasilkan udara dalam ruangan yang jauh lebih bersih dan sehat.

Selain itu, pemasangan AC dalam ruangan juga dapat mengontrol kelembaban suhu ruangan. Dengan begitu, pertumbuhan jamur dan bakteri pun akan terhambat. Maka dari itu, memilih AC yang tepat juga akan memberi manfaat lebih. Pastikan AC yang Anda pilih adalah AC yang berkualitas dan teruji.

Mengurangi risiko alergi dan infeksi saluran pernafasan

Dengan menghirup udara yang minim debu dan polusi, maka resiko alergi gatal-gatal pada kulit dan juga asma akan sedikit berkurang. Selain udara sehat yang dikeluarkan oleh AC, juga menutup kemungkinan udara bebas dari luar masuk ke dalam ruangan. Hal itu dikarenakan ruangan yang harus tertutup ketika AC sedang dinyalakan.

Kekurangan Pemasangan AC dalam Rumah

Selain kelebihan, tentu ada kekurangan yang menyertainya. Berikut kekurangan yang akan mungkin akan dirasakan apabila memasang AC di rumah.

Tagihan listrik meningkat

Pemakaian AC yang terus menerus akan berdampak pada daya listrik yang lebih besar, sehingga tagihan listrik setiap bulannya akan meningkat. Untuk lebih hemat dalam hal ini, Anda dapat menghidupkan AC sesuai dengan kebutuhan saja. Jika memang ruangan sedang tidak terpakai, atau tidak dalam keadaan panas, alangkah baiknya AC dimatikan demi penghematan daya listrik. Cek tips menghemat listrik AC di sini.

Menjadi penyebab kulit kering

Ruangan ber-AC cenderung mengurangi kelembaban suhu udara. Oleh karena itu, bagi Anda yang berada cukup lama di rruangan ber-AC, akan menjadikan kulit semakin kering. Hal ini juga dapat mengakibatkan kulit lebih sensitif dan lebih mudah terkena iritasi kulit.

Menjadi penyebab timbulnya alergi dan masalah saluran pernafasan

Meskipun ada kelebihan mengenai udara bersih yang dihasilkan, namun tidak menutup kemungkinan jika pemasangan AC dalam ruangan juga menghasilkan udara kotor. Hal ini dikarenakan kebersihan AC yang tidak dirawat dengan baik.

Tidak membersihkan AC secara berkala akan menyebabkan penumpukan debu dan bakteri pada filter penyaringan. Maka dari itu, pastikan kebersihan AC terjaga dengan baik.

Itulah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan pemasangan AC di rumah. Jika memutuskan untuk memasang AC dan butuh jasa profesional, maka Anda bisa menggunakan layanan pemasangan AC Sejasa. Tersedia juga berbagai layanan service AC yang mungkin Anda butuhkan seperti cuci AC, tambah freon, bongkar pasang AC, dan lainnya.

Dapatkan informasi selengkapnya mengenai detail layanan service AC Sejasa. Temukan teknisi service AC profesional dengan cepat dan praktis, hanya melalui sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Ada garansi pengerjaan hingga 60 hari.*

layanan service AC Sejasa dapat melayani kebutuhan pemasangan AC
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *